Syarat & Ketentuan



SYARAT DAN KETENTUAN UMUM TREASURY

 

  1. Pendaftaran

    1. Setelah mengunduh Apps Treasury yang tersedia di Play Store maupun melalui website treasury.id, Pengguna wajib mengisi data diri di form digital yang di antaranya adalah nama (sesuai KTP), nomor telepon seluler, nomor induk kependudukan, gender, tanggal kelahiran, email, nomor telepon seluler, alamat, password/kata sandi dan PIN, serta dokumen yang dipersyaratkan, yang di antaranya adalah data KTP, NPWP, Kartu Keluarga (untuk keperluan waris) dan data rekening yang akan dipergunakan dalam Apps Treasury.
    2. Keseluruhan data yang diberikan harus sesuai satu sama lain (contoh: data rekening bank harus sesuai dengan data di KTP, perbedaan terhadap data dapat mengakibatkan kegagalan proses penarikan dana dari uang hasil penjualan Emas ke rekening Pengguna yang bukan menjadi tanggung jawab Treasury).
    3. Untuk menjaga keamanan dan memberikan kenyamanan Pengguna dalam bertransaksi, Treasury akan meminta Pengguna untuk melakukan berbagai proses verifikasi data dan informasi pada saat pendaftaran, yang termasuk namun tidak terbatas pada foto KTP & swafoto Pengguna dengan memegang KTP sesuai dengan yang didaftarkan dan akan diverifikasi oleh Treasury dalam jangka waktu 2x24 jam dalam hari kerja.
    4. Treasury akan mengirimkan email untuk memverifikasi data Pengguna, selanjutnya Pengguna diminta untuk mengikuti petunjuk yang terdapat di email tersebut.
    5. Treasury akan mengirimkan kode OTP rahasia ke nomor telepon seluler Pengguna yang telah didaftarkan, selanjutnya Pengguna diminta untuk memasukkan kode OTP sesuai petunjuk untuk menyelesaikan proses registrasi.
    6. Demi alasan keamanan dan kemudahan saat melakukan pengiriman Emas yang telah dicetak, Pengguna diminta untuk mengaktifkan GPS di perangkat miliknya saat menggunakan Apps Treasury.
    7. Satu data email, KTP, nomor telepon seluler dan rekening bank hanya berlaku untuk satu akun Treasury. Treasury berhak untuk memblokir akun yang terbukti menggunakan data diri yang sama.
    8. Pengguna dapat login menggunakan nomor telepon seluler maupun email yang digunakan untuk registrasi akun Treasury setelah dilakukan verifikasi, serta dapat melakukan penambahan maupun perubahan Pertanyaan Keamanan. Mengubah Kata Sandi dan/atau PIN pada sub menu Pengaturan pada menu Profil.
    9. Pengguna dapat melengkapi KTP dan NPWP dalam sub menu KTP & sub menu NPWP pada menu Profil maupun pada saat proses registrasi berlangsung untuk selanjutnya dilakukan proses verifikasi oleh Treasury dalam jangka waktu 2x24 jam dalam hari kerja, serta memasukkan data jenis kelamin dan tanggal lahir dalam sub menu Ubah Profil pada menu Profil.
    10. Dalam melakukan berbagai transaksi di Apps Treasury, Pengguna hanya dapat melakukan transaksi melalui satu perangkat, penggantian perangkat membuat perangkat sebelumnya tidak dapat digunakan secara bersamaan dengan perangkat baru. Penggunaan dua perangkat atau lebih dalam melakukan transaksi dalam waktu yang berdekatan dan/atau bersamaan dikualifikasikan sebagai pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Apps Treasury ini dan Treasury berhak untuk menggagalkan atau membatalkan transaksi tersebut dan memasukkan Pengguna tersebut ke dalam daftar hitam (blacklist) Treasury.
    11. Kegagalan dalam melakukan berbagai transaksi di Apps Treasury yang diakibatkan oleh kesalahan dan/atau ketidaksesuaian data dari Pengguna, yang termasuk tapi tidak terbatas pada data KTP, NPWP, Kartu Keluarga, rekening bank, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
    12. Treasury memiliki hak untuk menolak registrasi Pengguna atau melakukan pemblokiran akun Pengguna yang telah terdaftar yang oleh Treasury diindikasikan dan dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku, serta Pengguna yang telah masuk ke dalam daftar hitam (blacklist) Treasury.
    13. Pengguna dapat mengakses informasi Profit/Loss dari Total Aset yang dimiliki dalam satuan Rupiah maupun persentase. Pengguna mengetahui bahwa informasi Profit/Loss tersebut tidak bersifat mutlak dan/atau sepenuhnya akurat serta akan berganti sewaktu-waktu mengikuti fluktuasi harga pasar Aset Komoditas yang ditampilkan dalam Apps Treasury.
    14. Dalam hal terdapat promo terkait dengan pendaftaran Pengguna di Apps Treasury, maka Syarat dan Ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Pengguna.
    15. Pengguna yang telah masuk dalam daftar hitam (blacklist) Treasury tidak diperkenankan untuk mengikuti promo-promo yang dilakukan oleh Treasury maupun pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan Treasury. Promo-promo sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini juga meliputi voucher, bonus Emas, atau bentuk-bentuk dan manfaat lainnya yang diberikan oleh Treasury. Treasury berhak membatalkan transaksi dan/atau menghanguskan voucher, bonus Emas, atau bentuk-bentuk dan manfaat lainnya yang diberikan oleh Treasury tersebut yang dimiliki oleh Pengguna yang telah masuk ke dalam daftar hitam (blacklist) maupun yang tidak berhak diperoleh Pengguna dan/atau diperoleh Pengguna namun tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.
    16. Syarat dan Ketentuan pendaftaran Apps Treasury dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    17. Ketentuan mengenai pemberian data informasi Pengguna tunduk pada kebijakan privasi Apps Treasury yang mengikat kepada Pengguna.
    18. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    19. Dengan melakukan pendaftaran dan transaksi (yang termasuk tapi tidak terbatas pada transaksi pembelian, penjualan, pengalihan dan pencetakan Emas) di Apps Treasury Pengguna dianggap telah mengetahui, memahami dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury, pelanggaran terhadap salah satu atau seluruh ketentuan ini memberikan kewenangan bagi Treasury untuk melakukan tindakan yang termasuk tapi tidak terbatas pada pemblokiran akun Pengguna.
    20. Pengguna menyatakan mengetahui dan menyetujui untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya. Treasury tidak akan bertanggung jawab apabila Pengguna menggunakan Apps Treasury untuk kegiatan-kegiatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam ketentuan angka A.20 ini. Dalam hal Treasury menemukan adanya indikasi penggunaan Apps Treasury secara melawan hukum tersebut, Treasury akan menindaklanjuti hal tersebut dengan melaporkan kepada instansi penegak hukum yang terkait.
    21. Segala bentuk kecurangan dan/atau tindak kejahatan yang dilakukan oleh Pengguna dan/atau pihak lainnya dalam melakukan pengoperasian dan/atau transaksi di Apps Treasury akan ditindaklanjuti kepada instansi penegak hukum yang berwenang.
    22. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  2. Celengan

    1. Celengan merupakan Saldo milik Pengguna Apps Treasury yang jumlahnya diisi sendiri oleh Pengguna di dalam Apps Treasury. Saldo Celengan dapat diisi ulang melalui fitur Isi Celengan, dan diambil kembali melalui fitur Tarik Celengan dalam bentuk mata uang Rupiah, dan dapat digunakan untuk pembayaran transaksi dalam Apps Treasury termasuk namun tidak terbatas untuk pembelian Emas.
    2. Isi Saldo Celengan dapat dilakukan dengan pilihan pembayaran Dompet Digital, yaitu: melalui Gopay, OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay dan/atau pembelian dengan transfer langsung/Beli Emas melalui berbagai channel pembayaran, yang di antaranya: BNI yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran berbagai bank yang dipilih oleh Pengguna; virtual account BCA yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran BCA; virtual account Mandiri yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran Mandiri; virtual account BRI yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran BRI; virtual account Danamon yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran Danamon; virtual account CIMB NIAGA yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran CIMB NIAGA; virtual account Permata yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran berbagai bank yang dipilih oleh Pengguna; virtual account Maybank yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran Maybank; virtual account KEB Hana Indonesia yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran KEB Hana Indonesia dan/atau dengan direct debit menggunakan Jenius Pay, BNI SmartPay dan/atau metode pembayaran offline, serta pembayaran lain yang sudah atau akan diterapkan oleh Treasury demi kemudahan Pengguna, baik yang telah ada saat ini atau di kemudian hari yang akan ditampilkan di dalam Apps Treasury. Ketentuan mengenai transaksi offline akan bergantung pada mekanisme yang diatur oleh masing-masing penyelenggara transaksi pembayaran sebagaimana dimaksud, yang termasuk tapi tidak terbatas pada ketentuan mengenai maksimal transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna.
    3. Pembayaran transaksi menggunakan saldo Celengan akan langsung mengurangi saldo Celengan ketika status transaksi berhasil.
    4. Hasil Transaksi Penjualan Emas tujuan Celengan di Apps Treasury akan diproses dalam jangka waktu sampai dengan 2 (dua) hari kerja.
    5. Pengguna dapat melakukan Tarik Saldo Celengan setelah selesai melakukan KYC dengan verifikasi KTP dan foto swafoto.
    6. Uang hasil penarikan saldo Celengan akan dikirimkan ke rekening bank yang didaftarkan oleh Pengguna di Apps Treasury dalam jangka waktu sampai dengan 2 (dua) hari kerja dengan memperhatikan dan mengikuti ketentuan waktu operasional perbankan.
    7. Jumlah maksimal Saldo Celengan untuk user yang belum verifikasi KTP adalah Rp2.000.000,00 (dua juta Rupiah), dan untuk user yang sudah verifikasi KTP adalah Rp1.000.000.000.000,00 (satu triliun Rupiah).
    8. Jumlah minimal Isi Ulang Saldo Celengan melalui virtual account adalah Rp10.000,00 (sepuluh ribu Rupiah) dan maksimal adalah Rp100.000.000,00 (seratus juta Rupiah) yang tidak termasuk biaya administrasi.
    9. Jumlah minimal Isi Ulang Saldo Celengan melalui Dompet Digital adalah Rp500 (lima ratus Rupiah) dan maksimal adalah Rp10.000.000,00 (sepuluh juta Rupiah) yang tidak termasuk biaya administrasi.
    10. Jumlah minimal Isi Ulang Saldo Celengan melalui Debit Instan adalah Rp500,00 (lima ratus Rupiah) dan maksimal adalah Rp100.000.000,00 (seratus juta Rupiah) yang tidak termasuk biaya administrasi.
    11. Jumlah minimal Isi Ulang Saldo Celengan melalui Gerai Retail adalah Rp10.000,00 (sepuluh ribu Rupiah) dan maksimal adalah Rp2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu Rupiah) yang tidak termasuk biaya administrasi.
    12. Pengguna akan dikenakan Biaya administrasi Isi Saldo Celengan sesuai dengan metode deposit yang dipilih.
    13. Jumlah minimal Tarik Saldo Celengan adalah Rp5.000,00 (lima ribu Rupiah) yang tidak termasuk biaya administrasi.
    14. Biaya Administrasi Tarik Saldo Celengan sebesar Rp3.000,00 (tiga ribu Rupiah) akan dikenakan untuk tujuan rekening pencairan dana selain BNI.
  3. Dompet Digital

    1. Saat ini terdapat lima opsi pada metode pembayaran Dompet Digital, yaitu Gopay, OVO, DANA, LinkAja dan ShopeePay.
    2. Apabila Pengguna melakukan pembayaran dengan Gopay maka saldo Gopay Pengguna akan berkurang dan jumlah gram Emas akan bertambah sesuai dengan transaksi yang dilakukan dan dikenakan biaya administrasi sebesar 2% (dua persen) dari setiap jumlah pembelian yang dilakukan.
    3. Apabila Pengguna melakukan pembayaran dengan OVO maka saldo OVO Pengguna akan berkurang dan jumlah gram Emas akan bertambah sesuai dengan transaksi yang dilakukan dan dikenakan biaya administrasi sebesar 1,5% (satu koma lima persen) dari setiap jumlah pembelian yang dilakukan.
    4. Apabila Pengguna melakukan pembayaran dengan DANA maka saldo DANA Pengguna akan berkurang dan jumlah gram Emas akan bertambah sesuai dengan transaksi yang dilakukan dan dikenakan biaya administrasi sebesar 1,5% (satu koma lima persen) dari setiap jumlah pembelian yang dilakukan
    5. Apabila Pengguna melakukan pembayaran dengan LinkAja maka saldo LinkAja Pengguna akan berkurang dan jumlah gram Emas akan bertambah sesuai dengan transaksi yang dilakukan dan dikenakan biaya administrasi sebesar 1,5% (satu koma lima persen) dari setiap jumlah pembelian yang dilakukan.
    6. Apabila Pengguna melakukan pembayaran dengan ShopeePay maka saldo ShopeePay Pengguna akan berkurang dan jumlah gram Emas akan bertambah sesuai dengan transaksi yang dilakukan dan dikenakan biaya administrasi sebesar 1,5% (satu koma lima persen) dari setiap jumlah pembelian yang dilakukan.
    7. Ketentuan mengenai biaya administrasi dapat berubah sewaktu-waktu, baik bertambah ataupun berkurang, sesuai dengan kebijakan pihak ketiga yang menyelenggarakan sistem pembayaran yang terdapat dalam Dompet Digital , maupun apabila terdapat promo yang dilakukan oleh Treasury maupun pihak ketiga.
    8. Jumlah pembayaran minimal melalui Dompet Digital Apps Treasury adalah sebesar Rp5.000,00 (lima ribu Rupiah) yang tidak termasuk biaya administrasi dan pajak.
    9. Jumlah pembayaran maksimal melalui Dompet Digital Apps Treasury adalah sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta Rupiah) yang tidak termasuk biaya administrasi dan pajak.
    10. Jumlah tagihan pembayaran yang akan diterima oleh Pengguna untuk dibayarkan adalah akumulasi dari nilai transaksi, biaya administrasi, serta pengenaan pajak yang berlaku.
  4. Debit Instan
    1. Debit Instan merupakan pilihan mitra akun perbankan yang menyediakan pembayaran instan sehingga dapat diselesaikan pada saat itu juga yang terdapat pada Apps Treasury. Saat ini terdapat dua opsi pada Debit Instan, yaitu pembayaran pembelian Emas melalui Jenius Pay dan BNI SmartPay.
    2. Apabila Pengguna melakukan pembayaran dengan Jenius Pay maka Pengguna harus membayar dengan menggunakan $Cashtag dan mengikuti langkah selanjutnya. Saldo Jenius Pay Pengguna akan berkurang dan saldo akan bertambah sesuai dengan transaksi yang dilakukan dan dikenakan biaya administrasi sebesar 1% (satu persen) dari setiap jumlah pembelian yang dilakukan.
    3. Apabila Pengguna melakukan pembayaran dengan BNI SmartPay, Pengguna perlu mendaftarkan akun BNI SmartPay yang dimiliki terlebih dahulu di menu Akun Bank. Untuk menyelesaikan transaksi pembayaran, Pengguna perlu membalas PIN Challenge dari SMS yang dikirimkan pihak BNI SmartPay. Biaya yang dikeluarkan Pengguna untuk membalas SMS PIN Challenge pada setiap transaksi yang dilakukan sesuai dengan ketentuan dari pihak bank BNI dan/atau provider telekomunikasi yang digunakan Pengguna. Saldo pada rekening BNI yang terhubung dengan akun BNI SmartPay Pengguna akan berkurang dan saldo akan bertambah sesuai dengan transaksi yang dilakukan dan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp5.000,00 (lima ribu Rupiah) dari setiap jumlah pembelian yang dilakukan.
    4. Ketentuan mengenai biaya administrasi dapat berubah sewaktu-waktu, baik bertambah ataupun berkurang, sesuai dengan kebijakan pihak ketiga yang menyelenggarakan sistem pembayaran yang terdapat dalam Debit Instan, maupun apabila terdapat promo yang dilakukan oleh Treasury maupun pihak ketiga.
    5. Jumlah pembayaran minimal melalui Debit Instan adalah sebesar Rp5.000,00 (lima ribu Rupiah) yang tidak termasuk biaya administrasi dan pajak.
    6. Jumlah tagihan pembayaran yang akan diterima oleh Pengguna untuk dibayarkan adalah akumulasi dari nilai transaksi, biaya administrasi, serta pengenaan pajak yang berlaku.
  5. Pembelian Emas

    1. Pembelian Emas dapat dilakukan dengan pilihan pembayaran saldo Celengan, Dompet Digital, yaitu: melalui Gopay, OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay dan/atau pembelian dengan transfer langsung/Beli Emas melalui berbagai channel pembayaran, yang di antaranya: virtual account BNI yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran berbagai bank yang dipilih oleh Pengguna; virtual account BCA yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran BCA; virtual account Mandiri yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran Mandiri; virtual account BRI yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran BRI; virtual account Danamon yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran Danamon; virtual account CIMB NIAGA yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran CIMB NIAGA; virtual account Permata yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran berbagai bank yang dipilih oleh Pengguna; virtual account Maybank yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran Maybank; virtual account KEB Hana Indonesia yang hanya dapat dibayarkan melalui channel pembayaran KEB Hana Indonesia dan/atau dengan direct debit/Beli Emas menggunakan Jenius, BNI SmartPay dan/atau metode pembayaran offline, serta pembayaran lain yang sudah atau akan diterapkan oleh Treasury demi kemudahan Pengguna, baik yang telah ada saat ini atau di kemudian hari yang akan ditampilkan di dalam Apps Treasury. Ketentuan mengenai transaksi offline akan bergantung pada mekanisme yang diatur oleh masing-masing penyelenggara transaksi pembayaran sebagaimana dimaksud, yang termasuk tapi tidak terbatas pada ketentuan mengenai maksimal transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna.
    2. Jumlah maksimal total pembelian Emas dalam satu hari adalah sebesar Rp100.000.000,00 (seratus juta Rupiah).
    3. Emas yang diperoleh Pengguna dari hasil pembelian Emas pada Apps Treasury dikategorikan sebagai Emas organik.
    4. Emas yang dibeli Pengguna menggunakan Saldo Voucher Celengan dan/atau didapatkan Pengguna secara cuma-cuma dari promo yang dilakukan oleh Treasury dan/atau partner e-commerce dan/atau marketplace Treasury, tidak dikategorikan sebagai Emas organik.
    5. Ketentuan jumlah maksimal satu kali transfer yang ditujukan ke virtual account BNI, BCA, Mandiri, BRI, Danamon, CIMB NIAGA, Permata, Maybank dan KEB Hana Indonesia, serta pilihan-pilihan bank lain yang telah atau akan tersedia pada Apps Treasury akan tunduk pada ketentuan pembayaran di masing-masing bank yang digunakan oleh Pengguna.
    6. Harga pembelian Emas berdasarkan invoice akan terkunci selama 60 (enam puluh) menit pada saat Pengguna memulai pembelian dengan menggunakan metode transfer langsung/Beli Emas melalui pembayaran yang ditujukan ke virtual account dan/atau metode pembayaran offline melalui Alfamart, Alfamidi, Lawson dan Dan+Dan.
    7. Harga pembelian Emas berdasarkan invoice akan terkunci selama 26 (dua puluh enam) detik pada saat Pengguna memulai pembelian dengan menggunakan metode pembayaran langsung/Beli Emas melalui OVO. 
    8. Harga pembelian Emas berdasarkan invoice akan terkunci selama 1 (satu) menit pada saat Pengguna memulai pembelian dengan menggunakan metode pembayaran langsung/Beli Emas melalui GoPay dan/atau ShopeePay. Apabila Pengguna menutup laman pembayaran GoPay dan/atau ShopeePay, maka invoice otomatis akan dibatalkan.
    9. Harga pembelian Emas berdasarkan invoice akan terkunci selama 5 (lima) menit pada saat Pengguna memulai pembelian dengan menggunakan metode pembayaran langsung/Beli Emas melalui DANA dan/atau LinkAja. Apabila Pengguna menutup halaman pembayaran DANA dan/atau LinkAja, maka invoice otomatis akan dibatalkan
    10. Harga pembelian Emas berdasarkan invoice akan terkunci selama 10 (sepuluh) menit pada saat Pengguna memulai pembelian dengan menggunakan metode pembayaran langsung/Beli Emas melalui Jenius Pay.
    11. Harga pembelian Emas berdasarkan invoice akan terkunci selama kurang lebih 3 (tiga) menit pada saat Pengguna memulai pembelian dengan menggunakan metode pembayaran langsung/Beli Emas melalui BNI SmartPay.
    12. Untuk transaksi via channel pembayaran BNI, pihak BNI dan Treasury akan mengirimkan notifikasi kepada Pengguna sebagai pengingat pelaksanaan pembayaran dan konfirmasi telah terlaksananya pembayaran.
    13. Untuk transaksi via channel pembayaran BCA, Mandiri, BRI, Danamon, CIMB NIAGA, Permata, Maybank, KEB Hana Indonesia, Gopay, Treasury akan mengirimkan notifikasi kepada Pengguna sebagai pengingat pelaksanaan pembayaran dan konfirmasi telah terlaksananya pembayaran.
    14. Untuk transaksi via channel pembayaran offline melalui Alfamart, Alfamidi, Lawson dan Dan+Dan, pihak Treasury akan mengirimkan notifikasi kepada Pengguna sebagai pengingat pelaksanaan pembayaran dan konfirmasi telah terlaksananya pembayaran.
    15. Untuk transaksi via channel pembayaran OVO, pihak OVO dan Treasury akan mengirimkan notifikasi kepada Pengguna sebagai pengingat pelaksanaan pembayaran dan konfirmasi telah terlaksananya pembayaran.
    16. Untuk transaksi via channel pembayaran Jenius Pay, pihak Jenius Pay dan Treasury akan mengirimkan notifikasi kepada Pengguna sebagai pengingat pelaksanaan pembayaran dan konfirmasi telah terlaksananya pembayaran.
    17. Khusus untuk pembelian Emas melalui metode transfer langsung atau via channel pembayaran offline, terdapat biaya pemesanan sebesar Rp1.500,00 (seribu lima ratus Rupiah) per gram Emas yang akan menjadi tanggungan Pengguna.
    18. Notifikasi jumlah biaya yang akan dibayarkan oleh Pengguna merupakan akumulasi dari harga total Emas yang akan dibayarkan ditambah dengan biaya administrasi dan pajak. 
    19. Pembelian Emas harus dilakukan dengan memasukkan PIN Transaksi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna Apps Treasury yang bersangkutan.
    20. Harga beli Emas senantiasa berubah dalam setiap waktu (menit) yang mengikuti fluktuasi harga Emas dunia yang dapat dipantau oleh Pengguna melalui Apps Treasury.
    21. Pengguna hanya dapat melakukan pembelian Emas dan/atau transaksi lainnya melalui satu perangkat dengan maksimal transaksi sebanyak 3 (tiga) kali dalam waktu 1 (satu) menit, Treasury berhak membatalkan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna yang tidak sesuai dengan ketentuan ini. Pembatalan transaksi akan dilakukan dengan membatalkan keseluruhan transaksi yang dilakukan dalam waktu yang berdekatan tersebut.
    22. Emas yang dibeli akan dititipkan secara otomatis kepada Treasury tanpa biaya dan batasan waktu sesuai dengan keinginan Pengguna dan akan tercatat di akun Pengguna Treasury.
    23. Emas yang dititipkan dapat dijual sesuai dengan harga jual pada saat Pengguna akan menjual, dicetak dan diambil secara fisik, atau ditransfer ke sesama Pengguna Treasury sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    24. Kegagalan dalam melakukan pembelian Emas di Apps Treasury yang diakibatkan oleh kesalahan dan/atau ketidaksesuaian data dari Pengguna, yang termasuk tapi tidak terbatas pada data KTP, NPWP, Kartu Keluarga, rekening bank, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
    25. Treasury berhak membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    26. Tata cara pembelian Emas tunduk pada Perjanjian Pengguna Treasury.
    27. Harga Emas yang tertera di Apps Treasury ini belum termasuk biaya administrasi, pencetakan, pengiriman dan Pajak Penghasilan (“PPh 22”) sebesar 0,9% (nol koma sembilan persen) bagi Pengguna yang belum memasukkan data NPWP dan 0,45% (nol koma empat lima persen) bagi Pengguna yang telah memasukkan data NPWP yang telah terverifikasi oleh tim pemeriksa Treasury dan/atau PPN.
    28. Dalam hal terdapat promo terkait dengan pembelian Emas, maka Syarat dan Ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Pengguna.
    29. Pengguna dibatasi untuk melakukan transaksi pembelian Emas dan/atau pencetakan Emas dan/atau big order dan/atau Amal dan/atau Zakat maksimal 10 (sepuluh) transaksi setiap harinya pada Apps Treasury.
    30. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    31. Syarat dan Ketentuan pembelian Emas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    32. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    33. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  6. Penjualan Emas

    1. Jumlah penjualan Emas minimal melalui Apps Treasury adalah sebesar Rp 5.000,00(lima ribu Rupiah) setelah total pembelian Pengguna mencapai 0,2 (nol koma dua) gram.
    2. Uang hasil penjualan Emas akan dikirimkan ke rekening bank yang didaftarkan oleh Pengguna di Apps Treasury dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja dengan memperhatikan dan mengikuti ketentuan waktu operasional perbankan. Pastikan data yang dimasukkan telah sesuai.
    3. Uang hasil penjualan Emas tujuan Celengan di Apps Treasury akan ditambahkan ke saldo Celengan dalam jangka waktu sampai dengan 2 (dua) hari kerja.
    4. Dalam hal Emas yang dijual termasuk saldo Emas yang masih dalam proses verifikasi, maka uang hasil penjualan Emas akan dikirimkan ke rekening bank yang didaftarkan oleh Pengguna di Apps Treasury dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender dengan memperhatikan dan mengikuti ketentuan waktu operasional perbankan. Pastikan data yang dimasukkan telah sesuai.
    5. Penjualan Emas harus dilakukan dengan memasukkan PIN Transaksi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna Apps Treasury yang bersangkutan.
    6. Harga jual Emas senantiasa berubah dalam setiap waktu (menit) yang mengikuti fluktuasi harga Emas dunia yang dapat dipantau oleh Pengguna melalui Apps Treasury.
    7. Pengguna hanya dapat melakukan penjualan Emas dan/atau transaksi lainnya melalui satu perangkat dengan maksimal transaksi sebanyak 3 (tiga) kali dalam waktu 1 (satu) menit, Treasury berhak membatalkan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna yang tidak sesuai dengan ketentuan ini. Pembatalan transaksi akan dilakukan dengan membatalkan keseluruhan transaksi yang dilakukan dalam waktu yang berdekatan tersebut.
    8. Harga penjualan Emas akan terkunci selama 1 (satu) menit pada saat Pengguna memulai penjualan.
    9. Kegagalan dalam melakukan penjualan Emas dan/atau penarikan uang hasil penjualan Emas di Apps Treasury yang diakibatkan oleh kesalahan dan/atau ketidaksesuaian data dari Pengguna, yang termasuk tapi tidak terbatas pada data KTP, NPWP, Kartu Keluarga, rekening bank, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
    10. Treasury berhak membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    11. Dalam hal terdapat promo terkait dengan penjualan Emas, maka Syarat dan Ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Pengguna.
    12. Tata cara penjualan Emas tunduk pada Perjanjian Pengguna Treasury.
    13. Pengguna dibatasi untuk melakukan transaksi pembelian Emas dan/atau penjualan Emas dan/atau pencetakan Emas dan/atau big order dan/atau Amal dan/atau Zakat maksimal 10 (sepuluh) transaksi setiap harinya pada Apps Treasury.
    14. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    15. Syarat dan Ketentuan penjualan Emas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    16. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    17. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  7. Pencetakan Emas

    1. Jumlah Emas minimal yang dapat dicetak adalah sebesar 0,1 (nol koma satu) gram.
    2. Pengguna dapat melakukan cetak Emas setelah selesai melakukan verifikasi KTP dan melakukan pembelian Emas minimal 0.1 (nol koma satu) gram, tidak termasuk saldo Emas yang masih dalam proses verifikasi.
    3. Tidak terdapat batasan jumlah pencetakan Emas per hari untuk setiap satuan Emas fisik.
    4. Pengguna dapat mencetak Emas dalam jumlah lebih dari 1 (satu) dengan nominal gramasi yang berbeda ataupun sama.
    5. Pengiriman Emas akan dilakukan melalui jasa kurir yang bekerja sama dengan Treasury dan dengan perusahaan Emas PT Untung Bersama Sejahtera sebagai rekanan Treasury dengan biaya pengiriman dan asuransi ditanggung oleh Pengguna Treasury.
    6. Pengguna wajib menunjukkan email akun yang terdaftar pada Apps Treasury milik Pengguna pada saat penerimaan fisik Emas.
    7. Biaya pencetakan Emas akan menjadi tanggungan Pengguna.
    8. Biaya pencetakan Emas dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan ketentuan yang terdapat pada rekanan Treasury yang akan melakukan pencetakan Emas.
    9. Harga pencetakan Emas berbeda-beda untuk setiap gram Emas yang keterangannya terdapat dalam Apps Treasury.
    10. Seluruh biaya cetak, pengiriman dan asuransi pada permintaan pencetakan Emas dapat dibayarkan menggunakan simpanan Emas milik Pengguna yang sudah disesuaikan dengan harga Emas yang berlaku pada saat permintaan pencetakan Emas berlangsung.
    11. Pengiriman Emas hanya akan dilakukan pada hari kerja.
    12. Pencetakan Emas hanya dapat dilakukan dengan memasukkan PIN Transaksi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna Apps Treasury yang bersangkutan.
    13. Demi alasan keamanan, penerimaan Emas hanya dapat dilakukan oleh Pengguna Treasury yang bersangkutan dan tidak dapat diwakili kepada pihak manapun.
    14. Waktu pencetakan Emas dan pengiriman sampai dengan diterimanya Emas oleh Pengguna adalah maksimal selama 14 (empat belas) hari kerja, kecuali terdapat keadaan kahar.
    15. Treasury berhak membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    16. Dalam hal terdapat promo terkait dengan pencetakan Emas, maka Syarat dan Ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Pengguna.
    17. Tata cara pencetakan Emas tunduk pada Perjanjian Pengguna Treasury.
    18. Pengguna dibatasi untuk melakukan transaksi pembelian Emas dan/atau penjualan Emas dan/atau pencetakan Emas dan/atau big order dan/atau Amal dan/atau Zakat maksimal 10 (sepuluh) transaksi setiap harinya pada Apps Treasury.
    19. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    20. Syarat dan Ketentuan pengambilan Emas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    21. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    22. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  8. Pengiriman Emas

    1. Pengiriman Emas akan dilakukan melalui jasa kurir yang bekerja sama dengan Treasury dan dengan perusahaan Emas PT Untung Bersama Sejahtera sebagai rekanan Treasury dengan biaya pengiriman dan asuransi ditanggung oleh Pengguna Treasury. Jasa kurir yang dapat dipilih Pengguna yaitu RPX, Paxel, dan SAP.
    2. Pengguna dapat memilih jasa pengiriman Paxel untuk pengiriman Koin Nusantara apabila pembelian Koin Nusantara tidak lebih dari Rp5.000.000,00 (lima juta Rupiah) yang sudah termasuk biaya pengiriman, asuransi dan PPN sebesar 10% (sepuluh persen).
    3. Pengguna dapat memilih jasa pengiriman RPX untuk pengiriman Emas batangan hingga maksimal 100 (seratus) gram dalam satu invoice. 
    4. Pengguna dapat memilih jasa pengiriman Paxel apabila pengiriman ditujukan dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta yaitu yang terbatas pada Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, wilayah Provinsi Jawa Barat yaitu yang terbatas pada Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor dan Kota Bandung, wilayah Provinsi Banten yaitu yang terbatas pada Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, wilayah Provinsi Jawa Tengah yaitu yang terbatas pada Kota Semarang dan Kota Surakarta atau Kota Solo, wilayah Provinsi Jawa Timur yaitu yang terbatas pada Kota Surabaya dan Kota Malang, wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu yang terbatas pada Kota Yogyakarta.
    5. Pengguna dapat memilih jasa pengiriman RPX apabila pengiriman ditujukan dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta yaitu yang terbatas pada Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, wilayah Provinsi Jawa Barat yaitu yang terbatas pada Kota Depok, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kota Bekasi, wilayah Provinsi Banten yaitu yang terbatas pada Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, wilayah Provinsi Jawa Tengah yaitu terbatas pada Kabupaten Boyolali, Kabupaten Demak, Kota Semarang dan Kota Surakarta atau Kota Solo, Kota Salatiga, wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu yang terbatas pada Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, wilayah Provinsi Jawa Timur yaitu yang terbatas pada Kabupaten Gresik, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, wilayah Provinsi Bali yaitu yang terbatas pada Kota Denpasar, wilayah Provinsi Kalimantan Barat yaitu yang terbatas pada Kota Pontianak, wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yaitu terbatas pada Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, wilayah Provinsi Kalimantan Timur yaitu terbatas pada Kota Balikpapan, wilayah Provinsi Kepulauan Riau yaitu terbatas pada Kota Batam, wilayah Provinsi Riau yaitu terbatas pada Kota Pekanbaru, wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yaitu terbatas pada Kota Makassar, wilayah Provinsi Sumatera Selatan yaitu terbatas pada Kota Palembang, Provinsi Sumatera Utara yaitu terbatas pada Kota Medan.
    6. Pengguna dapat memilih jasa pengiriman SAP apabila pengiriman ditujukan dalam wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.
    7. Daerah cakupan pengiriman mengikuti daerah cakupan pihak jasa pengiriman RPX, Paxel, dan SAP yang dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    8. Pengiriman Emas hanya akan dilakukan pada hari kerja.
    9. Waktu pencetakan Emas dan pengiriman sampai dengan diterimanya Emas oleh Pengguna adalah maksimal selama 14 (empat belas) hari kerja, kecuali terdapat keadaan kahar.
    10. Demi alasan keamanan, penerimaan Emas hanya dapat dilakukan oleh Pengguna Treasury yang bersangkutan dan tidak dapat diwakili kepada pihak manapun.
    11. Pengguna menyatakan menyetujui untuk melepaskan tuntutan, klaim ataupun tindakan hukum lainnya terhadap Treasury atas pengiriman Emas yang terlambat dan/atau hilang dan/atau rusak dikarenakan terjadinya keadaan kahar seperti namun tidak terbatas pada bencana alam, aksi huru hara, pemberontakan dan keadaan-keadaan lain di luar kemampuan Treasury dan/atau yang diakibatkan oleh kelalaian dan/atau kesalahan pihak jasa kurir.
    12. Pengguna mengetahui dan menyetujui untuk melepaskan tuntutan, klaim ataupun tindakan hukum lainnya terhadap Treasury atas pengiriman Emas yang mengalami penahanan dan/atau penyitaan dan/atau pemusnahan oleh pihak yang berwenang seperti namun tidak terbatas pada bea cukai, karantina, polisi, kejaksaan dan instansi berwenang lainnya.
    13. Pengguna akan melepaskan tuntutan, klaim ataupun tindakan hukum lainnya terhadap Treasury apabila terdapat kehilangan dan/atau kerusakan dan/atau penyalahgunaan Emas dalam proses pengiriman Emas milik Pengguna sejauh dapat dibuktikan bahwa peristiwa tersebut bukan karena kesalahan dan/atau kelalaian Treasury.
    14. Pengguna menyatakan memahami dan mengetahui bahwa penggantian biaya terhadap pengiriman Emas milik Pengguna yang hilang dan/atau rusak dan/atau salah guna akan terbatas pada nilai yang ditanggung asuransi pengiriman dan merupakan kewajiban jasa kurir yang bekerja sama dengan Treasury dan/atau dengan perusahaan Emas PT Untung Bersama Sejahtera sebagai rekanan Treasury.
    15. Treasury berhak membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    16. Dalam hal terdapat promo terkait pengiriman Emas, maka Syarat dan Ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Pengguna.
    17. Tata cara pengiriman Emas tunduk pada Perjanjian Pengguna Treasury.
    18. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    19. Syarat dan Ketentuan pengiriman Emas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    20. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    21. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  9. Pengalihan Emas (Transfer)

    1. Jumlah Emas minimal yang dapat dialihkan melalui Apps Treasury adalah sebesar Rp5.000,00 (lima ribu Rupiah) gram setelah total pembelian Pengguna mencapai 0,2 (nol koma dua) gram.
    2. Pengguna dapat melakukan pengalihan (Transfer) Emas setelah selesai melakukan verifikasi KTP dan melakukan pembelian Emas minimal 0,2 (nol koma dua) gram, tidak termasuk saldo Emas yang masih dalam proses verifikasi.
    3. Pengalihan Emas dapat dilakukan kepada sesama Pengguna Apps Treasury maupun pihak yang akan menjadi Pengguna Apps Treasury dengan memasukkan nomor telepon seluler (setelah memberikan izin kepada Treasury untuk mengakses daftar kontak yang terdapat pada telepon seluler  Pengguna). Apabila pihak yang akan menjadi Pengguna Apps Treasury tidak mendaftarkan diri menjadi Pengguna Apps Treasury dalam waktu 1x24 jam setelah pengalihan Emas dilakukan oleh Pengguna, maka Emas yang dialihkan akan dikembalikan dalam bentuk gramasi Emas kepada saldo Emas Pengguna yang melakukan pengalihan Emas dan mendapatkan notifikasi pengembalian gramasi Emas melalui Apps Treasury dan email (apabila sudah melakukan verifikasi email).
    4. Emas yang dapat dialihkan oleh Pengguna adalah Emas yang dibeli berdasarkan metode pembelian Emas sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini. Emas yang diperoleh Pengguna dari bonus dan/atau voucher dan/atau promo-promo yang dilakukan oleh Treasury ataupun pihak ketiga lainnya tidak dapat dialihkan dengan menggunakan metode transfer Emas sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    5. Pengalihan Emas hanya dapat dilakukan dengan memasukkan PIN Transaksi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna Apps Treasury yang bersangkutan.
    6. Pengalihan Emas kepada Pengguna lain akan mendapatkan notifikasi melalui:
      • Bagi Pengguna yang sudah melakukan registrasi pada Apps Treasury: Aplikasi dan email Pengguna.
      • Bagi Pengguna yang belum melakukan registrasi pada Apps Treasury: Pesan singkat/SMS berisikan link untuk mengunduh Apps Treasury dan jumlah Emas yang dialihkan.
    7. Treasury tidak bertanggung jawab terhadap perselisihan yang terjadi di antara Pengguna sehubungan dengan pengalihan Emas.
    8. Pengguna hanya dapat melakukan pengalihan Emas dan/atau transaksi lainnya maksimal sebanyak 3 (tiga) kali transaksi dalam waktu 1 (satu) menit, Treasury berhak membatalkan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna yang tidak sesuai dengan ketentuan ini.
    9. Treasury berhak menonaktifkan fitur transfer dan/atau membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    10. Pengguna yang telah dimasukkan dalam blacklist oleh Treasury tidak dapat menggunakan fitur transfer dan/atau fitur lainnya yang terdapat dalam Apps Treasury.
    11. Dalam hal terdapat promo terkait dengan pengalihan Emas dan/atau promo lainnya, maka Syarat dan Ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Pengguna.
    12. Tata cara pengalihan Emas tunduk pada Perjanjian Pengguna Treasury.
    13. Pengguna dibatasi untuk melakukan transaksi pengalihan Emas dan/atau Hadiah Emas maksimal 20 (dua puluh) transaksi setiap harinya pada Apps Treasury.
    14. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    15. Syarat dan Ketentuan pengalihan Emas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    16. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    17. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  10. Hadiah Emas

    1. Hadiah Emas adalah pembelian Emas oleh Pengguna dalam tujuannya untuk diberikan kepada sesama Pengguna Apps Treasury maupun pihak yang akan menjadi Pengguna Apps Treasury.
    2. Pengiriman Hadiah Emas dapat dilakukan kepada sesama Pengguna Apps Treasury maupun pihak yang akan menjadi Pengguna Apps Treasury dengan memasukkan nomor telepon seluler (setelah memberikan izin kepada Treasury untuk mengakses daftar kontak yang terdapat pada telepon seluler Pengguna). Apabila pihak yang akan menjadi Pengguna Apps Treasury tidak mendaftarkan diri menjadi Pengguna Apps Treasury dalam waktu 2x24 jam setelah pengiriman Hadiah Emas dilakukan oleh Pengguna, maka Hadiah Emas yang dialihkan akan dikembalikan dalam bentuk gramasi Emas kepada saldo Emas Pengguna yang mengirimkan Hadiah Emas dan mendapatkan notifikasi pengembalian gramasi Emas melalui Apps Treasury dan email (apabila sudah melakukan verifikasi email).
    3. Pengiriman Hadiah Emas kepada Pengguna lain akan mendapatkan notifikasi melalui:
      • Bagi Pengguna yang sudah melakukan registrasi pada Apps Treasury: Aplikasi dan email Pengguna.
      • Bagi Pengguna yang belum melakukan registrasi pada Apps Treasury: Pesan singkat/SMS berisikan link untuk mengunduh Apps Treasury dan jumlah Emas dalam Hadiah Emas yang dikirimkan.
    4. Hadiah Emas minimal yang dapat diberikan kepada pengguna lain melalui Apps Treasury adalah sebesar Rp5.000,00 (lima ribu Rupiah).
    5. Tidak terdapat jumlah Emas minimal yang harus dimiliki dan/atau dibeli oleh Pengguna untuk melakukan pembelian Hadiah Emas.
    6. Hadiah Emas yang dapat dialihkan oleh Pengguna adalah Hadiah Emas yang dibeli secara organic berdasarkan metode pembelian Hadiah Emas . Hadiah Emas yang diperoleh Pengguna dari bonus dan/atau voucher dan/atau promo-promo yang dilakukan oleh Treasury ataupun pihak ketiga lainnya tidak dapat dialihkan dengan menggunakan metode transfer Emas sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    7. Hadiah Emas dapat dialihkan kepada Pengguna Apps Treasury dan/atau pihak yang akan menjadi Pengguna Apps Treasury.
    8. Pengguna dapat memilih berbagai model Hadiah Emas yang dapat diberikan pesan singkat kepada Pengguna Apps Treasury dan/atau pihak yang akan menjadi Pengguna Apps Treasury.
    9. Hadiah Emas memiliki masa berlaku 2x24 jam terhitung sejak pembelian Hadiah Emas oleh Pengguna.
    10. Apabila Pengguna tidak mengirimkan Hadiah Emas kepada Pengguna Apps Treasury dan/atau mengirimkan kepada pihak lain namun tidak menjadi Pengguna Apps Treasury dalam waktu 2x24 jam, maka Hadiah Emas akan diberikan kepada saldo Pengguna Emas yang membeli Hadiah Emas.
    11. Pengalihan Hadiah Emas oleh Pengguna hanya dapat dilakukan dengan memasukkan PIN Transaksi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna Apps Treasury yang bersangkutan.
    12. Treasury tidak bertanggung jawab terhadap perselisihan yang terjadi di antara Pengguna sehubungan dengan pengiriman dan/atau penerima Hadiah Emas.
    13. Pengguna hanya dapat melakukan pengiriman Hadiah Emas dan/atau transaksi lainnya maksimal sebanyak 3 (tiga) kali transaksi dalam waktu 1 (satu) menit, Treasury berhak membatalkan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna yang tidak sesuai dengan ketentuan ini.
    14. Treasury berhak menonaktifkan fitur Hadiah Emas dan/atau membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    15. Pengguna yang telah dimasukkan dalam blacklist oleh Treasury tidak dapat menggunakan fitur Hadiah Emas dan/atau fitur lainnya yang terdapat dalam Apps Treasury.
    16. Dalam hal terdapat promo terkait dengan Hadiah Emas dan/atau promo lainnya, maka Syarat dan Ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Pengguna.
    17. Tata cara pengalihan Hadiah Emas tunduk pada Perjanjian Pengguna Treasury.
    18. Pengguna dibatasi untuk melakukan transaksi pembelian Emas dan/atau pengalihan Emas dan/atau Hadiah Emas maksimal 20 (dua puluh) transaksi setiap harinya pada Apps Treasury.
    19. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    20. Syarat dan Ketentuan Hadiah Emas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu..
    21. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    22. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  11. Big Order

    1. Pengguna dapat melakukan pembelian Emas dalam jumlah besar dengan nominal di atas Rp100.000.000,00 (seratus juta Rupiah) dengan memilih opsi Big Order yang terdapat di Apps Treasury.
    2. Pembelian Emas melalui opsi Big Order dilakukan dengan metode transfer ke Virtual Account BNI dan BCA serta menggunakan saldo Celengan.
    3. Pembelian melalui opsi Big Order dapat dilakukan pada hari kerja (Senin – Jumat) mulai dari jam 08.00 – 14.00 WIB.
    4. Pembelian Emas dengan jumlah total di atas Rp100.000.000,00 (seratus juta Rupiah) dapat dilakukan dengan berbagai metode pembayaran yang bisa Pengguna Treasury pilih sesuai kebutuhan.
    5. Harga pembelian Emas berdasarkan invoice akan terkunci selama 180 (seratus delapan puluh) menit atau 3 (tiga) jam pada saat Pengguna memulai pembelian dengan menggunakan metode Big Order.
    6. Untuk transaksi via channel pembayaran BNI, maka BNI dan Treasury akan mengirimkan notifikasi kepada Pengguna sebagai pengingat pelaksanaan pembayaran dan konfirmasi telah terlaksananya pembayaran.
    7. Untuk transaksi via channel pembayaran BCA, maka Treasury akan mengirimkan notifikasi kepada Pengguna sebagai pengingat pelaksanaan pembayaran dan konfirmasi telah terlaksananya pembayaran.
    8. Khusus untuk pembelian Emas melalui metode Big Order, terdapat biaya pemesanan sebesar Rp1.500,00 (seribu lima ratus Rupiah) per gram Emas yang akan menjadi tanggungan Pengguna.
    9. Notifikasi jumlah biaya yang akan dibayarkan oleh Pengguna merupakan akumulasi dari harga total Emas yang akan dibayarkan ditambah dengan biaya administrasi.
    10. Pembelian Emas harus dilakukan dengan memasukkan PIN yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna Apps Treasury yang bersangkutan.
    11. Harga beli Emas senantiasa berubah dalam setiap waktu yang mengikuti fluktuasi harga Emas dunia yang dapat dipantau oleh Pengguna melalui Apps Treasury.
    12. Emas yang dibeli akan dititipkan secara otomatis kepada Treasury tanpa biaya dan batasan waktu dan akan tercatat di akun Pengguna Treasury sesuai dengan keinginan Pengguna.
    13. Emas yang dititipkan dapat dijual, dicetak dan diambil secara fisik, atau ditransfer ke sesama Pengguna Treasury sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    14. Treasury berhak membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    15. Tata cara pembelian Emas tunduk pada Perjanjian Pengguna Treasury.
    16. Harga Emas yang tertera di Apps Treasury ini belum termasuk biaya administrasi dan PPh 22 sebesar 0,9% (nol koma sembilan persen) bagi Pengguna yang belum memasukkan data NPWP dan 0,45% (nol koma empat lima persen) bagi Pengguna yang telah memasukkan data NPWP yang telah terverifikasi oleh tim pemeriksa Treasury dan/atau penerapan pajak yang berlaku lainnya berdasarkan pada peraturan dan ketentuan perpajakan di Republik Indonesia.
    17. Ketentuan Khusus:
      1. Sobat VIP Treasury Gold, dan Pengguna yang direkrut oleh Sobat VIP Treasury Gold serta melakukan pembelian Emas melalui opsi Big Order, melepaskan haknya terhadap penggunaan fitur Teman Treasury.
      2. Dalam hal Sobat VIP Treasury Gold dan Pengguna sebagaimana dimaksud pada angka 1 di atas memiliki Poin yang diperoleh melalui fitur Teman Treasury, maka secara otomatis akan ditukar menjadi Emas sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Teman Treasury. 
      3. Pengguna lain yang telah direkrut secara langsung oleh Sobat Treasury VIP Gold maupun Pengguna sebagaimana dimaksud pada angka 1 di atas, tidak lagi mendapatkan keuntungan Poin terhadap fitur Teman Treasury.
      4. Hal lain yang tidak ditentukan secara tegas dalam Ketentuan Khusus ini, akan tetap berlaku dan mengikat. 
    18. Dalam hal terdapat promo terkait dengan pembelian Emas melalui opsi Big Order, maka Syarat dan Ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Pengguna.
    19. Pengguna dibatasi untuk melakukan transaksi pembelian Emas dan/atau penjualan Emas dan/atau pencetakan Emas dan/atau big order dan/atau Amal dan/atau Zakat maksimal 10 (sepuluh) transaksi setiap harinya pada Apps Treasury.
    20. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    21. Syarat dan Ketentuan pembelian Emas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    22. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    23. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  12. Amal

    1. Pemberian Amal minimal adalah sebesar Rp5.000,00 (lima ribu Rupiah) dan apabila menggunakan Hadiah Emas, maka maksimal pemberian Amal ialah sebesar Rp100.000.000,00 (seratus juta Rupiah) yang merupakan hasil dari pengkonversian gramasi Emas Pengguna ke Rupiah yang nilainya senantiasa berubah dalam setiap waktu (menit) yang mengikuti fluktuasi harga Emas dunia yang dapat dipantau oleh Pengguna melalui Apps Treasury.
    2. Pemberian Amal oleh Pengguna adalah Emas yang dibeli secara organic ataupun Emas yang diperoleh Pengguna secara non-organic yang terbatas pada voucher yang diberikan oleh Treasury ataupun pihak ketiga lainnya.
    3. Pemberian Amal hanya dapat dilakukan dengan memasukkan PIN Transaksi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna Apps Treasury yang bersangkutan.
    4. Apabila gramasi Emas Pengguna tidak mencukupi untuk melakukan pemberian Amal, maka Pengguna dapat melakukan pembelian Emas pada Apps Treasury terlebih dahulu.
    5. Seluruh Amal yang diberikan Pengguna Treasury melalui Apps Treasury akan diserahkan seluruhnya kepada NU CARE-LAZISNU sebagai Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama dan merupakan Lembaga Amil Zakat berskala nasional yang memiliki wewenang melakukan pengumpulan, pengelolaan dan pendistribusian zakat, infaq dan shadaqah di seluruh wilayah di Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 255 tahun 2016 tentang Pemberian Izin Kepada Yayasan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional, tertanggal 26 Mei 2016.
    6. Pendistribusian Amal merupakan kewenangan sepenuhnya milik NU CARE-LAZISNU.
    7. Pemberian Amal yang dilakukan Pengguna tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
    8. Pengguna hanya dapat melakukan pemberian Amal dan/atau transaksi lainnya maksimal sebanyak 3 (tiga) kali transaksi dalam waktu 1 (satu) menit, Treasury berhak membatalkan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna yang tidak sesuai dengan ketentuan ini.
    9. Treasury berhak menonaktifkan fitur Amal dan/atau membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    10. Pengguna yang telah dimasukkan dalam blacklist oleh Treasury tidak dapat menggunakan fitur Amal dan/atau fitur lainnya yang terdapat dalam Apps Treasury.
    11. Tata cara pemberian Amal tunduk pada Perjanjian Pengguna Treasury.
    12. Pengguna dibatasi untuk melakukan transaksi pembelian Emas dan/atau penjualan Emas dan/atau pencetakan Emas dan/atau big order dan/atau Amal dan/atau Zakat maksimal 10 (sepuluh) transaksi setiap harinya pada Apps Treasury.
    13. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    14. Syarat dan Ketentuan Amal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    15. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    16. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  13. Zakat

    1. Pembayaran Zakat minimal adalah sebesar Rp5.000,00 (lima ribu Rupiah) dan maksimal adalah sebesar Rp100.000.000,00 (seratus juta Rupiah) yang merupakan hasil dari pengkonversian gramasi Emas Pengguna ke Rupiah yang nilainya senantiasa berubah dalam setiap waktu (menit) yang mengikuti fluktuasi harga Emas dunia yang dapat dipantau oleh Pengguna melalui Apps Treasury.
    2. Pembayaran Zakat pada Apps Treasury dilakukan dengan gramasi Emas yang nilainya sesuai dengan Zakat yang wajib dibayarkan oleh Muzakki yang merupakan Pengguna Apps Treasury.
    3. Pembayaran Zakat pada Apps Treasury yang dapat dibayarkan oleh Pengguna ialah Zakat Fitrah, Zakat Profesi, Zakat Surat Berharga (Zakat Saham, Reksadana dan/atau Obligasi atau Sukuk), Zakat Pertambangan, Zakat Emas dan Perak, Zakat Perniagaan, Zakat Pertanian dan Zakat Peternakan.
    4. Pembayaran Zakat oleh Pengguna adalah Emas yang dibeli secara organic ataupun Emas yang diperoleh Pengguna secara non-organic dari bonus dan/atau voucher dan/atau promo-promo yang dilakukan oleh Treasury ataupun pihak ketiga lainnya.
    5. Pembayaran Zakat hanya dapat dilakukan dengan memasukkan PIN Transaksi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Pengguna Apps Treasury yang bersangkutan.
    6. Apabila gramasi Emas Pengguna tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran Zakat, maka Pengguna dapat melakukan pembelian Emas pada Apps Treasury terlebih dahulu.
    7. Apabila terdapat kelebihan pembayaran Zakat, maka kelebihan pembayaran Zakat tersebut akan dikembalikan dalam bentuk gramasi Emas kepada saldo Emas Pengguna.
    8. Seluruh Zakat yang dibayarkan Pengguna Treasury melalui Apps Treasury akan diserahkan seluruhnya kepada NU CARE-LAZISNU sebagai Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama dan merupakan Lembaga Amil Zakat berskala nasional yang memiliki wewenang melakukan pengumpulan, pengelolaan dan pendistribusian zakat, infaq dan shadaqah di seluruh wilayah di Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 255 tahun 2016 tentang Pemberian Izin Kepada Yayasan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional, tertanggal 26 Mei 2016.
    9. Pembayaran Zakat yang dilakukan Pengguna tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
    10. Pengguna hanya dapat melakukan pembayaran Zakat dan/atau transaksi lainnya maksimal sebanyak 3 (tiga) kali transaksi dalam waktu 1 (satu) menit, Treasury berhak membatalkan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna yang tidak sesuai dengan ketentuan ini.
    11. Treasury berhak menonaktifkan fitur Zakat dan/atau membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    12. Pengguna yang telah dimasukkan dalam blacklist oleh Treasury tidak dapat menggunakan fitur Zakat dan/atau fitur lainnya yang terdapat dalam Apps Treasury.
    13. Tata cara pembayaran Zakat tunduk pada Perjanjian Pengguna Treasury.
    14. Pengguna dibatasi untuk melakukan transaksi pembelian Emas dan/atau penjualan Emas dan/atau pencetakan Emas dan/atau big order dan/atau Donasi dan/atau Zakat maksimal 10 (sepuluh) transaksi setiap harinya pada Apps Treasury.
    15. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    16. Syarat dan Ketentuan Zakat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    17. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    18. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
    19. Istilah-istilah yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan Zakat:
      • Muzakki: Sebutan untuk orang yang mengeluarkan Zakat.
      • Zakat Fitrah (Zakat al-Fitri): Zakat yang diwajibkan atas seluruh Muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan hingga sebelum Shalat Idul Fitri. Zakat Fitrah diwajibkan kepada seluruh Muslim baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun dewasa yang melihat atau hidup pada saat futur (berbuka puasa) pada malam Idul Fitri. Besaran Zakat Fitrah adalah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atau setara pada ukuran tersebut 2,2 kg (dua koma dua kilogram) - 3,1 kg (tiga koma satu kilogram) beras) dan dapat dibayarkan dengan uang/Emas.
      • Zakat Profesi: Zakat yang wajib dibayarkan dari penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan yang dilakukan. Nisab (kadar harta yang mewajibkan berzakat) adalah apabila setara dengan nilai 85 (delapan puluh lima gram) gram Emas, maka wajib mengeluarkan zakat 2,5% (dua koma lima persen). Zakat Profesi dapat dibayarkan setiap bulan ketika memperoleh gaji atau dibayarkan secara akumulasi selama setahun.
      • Zakat Surat Berharga: Terdiri dari Zakat Saham, Zakat Reksadana dan Zakat Obligasi/Sukuk. Besaran zakatnya adalah 2,5% (dua koma lima persen) yang dibayarkan setahun sekali, apabila nilai Surat Berharga sudah setara/lebih dari 85 (delapan puluh lima) gram Emas. Zakat Surat Berharga terdiri dari:
        • Zakat Saham: Zakat dengan besaran 2,5% (dua koma lima persen) dari total aset saham (lebih besar sama dengan setara 85 (delapan puluh lima) gram Emas). Pembayaran zakatnya dapat melalui saham dengan nilai wajar saham 2,5% (dua koma lima persen) dari total Aset. Pembayaran Zakat Saham dilakukan setahun sekali.
        • Reksadana: Zakat Reksadana adalah zakat dengan besaran 2,5% (dua koma lima persen) dari total aset reksadana (lebih besar sama dengan setara 85 (delapan puluh lima) gram Emas). Pembayaran zakatnya dapat melalui reksadana sebesar 2,5% (dua koma lima persen) dari total aset reksadana. Haul Zakat Reksadana adalah satu tahun.
        • Obligasi atau Sukuk: Zakat Obligasi/Sukuk adalah zakat yang dikeluarkan dari return atau yield, dengan ketentuan return atau yield setara/lebih dengan 85 (delapan puluh lima) gram Emas. Besaran Zakat Obligasi/Sukuk adalah 2,5% (dua koma lima persen) dari return atau yield. Pembayaran Zakat Obligasi/Sukuk dilakukan setahun sekali.
      • Zakat Pertambangan: Zakat yang dikeluarkan dari keuntungan usaha pertambangan setara atau lebih dengan 85 (delapan puluh lima) gram Emas. Besaran Zakat Pertambangan adalah 2,5% (dua koma lima persen) dari keuntungan. Sifat pembayaran Zakat Pertambangan adalah secara langsung, tidak menunggu sampai satu tahun.
      • Zakat Emas dan Perak: Zakat yang dikenakan atas Emas, perak dan logam lainnya yang telah mencapai nisab dan haul. Zakat Emas dan Perak ditunaikan jika seorang muzaki (orang yang menunaikan zakat) memiliki Emas mencapai nisab senilai 85 (delapan puluh lima) gram atau perak dengan mencapai nisab 595 (lima ratus sembilan puluh lima) gram. Tarif zakat yang harus dibayarkan adalah sebesar 2,5% (dua koma lima persen) dari Emas atau perak yang dimiliki. haul Zakat Emas dan Perak adalah satu tahun.
      • Zakat Perniagaan: Disebut juga dengan Zakat Tijarah, adalah zakat yang dikeluarkan atas kepemilikan harta yang diperuntukkan untuk kegiatan jual-beli. Syarat yang harus dipenuhi untuk mengeluarkan zakat perniagaan, adalah usaha telah berjalan selama setahun, dan laba bersih dari kegiatan perniagaan tersebut ditaksir telah mencapai zakat 85 (delapan puluh lima) gram Emas (dalam setahun), maka wajib membayarkan zakat sebesar 2,5% (dua koma lima persen).
      • Zakat Pertanian adalah zakat hasil pertanian. Objeknya meliputi hasil tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-mayur, buah-buahan, tanaman hias, rumput-rumputan, dedaunan, dan lain-lain. Nisab Zakat Pertanian adalah sama dengan/setara dengan 815 kg (delapan ratus lima belas kilogram) beras atau 1.481 kg (seribu empat ratus delapan puluh satu kilogram) gabah. Zakatnya 5% (lima persen) jika perairan berbayar dan 10% (sepuluh persen) jika perairannya menggunakan tadah hujan.
      • Zakat Peternakan: Ternak yang wajib dizakati adalah ternak sudah satu tahun dalam perawatan dan digembalakan. Untuk 5 (lima) ekor unta zakatnya adalah 1 (satu) ekor kambing, untuk 25 (dua puluh lima) ekor unta adalah 1 (satu) ekor unta. Untuk 40 - 120 (empat puluh sampai seratus dua puluh) ekor zakatnya 1 ekor kambing, untuk 121 - 200 (seratus dua puluh satu sampai dua ratus) zakatnya 2 (dua) ekor kambing. Untuk 30 (tiga puluh) sapi/kerbau zakatnya 1 (satu) ekor sapi/kerbau, untuk 60 (enam puluh) ekor sapi/kerbau zakatnya 2 (dua) ekor sapi/kerbau. Untuk kuda dan hewan ternak lainnya nisabnya adalah setara dengan nisab sapi/kerbau. Zakat Peternakan dibayarkan setiap tahun sekali.
  14. Voucher Emas

    1. voucher Emas Digital ialah voucher Emas yang dibeli melalui toko resmi Treasury di e-commerce dan/atau marketplace yang akan dikirimkan ke Pengguna dalam bentuk pesan singkat/SMS atau bentuk lainnya.
    2. Voucher Emas Digital dalam bentuk cetak ialah Voucher Emas yang dibeli melalui toko resmi Treasury di e-commerce dan/atau marketplace yang akan dikirimkan ke alamat Pengguna dalam bentuk Voucher Emas yang dicetak. 
    3. Nomor telepon seluler atau alamat yang digunakan untuk mengirimkan kode Voucher Emas Digital, merupakan data Pengguna yang terdapat atau didaftarkan pada platform e-commerce dan/atau marketplace yang digunakan untuk membeli Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) dari Treasury.
    4. Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) yang dibeli akan dikirimkan melalui pesan singkat/SMS ke nomor telepon seluler, email atau alamat pengiriman Pengguna yang didaftarkan pada saat melakukan pemesanan. Pastikan nomor telepon seluler, email atau alamat pengiriman Pengguna yang dimasukkan adalah benar dan aktif sebelum melakukan pembayaran.
    5. Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) yang dibeli melalui toko resmi Treasury di e-commerce dan/atau marketplace hanya bisa digunakan untuk penukaran voucher melalui Apps Treasury.
    6. Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) memiliki masa berlaku yang berbeda dari masing-masing toko resmi Treasury di e-commerce dan/atau marketplace. Pastikan Pengguna membaca syarat & ketentuan yang terlampir pada masing-masing toko resmi Treasury di e-commerce dan/atau marketplace. 
    7. Jika Pengguna tidak menggunakan Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan, maka Voucher Emas Digital tersebut akan hangus, tidak dapat diperoleh kembali oleh Pengguna dan bukan merupakan tanggung jawab Treasury.
    8. Emas yang diperoleh Pengguna dari hasil penukaran voucher pada Apps Treasury sesuai dengan syarat dan ketentuan Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) akan dikategorikan sebagai Emas Organik.
    9. Emas yang diperoleh Pengguna dari hasil penukaran voucher pada Apps Treasury dengan menggunakan voucher Emas Digital yang dibeli dari toko resmi Treasury di JD.ID dikategorikan sebagai Emas Verifikasi Saldo voucher. Kategori Emas tersebut memerlukan verifikasi dari pihak marketplace dalam jangka waktu 7x24 jam hari kalender sebelum dapat dijual dan/atau dialihkan (ditransfer) dan/atau dicetak.
    10. Emas yang diperoleh Pengguna dari hasil penukaran voucher pada Apps Treasury dengan menggunakan voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak), dapat dijual dan/atau ditransfer apabila Pengguna telah melakukan pembelian Emas secara organik senilai 0,2 (nol koma dua) gram.
    11. Voucher Emas Digital yang tidak dibeli Pengguna dan/atau didapatkan Pengguna secara cuma-cuma dari promo yang dilakukan oleh Treasury dan/atau partner e-commerce dan/atau marketplace Treasury, tidak dikategorikan sebagai Emas organik.
    12. Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) yang sudah dibeli Pengguna tidak dapat ditukarkan kembali menjadi uang tunai, dengan alasan apapun.
    13. Treasury berhak menghanguskan dan/atau membatalkan Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) apabila ditemukan indikasi transaksi yang mencurigakan dan/atau berpotensi merugikan Treasury dan/atau tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, Syarat dan Ketentuan yang berlaku, serta Pengguna yang telah masuk ke dalam daftar hitam (blacklist) Treasury.
    14. Apabila ada Pengguna yang mendapatkan Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) selain dari toko resmi Treasury di e-commerce dan/atau marketplace, maka Treasury tidak bertanggung jawab atas keaslian dan keabsahan Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) tersebut.
    15. Harga pembelian Emas senantiasa berubah dalam setiap waktu (menit) yang mengikuti fluktuasi harga Emas dunia yang dapat dipantau oleh Pengguna melalui Apps Treasury. 
    16. Kesalahan memasukkan nomor telepon seluler atau alamat pengiriman saat melakukan pemesanan Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) bukan menjadi tanggung jawab Treasury dan partner e-commerce dan/atau marketplace Treasury.
    17. Treasury dan partner e-commerce dan/atau marketplace tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan kode Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) yang sudah diterima maupun digunakan oleh Pengguna.
    18. Cara penggunaan Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) di masing-masing platform partner e-commerce dan/atau marketplace akan mengikuti ketentuan, mekanisme dan petunjuk yang tertera di dalam masing-masing platform tersebut.
    19. Selain daripada syarat dan ketentuan ini, Pengguna juga tunduk dan diwajibkan untuk patuh pada seluruh syarat dan ketentuan dan/atau ketentuan mengikat lainnya yang terdapat dalam Apps Treasury.
    20. Treasury berhak membatalkan transaksi yang dianggap mencurigakan dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
    21. Dalam hal terdapat promo terkait dengan pembelian Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) dan pembelian Emas, maka Syarat dan Ketentuan mengenai promo tersebut juga mengikat pada Pengguna.
    22. Tata cara pembelian Voucher Emas Digital (termasuk bentuk cetak) tunduk pada partner e-commerce dan/atau Perjanjian Pengguna Treasury.
    23. Pengguna dibatasi untuk melakukan transaksi pembelian Emas dan/atau penjualan Emas dan/atau pencetakan Emas dan/atau pengalihan Emas dan/atau Hadiah Emas dan/atau Big Order maksimal 10 (sepuluh) transaksi setiap harinya pada Apps Treasury.
    24. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury dan partner e-commerce dan/atau marketplace Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    25. Syarat dan ketentuan Pembelian Voucher Emas di Partner e-commerce dan/atau marketplace ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    26. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    27. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  15. Rencana Emas

    1. Rencana Emas adalah fitur yang memungkinkan Pengguna menyimpan Emas dengan target yang hendak dicapai pada waktu tertentu ke dalam Celengan yang memiliki berbagai tema Rencana Emas (seperti namun tidak terbatas pada Dana Darurat, Dana Pendidikan, Dana Pernikahan, Impianku) dan dilengkapi dengan kalkulator untuk menghitung estimasi Emas yang ingin ditabung secara rutin dan waktu pencapaian target terbaik Pengguna.
    2. Simpanan Otomatis merupakan fitur autodebet dari pihak yang bekerja sama dengan Treasury dan/atau melalui saldo Emas Pengguna secara otomatis.
    3. Social Share adalah halaman yang berisi informasi Rencana Emas Pengguna dan kalimat motivasi yang disediakan Treasury, serta dapat dibagikan atau disebarkan Pengguna ke berbagai platform sosial media yang tersedia. 
    4. Pengguna dapat melakukan perubahan pada head banner Rencana Emas yang merupakan hasil kreasi Pengguna, yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. 
    5. Pengguna akan melepaskan tuntutan, klaim ataupun tindakan hukum lainnya terhadap Treasury apabila terdapat perbuatan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan atas kreasi head banner yang dilakukan Pengguna
    6. Pengguna setiap saat dapat melakukan menghentikan Rencana Emas dan/atau melakukan Penjualan Emas yang tunduk pada ketentuan Penjualan Emas sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan Apps Treasury ini, yang termasuk tapi tidak terbatas pada ketentuan pengiriman uang hasil pengkonversian Emas
    7. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury dan partner e-commerce Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    8. Syarat dan ketentuan Rencana ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    9. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    10. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  16. Pajak Emas

    1. Harga Emas yang tertera di Apps Treasury ini belum termasuk biaya administrasi, pencetakan, pengiriman dan PPh 22 sebesar 0,9% (nol koma sembilan persen) bagi Pengguna yang belum memasukkan data NPWP dan 0,45% (nol koma empat lima persen) bagi Pengguna yang telah memasukkan data NPWP yang telah terverifikasi oleh tim pemeriksa Treasury dan/atau PPN sebesar 10% (sepuluh persen).
    2. Pengguna akan dikenakan PPN sebesar 10% (sepuluh persen) untuk biaya Cetak Emas, Cetak Koin, dan/atau pembelian Koin Nusantara.
    3. Pengguna akan dikenakan PPh 22 sebesar 0,9% (nol koma sembilan persen) bagi Pengguna yang belum memasukkan NPWP dan 0,45% (nol koma empat lima persen) bagi Pengguna yang telah memasukkan NPWP yang telah terverifikasi oleh tim pemeriksa Treasury terhadap pembelian Emas dan/atau pencetakan Koin Nusantara dan/atau cetak Emas.
    4. Jumlah tagihan pembayaran Emas yang akan diterima oleh Pengguna untuk dibayarkan adalah akumulasi dari harga Emas, biaya administrasi, serta pengenaan pajak yang berlaku.
    5. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    6. Syarat dan Ketentuan pajak Emas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    7. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    8. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  17. Penutupan Akun dan Pemblokiran

    1. Pengguna sewaktu-waktu dapat melakukan penutupan akun Treasury yang dilakukan dengan cara menyampaikan permintaan penutupan akun melalui email yang dikirimkan kepada alamat email customer service Treasury.
    2. Tim Treasury akan melakukan tindak lanjut terhadap permintaan penutupan akun tersebut dalam waktu 3 (tiga) hari kerja.
    3. Dalam hal terdapat sisa Emas milik Pengguna di Apps Treasury, maka saat penutupan akun disetujui oleh tim Treasury, Pengguna berhak untuk menerima sisa Emas yang secara langsung akan dikonversi menjadi uang, sesuai dengan harga jual yang tertera di Apps Treasury terhitung saat tanggal Pengguna menyampaikan permintaan penutupan akun tersebut.
    4. Ketentuan pengkonversian sisa Emas milik Pengguna saat melakukan penutupan akun akan tunduk pada ketentuan Penjualan Emas sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan Apps Treasury ini, yang termasuk tapi tidak terbatas pada ketentuan pengiriman uang hasil pengkonversian Emas.
    5. Dalam hal uang hasil pengkonversian Emas Pengguna Treasury saat melakukan penutupan akun tidak mencukupi ketentuan minimal transfer bank sesuai dengan peraturan otoritas di bidang perbankan, yang termasuk tapi tidak terbatas pada Bank Indonesia dan/atau ketentuan masing-masing bank yang didaftarkan oleh Pengguna sebagai bank yang digunakan dalam bertransaksi di Apps Treasury, maka Pengguna dapat mengambil uang tersebut di tempat yang akan ditentukan oleh tim Treasury.
    6. Apabila di kemudian hari Pengguna akan kembali melakukan pendaftaran di Treasury setelah sebelumnya menutup akunnya, maka seluruh ketentuan mengenai Pendaftaran sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan Apps Treasury ini akan berlaku kembali.
    7. Berbagai bonus dan/atau promo yang berhak diperoleh oleh Pengguna saat pertama kali mendaftar di Apps Treasury tidak dapat dinikmati oleh Pengguna yang sebelumnya telah menutup akunnya di Treasury.
    8. Treasury berhak melakukan pemblokiran terhadap akun-akun Pengguna Treasury yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta seluruh Syarat dan Ketentuan yang berlaku yang termasuk tapi tidak terbatas pada Syarat dan Ketentuan Apps Treasury, Syarat dan Ketentuan Teman Treasury, Syarat dan Ketentuan Koin Nusantara.
    9. Tim Treasury akan melakukan penonaktifan terhadap berbagai fitur yang dapat diakses oleh Pengguna yang akan diblokir akibat pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Q.8 di atas.
    10. Akun Pengguna yang diblokir akan dikirimkan email oleh tim Treasury yang menyampaikan terdapatnya pelanggaran dan akan menyampaikan detail tindak lanjut atas pemblokiran tersebut.
    11. Dalam hal terdapat sisa Emas milik Pengguna di Apps Treasury yang diblokir oleh Treasury, maka tim Treasury akan melakukan penyelidikan internal untuk memverifikasi keabsahan kepemilikan Emas tersebut, apabila Emas yang dimiliki memang telah valid dan sesuai dengan seluruh Syarat dan Ketentuan, maka tim Treasury akan mengonversi sisa Emas tersebut menjadi uang, sesuai dengan harga jual yang tertera di Apps Treasury terhitung saat tanggal pemblokiran yang disampaikan oleh tim Treasury terhadap akun Pengguna tersebut.
    12. Treasury berhak untuk menghanguskan manfaat transaksi berupa Emas, uang, dan/atau bentuk lainnya yang dimiliki oleh Pengguna yang atas penyelidikan tim Treasury diketahui melanggar berbagai ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Q.8 di atas.
    13. Ketentuan pengkonversian sisa Emas milik Pengguna yang telah diblokir oleh Treasury akan tunduk pada ketentuan Penjualan Emas sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan Apps Treasury ini, yang termasuk tapi tidak terbatas pada ketentuan pengiriman uang hasil pengkonversian Emas.
    14. Dalam hal uang hasil pengkonversian Emas Pengguna Treasury milik Pengguna yang telah diblokir tidak mencukupi ketentuan minimal transfer bank sesuai dengan peraturan otoritas di bidang perbankan, yang termasuk tapi tidak terbatas pada Bank Indonesia dan/atau ketentuan masing-masing bank yang didaftarkan oleh Pengguna sebagai bank yang digunakan dalam bertransaksi di Apps Treasury, maka Pengguna dapat mengambil uang tersebut di tempat yang akan ditentukan oleh tim Treasury.
    15. Pengguna yang telah diblokir tidak dapat melakukan pendaftaran kembali di Apps Treasury, termasuk pada data dan informasi yang sama yang dimiliki oleh Pengguna yang telah diblokir tersebut, yang termasuk tapi tidak terbatas pada data email, KTP, NPWP, nomor rekening.
    16. Dalam hal terdapat persengketaan sehubungan dengan pemblokiran Pengguna Treasury yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan Republik Indonesia, peraturan otoritas berwenang, Perjanjian Pengguna Treasury, serta seluruh Syarat dan Ketentuan yang berlaku yang termasuk tapi tidak terbatas pada Syarat dan Ketentuan Apps Treasury, Syarat dan Ketentuan Teman Treasury, Syarat dan Ketentuan Koin Nusantara, dengan ini Treasury menentukan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sebagai forum penyelesaian sengketa.
    17. Segala bentuk kecurangan dan/atau tindak kejahatan yang dilakukan oleh Pengguna dan/atau pihak lainnya dalam melakukan pengoperasian dan/atau transaksi di Apps Treasury akan kami tindak lanjuti kepada instansi penegak hukum yang terkait.
    18. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    19. Syarat dan Ketentuan penutupan akun dan pemblokiran Pengguna dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu..
    20. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    21. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.
  18. Pewarisan Emas

    1. Emas yang terdapat di Apps Treasury milik Pengguna yang telah meninggal dunia dapat diwariskan kepada ahli waris Pengguna yang telah didaftarkan saat Pengguna melakukan pendaftaran di Apps Treasury.
    2. Ahli waris merupakan pihak yang terdapat pada Kartu Keluarga yang didaftarkan oleh Pengguna.
    3. Apabila Pengguna tidak mendaftarkan Kartu Keluarga yang memuat pihak yang berhak memperoleh waris, maka ahli waris yang sah dapat mengajukan permintaan kepada Treasury dengan menyerahkan Akta Penetapan Waris yang diterbitkan oleh Pengadilan berwenang dan/atau penetapan waris lainnya yang diterbitkan oleh institusi yang berhak untuk menerbitkan penetapan waris sesuai peraturan perundang-undangan di Republik Indonesia.
    4. Penyampaian wasiat oleh ahli waris Pengguna tetap harus menyertakan dokumen penetapan waris sebagaimana dimaksud dalam ketentuan R.3 di atas.
    5. Bagi ahli waris yang belum cakap/dewasa sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di bidang administrasi kependudukan, maka harus terdapat keterangan yang menyatakan adanya perwalian yang sah yang berhak secara hukum untuk menjadi wali dari ahli waris tersebut.
    6. Treasury tidak bertanggung jawab terhadap perselisihan yang terjadi sehubungan dengan pewarisan antara para ahli waris dan/atau pihak lainnya, dokumen Kartu Keluarga dan dokumen penetapan waris yang diberikan oleh Pengguna atau ahli warisnya kepada Treasury dianggap sebagai dokumen yang asli dan sah serta memiliki kekuatan hukum, Treasury tidak berkewajiban untuk melakukan verifikasi terhadap keabsahan dan/atau keaslian terhadap dokumen-dokumen yang diberikan sehubungan dengan Pewarisan Emas sebagaimana terdapat dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    7. Pengguna menyatakan mengetahui dan sepakat untuk tidak menggunakan Apps Treasury sebagai kegiatan pencucian uang dan/atau pendanaan terorisme dan/atau proliferasi senjata pemusnah massal dan/atau perbuatan melawan hukum lainnya.
    8. Syarat dan Ketentuan Pewarisan Emas Pengguna dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.
    9. Pengguna disarankan untuk membaca dengan teliti seluruh Syarat dan Ketentuan, Perjanjian Pengguna Treasury, Kebijakan Privasi dan berbagai ketentuan lain yang terdapat di Apps Treasury sebelum melakukan transaksi apapun melalui Apps Treasury.
    10. Segala jenis serangan malware, pencurian data, dan gangguan keamanan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan perangkat yang sudah dilakukan jailbreak atau root, bukan menjadi tanggung jawab Treasury.