Cara Gampang Bedakan Emas Batangan Asli atau Palsu



Halo sobat Treasury, investasi emas sampai saat ini adalah salah satu instrumen investasi favorit banyak orang. Selain bentuknya yang sederhana, investasi emas juga memiliki banyak keuntungan. Apalagi di tahun 2024 ini banyak pengamat menyebut adalah tahun ideal untuk investasi emas di tengah geopolitik dan gejolak ekonomi yang tak menentu.

 

Kenapa harus investasi emas tahun ini? Tentu saja emas adalah aset yang tahan terhadap gejolak serta inflasi, dan malah naik nilainya saat ekonomi bergejolak ketimbang instrumen lain. Apalagi investasi emas batangan punya sifat cair dan gampang dijual kapanpun dibutuhkan jadi uang tunai. 

 

Namun untuk memilih emas batangan tetap kamu harus hati-hati sebelum membeli agar tak tertipu. Berikut adalah cara gampang membedakan emas batangan asli atau palsu: 

 

Langkah pertama yang harus kamu perhatikan bentuk fisik emas. Yaitu bisa melihat tanda-tanda khusus pada emas murni atau batangan. Berikut ciri-cirinya.

 

1. Tenggelamkan di Air

 

Emas asli punya tingkat kepadatan alias tidak enteng. Maka cobalah menjatuhkan emas ke dalam air. Apabila emas tersebut tenggelam, maka emas tersebut asli.

 

2. Tidak Tertarik Magnet

 

Emas asli tidak akan tertarik oleh magnet jika kamu dekatkan. Hal ini dikarenakan emas memiliki sifat non magnetis. Apabila emas tertarik magnet, maka bisa dikatakan itu emas palsu.

 

3. Emas Merupakan Konduktor yang Baik

 

Konduktor merupakan benda yang memiliki sifat penghantar panas. Emas merupakan bahan yang memiliki sifat konduktor di bawah tembaga dan perak.

 

Maka, tidak heran jika emas menjadi bahan pembentuk chip pada laptop atau komputer, bahan pelindung kaca helm astronot, dan bahan pembentuk pesawat.

 

4. Tidak Korosif

Karakteristik emas asli yang lain adalah bahwa emas tidak bersifat korosif. Ini berarti emas murni tidak akan mengalami oksidasi atau berkarat seiring berjalannya waktu. Kamu bisa menguji ini dengan menggosokkan emas ke kulit Anda. Jika emas palsu akan meninggalkan bekas warna hijau atau hitam pada kulit Anda, sedangkan emas asli tidak akan berubah warna.

 

5. Emas Asli Tidak Bau Amis 

 

Salah satu tanda emas palsu adalah baunya yang amis. Logam palsu seperti kuningan atau tembaga seringkali memiliki bau amis atau bau karatan. Emas asli, meskipun terkena air atau bahkan direndam dalam air dalam waktu yang lama, tidak akan mengeluarkan aroma amis. Jadi, Anda dapat mencium emas Anda untuk memeriksa apakah itu asli atau palsu.

 

 6. Tidak Berubah Warna Jika Digosok

  

ika ingin membuktikan emas tersebut asli atau palsu, maka cobalah menggosoknya dengan telapak tangan. Setelah digosok, coba amati. Apabila warnanya pudar, maka emas tersebut bisa dikatakan palsu.

 

Cara selanjutnya adalah dengan menggores emas pada keramik atau kertas. Apabila digoreskan tidak meninggalkan bekas di keramik, maka bisa dikatakan emas tersebut asli.

 

7. Teteskan Asam Nitrat

 

Cara selanjutnya dengan meneteskan asam nitrat ke dalam emas, setelah itu coba lihat reaksinya. Apabila berubah warna menjadi hijau, maka emas tersebut sebenarnya besi yang diberi lapisan emas. Apabila berubah warna menjadi kuning, maka logam tersebut sebenarnya kuningan yang telah dilapisi emas.

 

Kemudian jika emas tersebut berubah warna seperti susu, maka sebenarnya perak yang telah dilapisi emas. Tetapi jika emas tersebut tidak berubah warna, maka bisa dikatakan kalau itu emas asli. Jika kamu menggunakan asam nitrat, perlu berhati-hati karena cairan ini cukup berbahaya bagi pernapasan.

 

8. Coba Gigit Emas

 

Emas murni adalah logam yang relatif lunak. Ini berarti emas mudah dibentuk dan ditempa. Meskipun sifat ini membuatnya kurang ideal sebagai perhiasan karena bisa berubah bentuk dengan mudah, itu juga memudahkan pengujian. Kamu bahkan bisa mencoba menggigit emas tersebut. Jika ada bekas gigitan pada emas, itu adalah emas asli. Emas palsu tidak akan meninggalkan bekas gigitan.

 

9. Menguji dengan Suara

 

Emas merupakan logam padat. Meskipun begitu, emas memiliki suara nyaring dengan nada tinggi apabila dijatuhkan ke keramik, diketuk, atau jatuh ke permukaan yang keras. Apabila kamu menjatuhkan ke permukaan logam, maka suaranya akan lebih nyaring.

 

10. Karat dan Tanda Emas

 

Emas asli diukur dengan menggunakan satuan karat. Emas murni memiliki nilai 24 karat, yang berarti 99,9% emas murni. Emas murni sangat jarang karena emas yang digunakan untuk perhiasan biasanya dicampur dengan logam lain untuk membuatnya lebih kuat. Kode emas seperti 18K, 14K, atau 10K menunjukkan proporsi emas murni dalam campuran. Semakin kecil angka karatnya, semakin banyak logam campuran yang ada dalam emas.

 

11. Cek Sertifikat

 

Apabila ragu emas kamu asli atau tidak, maka cobalah membawanya ke butik Antam LM atau Untung Bersama Sejahtera (UBS) terdekat. Petugas akan mengecek keaslian emas dan kadar emas yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kamu juga dapat membedakan emas batangan Antam asli dan palsu menggunakan aplikasi cek emas asli CertiEye.

 

 12. Cari Tempat Resmi dan Berizin

 

Jika ingin aman bila membeli emas, maka kamu bisa membeli di toko resmi atau aplikasi toko fisik seperti Butik Antam LM. Kamu juga dapat membeli emas digital di toko resmi selain emas batangan atau perhiasan, kamu juga dapat membeli emas digital tanpa perlu menyimpan fisiknya. Tentunya aplikasi yang berizin resmi yah.

 

Hal tersebut akan membantu kamu mempermudah menyimpan emas fisik tanpa berisiko. Menyimpan emas digital dapat menjadi solusi menabung tanpa perlu khawatir mengecek keaslian fisiknya karena dapat membeli lewat aplikasi saja seperti di Treasury.

 

Dan kabar baiknya, di Treasury kamu bisa membeli Emas 24 (dua puluh empat) Karat asli bersertifikasi PT Untung Bersama Sejahtera dengan kadar 99,99% (sembilan puluh sembilan koma sembilan persen), dan setiap kali kamu mencetak Emas, ataupun mencetak dan membeli Koin Nusantara, kamu akan menerima sertifikat keaslian dari PT Untung Bersama Sejahtera.

 

DI Treasury juga bisa membeli emas dengan gramasi rendah mulai Rp5.000-an. Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!