Yuk Belajar Cara Mengelola Uang dari Ayah



Sobat Treasury, belum lama ini kita merayakan Hari Ayah Sedunia alias Father’s Day. Biasanya peringatan hari ayah internasional itu dilakukan setiap hari Minggu ke-3 Juni. Nah, untuk tahun ini, Hari Ayah Sedunia jatuh pada 18 Juni 2023.

Ngomong-ngomong Hari Ayah, ternyata kita bisa belajar keuangan dari para bapak, lho. Bagi generasi milenial dan Z, para ayah biasanya berasal dari kalangan baby boomers. Generasi ini terkenal sebagai orang yang hidup mandiri dan bekerja keras. Mereka cenderung mencari uang untuk keluarga dan nggak mau keturunannya hidup susah seperti yang dirasakan.

Makanya, nggak heran banyak generasi boomers yang punya segambreng tanah, rumah, kendaraan, dan banyak simpanan uang. Tujuannya agar dia dan keluarga bisa hidup sejahtera.

Lalu, apa saja yang bisa kita pelajari tentang cara mengelola uang dari generasi para ayah ini?

 

Belanja Sesuai Kebutuhan

Menurut salah satu survei, ada 27 persen baby boomers yang merasa belanja bukanlah aktivitas untuk healing atau cuma bersenang-senang. Mereka cenderung lebih cemas ketika harus belanja.

Untuk menanganinya, orang-orang yang lahir di generasi ini cenderung meriset barang yang dibutuhkan, mulai dari harga hingga kualitas. Makanya, nggak jarang mereka cenderung sering keluar masuk toko untuk membandingkan segalanya.

 

Menghindari Hutang

Orang-orang zaman dulu lebih suka menghindari hutang. Menurut studi yang dirilis oleh Society of Actuaries, hampir sepertiga generasi baby boomers nggak punya hutang. Ini membuat mereka lebih punya banyak uang untuk disimpan.

 

Menggunakan Uang untuk Hal yang Penting

Belakangan ini tren You Only Live Once (YOLO) menjamur di kalangan anak muda, yaitu milenial dan Gen Z. Nggak jarang pemikiran ini menjadikan orang-orang boros karena sering menghabiskan uang untuk hal-hal yang bahkan kurang penting.

Namun, baby boomers justru menggunakan uang ini untuk kebutuhan yang penting, seperti bayar tagihan, belanja dapur, dan mengutamakan uang pensiun.

Generasi ini juga lebih suka memakai uangnya untuk menyiapkan dana darurat. Pos ini bisa menutup kebutuhan tak terduga. Memang, idealnya dana darurat itu sebanyak 3-12 kali pengeluaran bulanan—bergantung dari jumlah tanggungan.

 

Rajin Nabung 

Yup. Generasi para ayah ini lebih suka menabung walaupun cara ini dianggap kuno untuk berhemat. Menurut survei, baby boomers lebih suka menabung setiap bulan untuk berjaga-jaga ada peristiwa darurat.

Nah, Sobat Treasury bisa menggunakan kebiasaan ini untuk mengelola uang agar tidak habis. Kamu bisa memakai metode 50-30-20 untuk mengelola uang. Yaitu, 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 20 persen kebutuhan sekunder, dan 30 persen simpanan (20 persen untuk dana darurat dan 10 persen investasi).

 

Menyiapkan Dana Pensiun

Generasi yang dianggap sebagai workaholic ini, sering memikirkan biaya setelah tidak produktif. Makanya, mereka lebih suka menyiapkan pensiun sejak dini dengan menyisihkan sebagian penghasilannya ketika sedang bekerja. Karena ajeg menyimpan uang pensiun, tidak jarang banyak orang tua menikmati masa senja dengan tenang.

 

Cermat Berinvestasi 

Tidak hanya pensiun, baby boomers juga berinvestasi. Mereka sadar tidak sepenuhnya kebutuhan bisa ditutup oleh dana pensiun, termasuk kebutuhan darurat. 

Untuk mengatasi ini, generasi ini juga memutuskan untuk investasi. Mereka cermat memilih instrumen investasi jangka panjang yang aman dan menguntungkan.

Kamu mau investasi yang aman agar masa tua bisa cerah seperti yang dialami oleh generasi baby boomers yang sudah merdeka finansial?

Sobat Treasury bisa memilih emas sebagai instrumen investasi. Selain tahan karat dan nilainya aman dari inflasi, emas ini harganya cenderung stabil dan naik setiap tahun.

 

Mau investasi emas dengan harga mulai dari Rp5 ribu?

Bicara soal investasi emas, Treasury jadi platform yang tepat bagi kamu. Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada segelas es krim kekinian, kan?

Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. Platform ini sudah mengantongi izin dari Bappebti dan sistem elektroniknya terdaftar di Kominfo. Transaksi pun menggunakan dual verification, yaitu PIN dan password.

Kamu bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan, lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini.

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa merencanakan keuangan melalui Rencana Emas, bisa mewariskan investasimu ke orang-orang tersayang, sampai menjual sementara emas digital Treasury agar mendapatkan dana cepat.

Gimana? Menarik dan lengkap banget, kan? Yuk download Treasury sekarang!