Apakah Kamu Punya 5 Ciri-ciri Di Bawah Ini? Selamat! Kamu Sudah Stabil Secara Finansial



Sobat Treasury, tentunya tak menjadi orang punya banyak harta bisa jadi tak menjamin ketenangan kalau belum mampu mengatur keuangan dengan baik.  Memiliki pendapatan yang besar, tidak selalu menjamin jika dirimu dapat memiliki stabilitas finansial ini. Karena tanpa pengelolaan keuangan yang baik, niscaya pondasi keuangan kamu bakal berantakan. 

Untuk mengatur keuangan memang butuh perjuangan, tetapi apakah kamu tahu bahwa ada tanda-tanda yang bisa menunjukkan kamu telah mencapai stabilitas finansial? Apa saja sih ciri-ciri orang sudah stabil secara finansial itu? 

 

1. Punya Rencana Keuangan yang Jelas

Salah satu poin penting pertama yaitu punya rencana keuangan yang jelas. Jika kamu sudah memiliki rencana yang mencakup tujuan keuangan jangka pendek dan panjang, itu artinya kamu sedang berada di jalur yang benar. Rencana ini membantu kamu untuk fokus dan mengelola uangmu dengan bijak.

Mengembangkan kebiasaan perencanaan keuangan yang bijak akan membuat kamu semakin disiplin dalam mengatur uangmu, lho! Kedisiplinan ini sangat penting untuk membuat keputusan keuangan yang baik, menahan diri dari pengeluaran impulsif, dan tetap berkomitmen pada tujuan keuangan jangka panjang. 

 

2. Punya Pondasi Kuat Dana Darurat 

Poin kedua dari stabilitas finansial adalah keberadaan dana darurat yang cukup. Jika kamu memiliki tabungan dana darurat yang dapat menutupi pengeluaran hidup selama minimal tiga hingga enam bulan, itu menunjukkan bahwa kamu telah melakukan langkah bijak dalam menghadapi ketidakpastian keuangan.

Dana darurat berfungsi penting untuk  antisipasi kerugian sehingga tidak perlu menggadaikan apapun atau mencari pinjaman. Dana darurat membuat hidup menjadi lebih tenang dan terjamin.

 

3. Disiplin Bayar Tagihan dan Utang

Poin selanjutnya kamu sudah stabil dalam keuangan adalah punya kemampuan untuk membayar tagihan rutin dan mengelola utang dengan nyaman adalah tanda keuangan yang sehat. Jika kamu bisa melunasi tagihan tepat waktu dan mengurangi utangmu secara teratur,  

 

4. Punya Pemahaman yang Baik tentang Pengeluaran

Hal krusial lainnya adalah mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginanmu, itu menandakan bahwa kamu memiliki pemahaman yang baik tentang pengeluaran. Stabilitas finansial datang dari kebijaksanaan dalam mengelola uang, dan dengan dapat memprioritaskan kebutuhan sebelum keinginan, kamu sedang menciptakan dasar yang kokoh untuk keuanganmu.

Pikirkan kembali sebelum membeli barang baru. Ingat alasan mengapa kamu ingin belanja. Belilah sesuatu karena kamu benar-benar membutuhkannya, bukan karena trend atau bosan.

 

5. Investasi yang Bijak

Investasi adalah kunci untuk membangun kekayaan jangka panjang. Jika kamu sudah mulai berinvestasi, entah itu saham, reksa dana, atau properti, itu menandakan bahwa kamu memahami pentingnya membuat uangmu bekerja untukmu. Kamu tidak perlu menjadi ahli keuangan untuk memulai, cukup dengan memahami jenis investasi yang sesuai dengan tujuanmu.

Tentu untuk mencapai titik stabilitas finansial tidak mudah. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri dengan hal yang paling kecil dan mudah terlebih dahulu. 

 

Soal investasi, kini, kamu bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp 5.000an di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!