Transfer Emas, Tren Ngamplop Baru untuk kamu!



Coba, siapa di sini yang sering banget jadi telat ke kondangan gara-gara sibuk muterin gedung nyari warung yang jual amplop demi bisa ngasih kado untuk mempelai?

Faktanya, 7 dari 10* orang yang sempat Treasury tanya, mengaku tidak menyediakan amplop kosong di mobil atau tas untuk momen seperti ini.  kamu juga termasuk?

Tradisi memberi amplop atau seringkali disebut, ngamplop merupakan bagian dari tradisi menikah di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya nih, memasuki bulan berakhiran -ber seperti sekarang, (September, Oktober, November dan Desember) bisa dipastikan kamu akan menerima banyak sekali undangan pernikahan.

Untuk menghadapinya, selain mempersiapkan mental -untuk kamu yang masih sendiri, atau mempersiapkan pakaian -biar nggak kesannya itu lagi itu lagi, kamu juga harus mempersiapkan budget agar keuangan bulanan tidak terganggu. Bayangkan, jika menghadiri pernikahan seminggu sekali, bisa-bisa jajan kopi kamu mesti dikurangi tuh!

Amplop-amplop ini lalu dimasukkan ke dalam kotak yang terletak di pintu masuk acara, biasanya ada di dekat meja tempat kita mengisi buku tamu. Di beberapa tempat, kotak ini juga diberi nama, “Orang Tua” dan “Mempelai”. Hasil dari masing-masing kotak, akan menjadi milik mereka tanpa harus dibagi (umumnya, biaya pernikahan di Indonesia memang masih patungan dengan orang tua), jadi kamu harus pilah-pilih, ke mana uang kamu akan diberikan.

Ada juga tradisi memberikan nomor di amplop, nomor ini disesuaikan dengan nomor nama kamu di buku tamu. Tujuannya, untuk memastikan, berapa jumlah uang yang diberikan agar kelak bisa dibalas, saat kamu atau anak kamu menikah. Jadi pastikan untuk memberi uang dalam jumlah yang cukup dan tidak malu-maluin agar tidak diomongin di belakang :)

Meski sering dihubungkan dengan uang, tapi ternyata dulu, uang bukanlah isi utama dari amplop. Ya, meski namanya ngamplop, tapi di beberapa daerah amplop itu datang bukan dalam bentuk kertas putih, melainkan dalam bentuk besek yang biasanya berisikan bahan makanan atau hasil alam. Unik ya!

Nah, dilihat dari paparan di atas, kita bisa menyimpulkan nih, bahwasanya, lupa membawa amplop saat menuju kondangan itu adalah cukup mengganggu dan bahwa ternyata, kita nggak mesti memberi amplop dalam bentuk uang

Pas banget nih sama fitur Transfer Gold-nya Treasury. kamu kini tidak perlu repotmembeli amplop lalu memberikan hadiah dalam bentuk uang, karena lewat fitur Transfer Gold ini, kamu bisa memberi hadiah bermanfaat pada orang terkasih. Yuk coba ajak teman yang akan menikah dalam waktu dekat untuk mengunduh alikasi Treasury, agar kamu bisa memberikan hadiah Emas untuk menemaninya memulai hidup baru dengan bekal yang cukup!

 

*hasil interview ke 10 responden, 23-30yo di Jakarta Selatan