Yuk Rencanakan Biaya Sekolah Anak untuk Si Kecil



Sobat Treasury, salah satu hal yang biasanya menjadi perhatian orang tua adalah biaya sekolah anak. Tentu saja mereka ingin Si Kecil masuk ke sekolah yang terbaik, mulai dari cara kegiatan belajar mengajar (KBM), kualitas guru, sampai lingkungan sekolahnya.

Masalahnya, biaya pendidikan di Indonesia terbilang mahal, apalagi yang swasta. Untuk itu, para orang tua perlu menyiapkan biayanya dari jauh-jauh hari, apalagi kalau ingin menyekolahkannya hingga perguruan tinggi.

 

Alasan Biaya Sekolah Anak Mahal

Dihimpun dari berbagai sumber, ada beberapa penyebab biaya sekolah mahal. Misalnya, pertama, biaya operasional dan gedung. Ada perbedaan sekolah negeri dan swasta. Kalau yang negeri, biaya operasional dan gedung berasal dari subsidi pemerintah, sedangkan swasta dari para siswa. Apa fungsi biaya operasional dan gedung? Dana itu akan membiayai pelayanan pendidikan, pengadaan fasilitas sekolah, pengembangan kurikulum, serta pembayaran guru yang profesional.

Kedua, kurikulum. Sekolah swasta biasanya rutin update kurikulumnya. Pengembangan kurikulum ini bertujuan agar program pendidikannya lebih efektif dan berkualitas. Kurikulum ini disesuaikan dengan standar nasional dan internasional.

Ketiga, biaya sekolah akan semakin tinggi kalau usianya makin muda. Anak-anak mengalami masa emas atau golden age saat berusia 0-5 than. Saat itu, mereka akan mempelajari apa saja yang didengar, dirasakan, dan dilihat. Untuk mengoptimalkan perkembangannya, sekolah anak usia dini memerlukan pengajar yang profesional dan telaten. Selain itu, fasilitasnya pun menyesuaikan umur anak, seperti makan siang yang bergizi agar memastikan kebutuhan nutrisi anak terpenuhi.

Sudah tahu alasan biaya sekolah anak? Kini kita beralih ke estimasi biaya sekolahnya.

 

Kira-kira Segini Biaya Sekolah Anak

Misalnya kamu tinggal di area Jabodetabek dan ingin menyekolahkan anak dari TK hingga kuliah. Berikut ini adalah perkiraan biaya pendidikan anak jika kamu memilih sekolah swasta.

1. TK (2 tahun)

Uang pangkal sekolah = Rp5 juta

Uang SPP per bulan x 24 bulan = Rp500 ribu x 24 = Rp12 juta

Uang seragam = Rp200 ribu

Uang kegiatan tahunan x 2 tahun = Rp1 juta x 2 = Rp2 juta

Total biaya = Rp19,2 juta

 

2. SD (6 tahun)

Uang pangkal sekolah = Rp8 juta

Uang SPP x 72 bulan = Rp500 ribu x 72 = Rp36 juta

Uang seragam = Rp500 ribu

Total biaya = Rp44,5 juta

 

3. SMP

Uang pangkal sekolah = Rp10 juta

Uang SPP x 36 bulan = Rp1 juta x 36 = Rp36 juta

Uang seragam = Rp1 juta

Total biaya = Rp47 juta

 

4. SMA (3 Tahun)

Uang pangkal sekolah = Rp12 juta

Uang SPP x 36 bulan = Rp1 juta x 36 = Rp36 juta

Uang seragam = Rp1 juta

Total biaya = Rp49 juta

 

5. Kuliah (4 tahun/8 semester)

Uang pangkal = Rp20 juta

Biaya semesteran x 8 = Rp5 juta x 8 semester = Rp40 juta

Biaya perkuliahan (buku dan praktik) x 8 semester = Rp10 juta x 8 semester = Rp80 juta

Total biaya = Rp140 juta

 

Untuk menghitung perkiraan biaya sekolah, kamu cukup memasukkan inflasi biaya pendidikan per tahun dan jarak usia anak.

 

Kumpulkan Biaya Pendidikan Anak dengan Cara Ini

Sobat Treasury, selain menabung, kamu bisa mengumpulkan biaya pendidikan anak lebih cepat melalui investasi. Emas bisa kamu lirik sebagai sarana investasi karena punya banyak keunggulan, seperti tahan karat dan inflasi. Nilainya pun tetap terjaga dan harganya bisa naik setiap tahun. 

Treasury bisa kamu pilih sebagai tempat investasi emas. Selain harganya yang terjangkau mulai dari Rp5 ribu, aplikasi ini juga menawarkan fitur Rencana Emas.

Rencana Emas merupakan fitur yang membantumu untuk merencanakan keuangan, misalnya dana pendidikan. Di fitur ini, kamu bisa menghitung berapa jumlah emas yang harus ditabung hingga waktu yang telah ditetapkan. Ada tiga pilihan menabung emas melalui Rencana Emas, yaitu harian, mingguan, dan bulanan.

 

Ada Juga Fitur Menarik di Treasury

Tidak hanya emas murah dan fitur Rencana Emas, ada juga sederet keunggulan aplikasi Treasury. Misalnya, ada jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS), bisa mencetak logam mulia melalui Cetak Emas mulai dari 0,1 gram, dan mengirimkan instrumen ini melalui Transfer Emas. Ayo, download Treasury sekarang!