Tips Menghitung Dana Pensiun👴🏻👵🏻



Seiring dengan berjalannya waktu, banyak dari kita yang mulai memikirkan soal pensiun. Di mana kita akan menghabiskan masa tua, apa yang akan kita lakukan kelak atau cukup kah uang yang kita kumpulkan sekarang untuk menemani masa tua nanti? Karena faktanya, masih banyak orang tua yang masih harus bekerja di usia senjanya akibat tidak punya cukup pegangan untuk hidup nyaman.


Mumpung masih muda dan masih produktif, ada baiknya kita juga mulai memikirkan urusan keuangan di hari nanti, biar bisa menjalani masa tua dengan tenang. Hindari keinginan untuk bergantung pada anak-anak kelak. Ingatlah cita-cita mulia kita untuk memutus mata rantai Sandwich Generation!


Sebenarnya, berapa sih jumlah dana yang dibutuhkan untuk pensiun yang tenang? Kalau Treasury bilang , semakin banyak dana yang terkumpul, tentu makin baik. Namun, idealnya, dana pensiun yang harus disiapkan adalah jumlah dari pengeluaran bulanan dikali estimasi umur hidup.


Menilik dari data Badan Pusat Statistik RI, angka harapan hidup masyarakat adalah 71 tahun. Jika kamu ingin pensiun di usia 50 tahun, kamu punya waktu sekitar 21 tahun untuk menjalani hidup tanpa gaji bulanan. Berarti dana pensiun kamu adalah pengeluaran rutin bulanan x 12 (jumlah bulan dalam setahun) x 21 (tahun)


Jika dalam sebulan pengeluaranmu adalah sekitar 5juta, maka dana pensiun yang harus disiapkan adalah: 5 juta x 12 x 21 = Rp 1.260.000.000 .


Lalu, gimana caranya kita bisa mengumpulkan dana pensiun? Nih coba simak tips yang Treasury lansir dari berbagai sumber:


1. Kontrol Pengeluaran

Salah satu hal yang paling penting karena berimbas pada besaran simpanan yang bisa kamu sisihkan. Hindari pola hidup konsumtif yang membuat biaya hidup jadi tinggi. Sesekali menyenangkan diri sendiri boleh, tapi jangan terlalu sering ya!


2. Cari Penghasilan Tambahan

Mumpung masih muda dan produktif, coba cari sumber pemasukan lain di luar gaji yang bisa membantumu memenuhi pundi-pundi dana pensiun. Cari pekerjaan sampingan yang tidak terlalu berat hingga mengganggu pekerjaan utama ya. Dana lebihan ini, sebaiknya tidak digunakan untuk bersenang-senang, tapi langsung disisihkan untuk disimpan demi masa depan.


3. Buat Simpanan Pensiun Terpisah

Sebaiknya, kamu memiliki tempat sendiri untuk menyimpan dana pensiun yang terpisah dari simpanan dana darurat atau simpanan lain. Agar kamu tahu, berapa jumlah dana yang terkumpul hingga saat ini dan bisa memotivasimu untuk menyimpan lebih banyak lagi


4. Simpanan Emas, Terbaik

Salah satu cara untuk mengumpulkan dana pensiun adalah dengan #PunyaSimpenan Emas. Karena nilainya yang selalu naik dari tahun ke tahun, sehingga bisa menjaga keuanganmu tetap ok di masa depan. Kamu bisa mulai menyimpan Emas dalam bentuk digital, dengan cara dicicil semampunya. Biar lebih mudah, gunakan fitur Rencana Emas di Treasury, tinggal setor tiap bulan, Emas pun ngumpul tanpa tercampur dengan simpanan lain.


5. Lakukan Sedini Mungkin

Semakin muda kamu memulai, semakin kecil angka yang harus disisihkan. Dan sebaliknya, jika terus ditunda, maka angkanya juga akan semakin besar. Jadi, yuk mulai kumpulkan dana pensiun walau kamu masih (merasa) muda.

Jadi, sudah siap untuk pensiun?