Yuk Belajar Jadi Sosok Minimalist Lifestyle, Gaya Hidup Seimbang antara Investasi dan Berbagi



Sobat Treasury, salah satu gaya hidup yang bisa kamu terapkan dalam keseharian adalah menjadi sosok dan pribadi yang minimalist lifestyle. Minimalist lifestyle adalah strategi yang kamu butuhkan jika ingin segera mencapai tujuan dalam hidup. Melalui gaya hidup minimalis ini, kamu bisa menjalani rutinitas sehari-hari dengan sederhana.  

Menurut Joshua Becker dalam tulisannya berjudul what is minimalism?, menuliskan bahwa Minimalism adalah memiliki lebih sedikit harta benda. Minimalis adalah hidup dengan memiliki benda yang benar-benar dibutuhkan dalam mendukung sebuah tujuan seseorang sehingga dapat lebih fokus dalam mencapai tujuan. Jadi, minimalist lifestyle adalah gaya hidup pilihan seseorang dalam mencapai tujuan.

 

Apa Saja Manfaat Minimalist Lifestyle?

Gaya hidup minimalis memiliki beberapa manfaat, diantaranya seperti membuat hidup lebih bahagia, dapat menabung, dapat membantu sesama manusia yang kekurangan. Gaya hidup ini adalah mampu membebaskan diri dari rasa ingin memiliki yang begitu besar, terbebas dari Modern Mania, dan dapat terbebas dari gaya hidup hedonis. 

 

1. Bisa Mengurangi Stres

Konsep minimalist living percaya bahwa kehidupan yang lebih sederhana dapat membantu seseorang untuk berfokus pada hal-hal penting. Oleh karenanya, seseorang dianggap bisa lebih mengelola tingkat stres dengan mengurangi kekacauan dan kebingungan yang disebabkan oleh kepemilikan barang berlebihan.

 

2. Sehat secara Finansial

Selain membawa ketenangan dalam hal fisik dan mental, minimalist lifestyle juga memiliki dampak positif yang signifikan pada kesehatan finansial seseorang. Minimalist lifestyle mengajarkan nilai-nilai seperti hemat, investasi yang bijak, dan pengurangan utang berlebihan. 

 

3. Lebih Percaya Diri

Hal ini membantu menciptakan kestabilan finansial jangka panjang dan memungkinkan seseorang untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi dengan lebih percaya diri.  Dengan hidup sederhana, seseorang dapat merasakan kebebasan finansial yang sejati, mengurangi stres keuangan, dan merencanakan kehidupan yang lebih aman secara finansial.

 

Lalu Bagaimana Cara Menerapkan Gaya Hidup Minimalis?

Hidup minimalis bukan hidup kekurangan, namun hidup dengan secukupnya dan membebaskan diri dari segala tekanan. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang punya mindset lifestyle minimalist. 

 

1. Belajar Bersyukur, Appreciate What You Have

Hal penting pertama yang kamu tanamkan dalam mindset menjadi seorang minimalis selalu mengapresiasi, berterima kasih, dan hanya berfokus pada hal yang positif. Daripada kamu menghabiskan banyak waktu untuk scroll media sosial, lebih baik jika kamu menuliskan hal apa saja yang kamu syukuri pada hari tersebut. Kamu  bisa mencoba berterima kasih pada berbagai hal yang kamu rasakan pada pagi hari dengan memiliki perasaan yang positif. Hal ini akan membantu kamu untuk menyiapkan motivasi dan semangat untuk menjalani hari. 

 

2. Shop Quality, Not Quantity

Menjadi seorang minimalis bukan berarti kamu tidak pernah berbelanja, namun kamu harus lebih sadar atas segala pembelian yang kamu lakukan. Ketika kamu membutuhkan barang baru, seperti pakaian dan sepatu kerja, maka berinvestasilah pada barang berkualitas yang akan bertahan dalam waktu lama. Meskipun kamu harus membeli sesuatu yang jauh lebih mahal, namun kamu bakal lebih menghemat uang dalam jangka panjang untuk mengurangi pembelian barang. 

Orang minimalis perlu mengidentifikasi barang-barang yang sesuai dengan tujuan hidupnya. Dari hal tersebut, kamu  bisa mulai membuang barang yang tidak menambah nilai terhadap hidup kamu. 

 

3. Invest in Experiences

Praktik populer dalam minimalist lifestyle adalah memprioritaskan pengalaman daripada membeli barang material. Beberapa orang lebih bisa menghargai sebuah kenangan dari perjalanan atau pembelajaran dibandingkan membeli gadget maupun model pakaian terbaru. Dengan begitu, kamu lebih bisa memberikan makna atas setiap pengeluaran yang kamu keluarkan. Seorang minimalis bisa menggunakan kelebihan dana yang ia miliki untuk membelanjakan sesuatu yang memang dianggap lebih berharga dari sebuah barang.

Sebagai contoh, kamu bisa menghemat anggaran membeli kopi bersama teman-teman untuk kamu investasikan dan digunakan saat berlibur bersama keluarga atau orang tercinta saat akhir pekan. Sehingga kamu bisa menabung dan menghabiskan waktu dan uang. 

 

4. Berusaha Membantu Sesama

Gaya hidup minimalis juga dapat membuat kita lebih peka dengan sekitar, sehingga kita dapat melihat hal yang mungkin selama ini tidak kita lihat. Dengan mengubah gaya hidup menjadi minimalis kita bisa mengurangi barang yang tidak kita butuhkan dan masih layak digunakan untuk diberikan kepada orang lain.

Semakin banyak memberi niscaya hukum alam akan membuat kamu banyak mendapatkan rezeki. Sebab The Power of Gift akan berimbas bahwa kamu akan berupaya sekuat mungkin bagaimana bisa mencari yang lebih agar bisa membantu sesama. Dengan cara ini, minimalist lifestyle membantu menciptakan ikatan sosial yang kuat dan memberikan rasa kesejahteraan yang mendalam melalui tindakan berbagi.  Jadi, meskipun hidup dengan sederhana, kita tetap dapat berdampak positif pada dunia di sekitar kita.

 

5. Belajar Investasi Mulai dari yang Mudah dan Murah

Gaya hidup sangatlah berpengaruh dengan kondisi finansial seseorang. Dan gaya hidup berlebihan dapat memberi dampak buruk terhadap uang yang dimiliki. Jika dibuat perhitungan dari gaya hidup berlebihan, kemungkinan akan mengeluarkan biaya yang lebih besar daripada pemasukan. Sehingga menabung dan melakukan investasi adalah cara yang baik untuk menerapkan gaya hidup minimalis. Cara investasi yang bisa dicoba dan memberikan keuntungan adalah dengan berinvestasi investasi emas.

 

Kamu bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp 5.000an di Treasury! 

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!