Yuk Bayar Zakat Biar Harta Kita Makin Berkah



Sobat Treasury, ada salah satu kewajiban umat Muslim yang harus ditunaikan, yaitu zakat. Zakat merupakan perintah langsung dari Allah SWT. Disebutkan di rukun Islam yang keempat setelah syahadat, sholat, dan puasa, serta tercantum dalam Alquran, yaitu QS Al Baqarah ayat 43.

 

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ

 

“Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.” (QS Al Baqarah: 43)

Kewajiban zakat pun juga tercantum di QS Al Baqarah ayat 110.

 

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ ۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

 

Dan laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Baqarah ayat 110).

 

Bicara tentang zakat, ada zakat yang wajib ditunaikan oleh umat Muslim, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah ini wajib dilaksanakan menjelang Idul Fitri, sedangkan zakat mal ditunaikan berdasarkan harta dan penghasilan yang kamu dapatkan.

 

Yuk kita simak penjelasannya.

 

1. Zakat Fitrah, Syarat, dan Ketentuannya

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib laki-laki dan perempuan Muslim lakukan pada bulan Ramadhan. Zakat fitrah ini akan disalurkan kepada para penerima zakat, seperti fakir, miskin, amil (pengumpul dan penyalur zakat), mualaf, dan hamba sahaya.

Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah 1 sha’ kurma atau 1 sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau SAW memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim).

Zakat fitrah ini bertujuan untuk menyucikan harta dan merupakan bentuk kepedulian umat Muslim kepada orang-orang yang kurang mampu. Dengan zakat, para mustahik turut merasakan kegembiraan Idul Fitri.

 Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitri untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR Abu Daud).

 

Lalu, berapa jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan? 

Menurut para ulama, jumlah zakat fitrah adalah makanan pokok, seperti beras, sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa/kepala. Para ulama, termasuk Shaikh Yusuf Qardawi, mengizinkan zakat fitrah berupa uang tunai setara dengan 1 sha’ gandum, kurma, atau beras. Jumlahnya pun menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Misalnya, di Jakarta, menurut SK Ketua Baznas No. 07 Tahun 2023 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah, nilai zakat fitrah setara dengan uang Rp45 ribu per jiwa/hari. Waktu wajib untuk bayar zakat fitrah ini adalah saat matahari terbenam pada hari terakhir Ramadhan dan sebelum sholat Idul Fitri.

 

2. Zakat Mal, Syarat, dan Ketentuannya

Berbeda dengan zakat fitrah, zakat mal ini dikenakan terhadap semua jenis harta yang dimiliki dan perolehannya tidak bertentangan dengan agama. Zakat mal ini berupa simpanan kekayaan seperti uang, emas, surat berharga, tambang, serta pendapatan dan jasa. Menurut Baznas, ada syarat-syarat seseorang dikenakan zakat mal, yaitu:

-Kepemilikan penuh.

-Harta diperoleh secara halal.

-Harta yang berkembang atau produktif

-Mencukupi nisab

-Bebas dari hutang

-Mencapai haul

-Bisa dibayar saat panen.

 

Besar zakat mal ini berbeda-beda, Sobat Treasury. Misalnya, emas dan perak akan dikenakan zakat kalau mencapai nisab/batas minimal harta yang dikenakan zakat. Nisab emas sebanyak 85 gram dan perak 595 gram. Umat Muslim yang memiliki emas dan perak sebanyak sama atau lebih dari ketentuan nisab, akan dikenakan zakat. Besar zakat yang dibayarkan untuk emas dan perak ini sebanyak 2,5 persen dari logam mulia yang dimiliki.

Misalnya, kamu punya emas sebanyak 100 gram. Katakan harga emas sebanyak Rp900 ribu, maka nilai emas yang Sobat Treasury punya mencapai Rp90 juta. Nilai zakat yang seharusnya dibayar mencapai: 2,5 persen x nilai emas yang kamu simpan dalam setahun, yaitu Rp2,25 juta.

CEO & Principal Consultant ZAP Finance, Prita Ghozie, mengatakan momen Ramadhan juga bisa menjadi waktu yang pas untuk membayar zakat mal. Mengapa? Para pekerja biasanya mendapatkan THR Idul Fitri yang bisa digunakan untuk kebutuhan Lebaran, seperti bayar zakat. 

“(Anggarannya) 10-20 persen dari THR yang kita terima,” kata Prita ketika live bersama Treasury dan Habib Ali Hasan dari LazisNU.

 

Bayar Zakat Sekarang Gampang Banget

Sobat Treasury, kamu mau bayar zakat? Kini, bayar zakat bisa melalui aplikasi smartphone, lho. Tinggal sekali klik, zakatmu langsung tertunai dan siap disalurkan oleh amil kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Treasury jadi platform yang tepat untuk tempat bayar zakat. Fitur Zakat di Treasury menawarkan banyak jenis yang ingin kamu bayar, termasuk zakat fitrah dan zakat emas dan perak.

 

Platform ini bekerja sama dengan NU CARE-LAZISNU untuk menghimpun dan menyalurkan semua zakat dari para pengguna Treasury kepada orang-orang yang membutuhkan.   

Template-Mobile-Banner-zakat

Yuk download Treasury sekarang! Bayar zakat makin gampang. Harta kita pun makin berkah!