Yuk Memprediksi Seberapa Tinggi Harga Emas 5 Tahun Mendatang



Harga emas diyakini bakal terus menanjak secara substansial dalam lima tahun ke depan tergantung pada kondisi perekonomian secara keseluruhan. Emas telah lama dicari sebagai sarana investasi. Ada banyak cara investasi emas mulai dari membeli saham emas, membeli emas dan emas fisik. Salah satu daya tariknya adalah logam mulia dianggap sebagai  aset safe-haven  yang dapat membantu investor menyeimbangkan risiko dan keuntungan dalam portofolio. 

 

Emas memang memiliki sejarah pertumbuhan nilai. Namun seberapa cepat nilai emas tumbuh? Dan berapa  Berapa nilai emas dalam 5 tahun? Memang sulit untuk mengatakan berapa nilai emas dalam lima tahun dari sekarang. Meskipun demikian, ada kemungkinan besar harga emas akan lebih tinggi dalam lima tahun mendatang dibandingkan saat ini. Berikut beberapa alasannya: 

 

1. Nilai emas secara historis terus meningkat

 

Harga emas telah tumbuh secara konsisten sepanjang sejarah. Meski begitu, nilai emas bisa turun dari waktu ke waktu, namun dalam jangka panjang nilai emas secara historis meningkat. Faktanya, emas mengalami tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 11,2% selama 20 tahun terakhir, menurut  Oxford Gold Group .

 

Tentu saja, ada saat-saat ketika nilai emas tumbuh dengan kecepatan yang lebih cepat atau lebih lambat, dan bahkan saat-saat ketika nilai emas menurun. Namun secara umum, nilai emas secara historis meningkat seiring berjalannya waktu. Jika sejarah terulang kembali, nilai emas kemungkinan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. 

 

 

2. Para ahli memperkirakan harga emas akan naik

 

Meskipun tidak mungkin ada pakar yang benar 100% dalam membuat prediksi, namun mereka biasanya didukung oleh data dan penelitian yang memiliki reputasi baik. Dan, banyak ahli sepakat bahwa nilai emas kemungkinan akan meningkat pada tahun 2024, dan kemungkinan akan terus mengalami pertumbuhan jangka panjang. 

 

3. Berapa Proyeksi nilai emas bisa tumbuh 5 tahun mendatang?

 

Sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi di pasar selama lima tahun ke depan. Namun, salah satu cara untuk membuat prediksi adalah dengan menghitung berdasarkan harga emas saat ini dan tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan emas. 

 

Pada 19 Desember 2023, harga spot emas adalah $2,024 per troy ons. Mengingat tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 11,2%, satu ons emas bisa bernilai sekitar $2,251 per troy ons dalam satu tahun. Dalam lima tahun, satu ons emas bisa bernilai sekitar $3,441 per troy ons, asalkan nilainya terus tumbuh pada tingkat 11,2%.

 

Dengan berbagai alasan di atas, maka menjadi mutlak bagi kamu Sobat Treasury untuk  menambahkan emas ke portofolio investasi. Ada beberapa alasan untuk mempertimbangkan investasi emas, antara lain: 

 

Potensi pertumbuhan yang kuat : Tingkat pertumbuhan emas tahunan rata-rata sebesar 11,2% jauh lebih tinggi dan dapat meningkatkan keuntungan kamu secara keseluruhan.

 

Pengaruh Inflasi: meskipun inflasi telah mereda, namun inflasi masih relatif tinggi. Harga tumbuh 3,1% dari tahun ke tahun di bulan November. Angka tersebut turun dari 3,2% pada bulan Oktober, namun masih di atas target inflasi Federal Reserve sebesar 2%. Selama inflasi tetap tinggi, kemungkinan besar hal tersebut akan mendukung pertumbuhan harga emas. 

 

Volatilitas pasar yang tidak terduga: Pasar keuangan dapat mengalami perubahan yang tidak terduga dari waktu ke waktu, dan meskipun tidak ada jaminan hal ini akan terjadi dalam waktu dekat, sebaiknya kamu selalu bersiap. Mendiversifikasi portofolio kamu dengan emas dapat membantu melindungi portofolio Anda jika terjadi volatilitas pasar yang tidak terduga.  

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, dengan proyeksi di atas membuktikan secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!