Tips Libur Lebaran Hemat, Dijamin Dompet Nggak Nangis



Sobat Treasury, apakah kamu sudah mempersiapkan libur lebaran tahun ini?

Bicara soal libur Idul Fitri, pemerintah menetapkan cuti bersama Lebaran sebanyak lima hari, yaitu 19-21 April 2023. Semula, cutinya jatuh pada 21-26 April 2023. Masyarakat kerap menggunakan momen cuti untuk pulang kampung dan berlibur dengan keluarga. Akan tetapi, momen liburan itu sering membuat dompet dan cadangan uang menipis. Ini bisa terjadi kalau yang bersangkutan tidak cermat mengatur uang.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa hemat saat berlibur? 

Pertama, menganggarkan pos khusus liburan. Anggaran ini berisi biaya-biaya yang kamu perlukan untuk berlibur, seperti transportasi, makan, hingga oleh-oleh. Sebaiknya kamu menyisihkan uang untuk libur Lebaran dari jauh-jauh hari—ada praktisi yang menyarankan pos liburan ini sebanyak 7 persen dari pengeluaran bulanan. Hal ini bertujuan agar tidak membebani keuanganmu. Dengan begitu, Sobat Treasury tidak perlu menghabiskan banyak uang THR hanya untuk liburan. Uang THR pun bisa kamu alokasikan ke tempat yang lainnya, seperti investasi dan dana darurat. 

Kedua, merencanakan liburan. Anggaran sudah dibuat? Saatnya merencanakan liburan. Langkah selanjutnya adalah menentukan tempat untuk berlibur bersama keluarga. Nah, di sini kamu bisa menentukan tempat wisata. Sebaiknya cari yang sesuai dengan anggaran. Kamu bisa memilih lokasi yang tiketnya tidak mahal atau gratis. Ini bisa menghemat pengeluaran.

Tentukan juga transportasi yang akan digunakan ke tempat liburan. Apakah akan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum? Ada berapa orang yang akan berlibur? Kemudian, tentukan juga apakah kamu dan keluarga akan menginap? Jika menginap, Sobat Treasury bisa menentukan apakah menginap di vila atau hotel. Pastikan juga hotel atau vila tidak terlalu jauh dari tempat wisata atau fasilitas umum lainnya.

Ketiga, mencari harga yang terbaik. Agar makin hemat, Sobat Treasury bisa mencari promo-promo seputar wisata yang kamu inginkan, seperti diskon voucher hotel.

Keempat, membawa makanan dan minuman sendiri. Perlu diingat, biasanya harga makanan dan minuman di tempat wisata lebih mahal daripada tempat lainnya. Agar makin hemat, Sobat bisa membawa bekal sendiri dari rumah, baik makanan berat atau ringan. Dengan begitu, kamu bisa menekan biaya liburan. Sisanya bisa kamu alokasikan ke tambahan dana darurat dan investasi untuk masa depan.

Bicara tentang tabungan, kamu bisa menyimpan uang sisa penghematan liburan atau sisa THR ke emas.

 

Mengapa emas?

Logam mulia ini bisa membantumu untuk melindungi uang dari inflasi. Jadi, nilai harta yang kamu punya tidak berkurang. Harga emas cenderung stabil dibandingkan dengan instrumen lainnya. Bahkan, harganya naik setiap tahun! Lumayan, kan, THR dan sisa dana libur Lebaran kamu bisa makin cuan!

Di samping itu, Sobat juga bisa mencairkan emas menjadi uang tunai dengan cepat dan mudah ketika sedang butuh. Makanya, banyak orang menjadikan instrumen itu sebagai dana darurat. Kamu juga bisa membelinya dengan mudah. Tidak perlu repot ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone.

 

Treasury Jadi Platform yang Tepat untuk Investasi Emas 

Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas. Harga logam mulia yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Ada banyak keuntungan yang ditawarkan Treasury, seperti jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi yang dimiliki dan sudah terdaftar di otoritas terkait sehingga legalitas dan keamanannya terjamin. 

Di samping itu, kamu bisa menjual emas digital kapan pun sedang butuh. Sobat juga mencetaknya menjadi logam mulia batangan. 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!