Unik, Begini Cara Menghitung Mahar Nikah di Aceh



Keanekaragaman suku bangsa membuat Indonesia kaya akan budaya. Salah satu budayanya adalah pernikahan. Pernikahan adat tak lepas hubungannya dengan yang namanya mahar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mahar adalah pemberian uang atau barang dari mempelai pria kepada pengantin wanitanya saat akad pernikahan. Setiap daerah punya ketentuan mahar yang berbeda dalam pernikahan.

Salah satunya adalah Aceh. Di Aceh, ada keunikan tentang mahar pernikahannya. Di sana, mahar pernikahan diukur dengan mayam. Apa itu mayam? Mayam adalah takaran emas murni yang berlaku di masyarakat Aceh. Kalau dikonversikan, satu mayam ini setara dengan 3,33 gram. Misalnya, satu gram emas seharga Rp850 ribu, maka satu mayam senilai Rp2,805 juta.

Seorang pria harus memberikan mayam kepada gadis Aceh agar bisa meminangnya. Biasanya, mayam yang dibayarkan sebesar 3-30 mayam—kalau dikonversi dalam gram, sebanyak 9,99 gram-99,9 gram. Kalau satu gram emas harganya Rp850 ribu, nilainya bisa mencapai Rp8,41 juta-Rp84,91 juta.

Menariknya, mayam tidak selalu untuk pernikahan, tetapi juga tunangan. Saat acara lamaran, mayam yang dibayar lebih sedikit, sekitar 1-2 mayam atau 3,33 gram atau 6,66 gram emas murni.

 

Makna Mayam

Sobat Treasury, mayam dalam tradisi pernikahan di Aceh ini punya makna filosofis, lho. Itu merupakan simbol kesungguhan hati sang pria dalam meminang seorang gadis. Meskipun bukan orang berada, dia akan berusaha untuk memperistri pujaan hatinya.

Tak hanya itu, tradisi memberi mayam mengisyaratkan pria yang ingin menikah, harus bersungguh-sungguh dalam bekerja. Setelah menikah, pria tersebut diharapkan bisa memberikan penghidupan yang layak bagi keluarganya.

 

Hal-hal yang Menentukan Mayam

Oh, ya, mayam yang harus dibayar ini tergantung dari kualitas gadis yang akan dinikahi. Misalnya, pendidikan dan keturunan sang wanita. Status perekonomian keluarga perempuan pun juga menjadi penentu besarnya standar mayam alias mitsil mayam di keluarga pengantin wanita. Kalau sang wanita berasal dari keluarga terpandang, mayamnya bisa mencapai 30 mayam atau 99,9 gram emas.

Permintaan mayam yang tinggi ini juga disertai dengan hadiah dari keluarga perempuan, seperti rumah. Jika tak sanggup, kedua pengantin akan tinggal bersama orang tua mempelai perempuan sampai anak pertamanya lahir.

Kebutuhan sehari-hari selama setahun akan ditanggung oleh keluarga perempuan. Hal ini bertujuan agar pengantin tidak kesusahan saat tahun-tahun pertama menikah.

Bagaimana dengan pengantin pria? Dia punya kewajiban untuk membawa pulang daging ketika hari meugang (munggahan).

Dalam praktiknya, orang tua pengantin pun turut menentukan jumlah mayam yang harus dibayar. Ada negosiasi berapa yang harus dibayarkan oleh pengantin pria. Kalau sudah selesai, itulah yang harus dibayarkan. Kalau orang tua yang mempelai wanita tidak menyukai calonnya, mereka akan mengajukan mahar sebanyak 100 mayam.

Berbicara tentang mahar, koin Nusantara bisa jadi pilihanmu untuk dijadikan mahar. Selain terbuat dari emas murni, desain koin ini terinspirasi dari budaya Indonesia dan dinar.

Koin Nusantara merupakan koin yang dicetak oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) untuk Treasury. Ada dua edisi, yaitu Edisi 1 Dinar yang berukuran 4,4 gram. Edisi 1 Dinar ini terinspirasi dari Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang dan keindahan kain tenun pandai sikek.

Edisi yang kedua adalah Edisi 0,5 Dinar. Koin ini terinspirasi dari Lombok—Kota Seribu Masjid. Terdapat gambar Masjid Islamic Center NTB dan motif kain subhanale—kain songket yang dibuat perempuan yang ditujukan khusus bagi pasangannya.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!