Harga Emas Melemah Usai Data Perekonomian di AS Dirilis, Mengapa?



Harga emas melemah pada perdagangan hari ini, Jumat 12 Agustus 2022. Pelemahan ini disebabkan oleh tekanan dari kenaikan selera risiko pedagang dan investor setelah melihat beberapa data perekonomian di AS menunjukkan bahwa inflasi lebih jinak.

Selain itu, kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah di AS juga membuat harga emas melemah.

Emas hari ini di Treasury berada di level Rp876.488. Semula, harganya bergerak naik dari Rp875 ribuan dan bertengger di level tertinggi di Rp878.307, lalu turun. Sementara itu, dilansir dari CNBC, di pasar spot, harga emas melemah 0,38 persen ke US$1.785,39 per ons dan emas berjangka AS turun 0,66 persen ke US$1.801,8 per ons.

Sekadar informasi, indeks harga produsen di AS pada Juli 2022 turun 0,5 persen secara month to month (mtm). Padahal, indeks ini naik 1,1 persen pada Juni 2022 secara mtm. Sementara itu, angka indeks harga konsumen di AS turun dari 9,1 persen pada Juni 2022 ke 8,5 persen pada Juli 2022.

“Data inflasi AS minggu ini mendorong spekulasi awal di pasar bahwa tekanan inflasi mungkin telah mencapai puncaknya,” kata analis di Kitco, Jim Wyckoff. Tekanan inflasi, lanjut dia, akan cenderung turun dalam beberapa bulan mendatang.

 

Kenaikan Suku Bunga Sudah Diperhitungkan ke Pasar

Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures, David Meger, mengatakan harga emas bertahan di kisaran US$1.800 karena pasar mengurangi ekspektasi kenaikan suku bunga meskipun mayoritas komentar Federal Reserve mengisyaratkan kenaikan suku bunga lebih lanjut.

“Sebagian besar kenaikan suku bunga sudah diperhitungkan ke pasar emas,” kata Meger.

Dia mengatakan harga emas yang sekarang merupakan ekspektasi pasar ke depannya. Investor, lanjut Meger, mempertimbangkan data harga produsen di AS yang turun dan biaya BBM juga bisa ditekan.

 

Sementara itu, di pasar spot, harga perak melemah 1,54 persen menjadi US$20,24 per ons. Sebaliknya, harga platinum naik 1,44 persen ke US$955,16 per ons dan paladium 1,96 persen ke US$2.283,18 per ons.

 

Menanti Ujung Kebijakan Suku Bunga The Fed

Emas mendapatkan angin segar pada Rabu karena inflasi di AS menjinak pada Juli 2022. Angka ini mengurangi spekulasi untuk kenaikan suku bunga agresif dari Federal Reserve. Namun, optimisme ini pudar karena bank sentral itu akan terus memperketat kebijakan moneter sampai inflasi benar-benar bisa ditekan.

Sementara itu, data klaim pengangguran di AS menunjukkan kenaikan pada minggu kedua berturut. Lalu, pada Kamis, ada pelemahan di pasar tenaga kerja menurut Departemen Ketenagakerjaan AS.

Analis pasar di City Index, Fawad Razaqzada mengatakan, sentimen yang didapatkan emas tetap positif secara keseluruhan. Investor sedang menantikan akhir dari kenaikan suku bunga yang agresif.

Sebelumnya, Meger mengatakan penentu harga emas berikutnya adalah pernyataan pejabat The Fed dan petunjuk kebijakan kenaikan suku bunga acuannya. Analis platform perdagangan online OANDA, Ed Moya, menilai inflasi yang berada di bawah perkiraan pasar—pasar berekspektasi inflasi di AS pada Juli 2022 sebesar 8,7 persen—dan disambut baik oleh mereka. Melansir JPNN, data inflasi yang lebih jinak bisa mengatrol harga emas. Kini, investor bersiap-siap terhadap rencana kenaikan suku bunga pada September 2022.

Bagaimana, Sobat Treasury? Emas masih berprospek bagus, kan, untuk menjadi instrumen investasimu? Apalagi ada banyak kebaikan emas untuk dijadikan investasi, seperti tahan terhadap inflasi dan harganya bisa naik setiap tahun. Bahkan, logam kuning gampang banget dibeli dan dijual.

Tidak hanya di toko, sekarang kamu bisa membelinya melalui aplikasi emas digital seperti Treasury. Aplikasi ini menawarkan harga emas yang sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu!

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam. Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!