5 Jalan Ninja Agar Tanggal Tua Tak Jadi Bencana Buatmu



Sobat Treasury, bagi sebagian kalian mendengar kata tanggal tua menjadi hal yang bikin males kan? Karena memang biasanya, tanggal tua terjadi ketika sudah melewati minggu ketiga setelah gajian uang gajian sudah menipis bahkan nyaris habis.. Bahkan, ada juga sih yang merasakan sebelum minggu sudah kehabisan uang sehingga terpaksa berutang.. Kalau sudah merasakan tanggal tua, itu pertanda kamu harus meminimalisir pengeluaran harian ya!

Lalu, bagaimana agar mendengar kata tanggal tua bukan menjadi bencana buat kamu? Berikut ada 5 tips agar tanggal tua tidak menjadi kalimat mengerikan buat kamu!

 

1. Buat Rencana Keuangan

Cara pertama ini adalah cara mendasar dan pondasi yah! Kamu harus detail dan teliti membuat rencana keuangan bulanan.. Kamu bisa gunakan catatan kecil tenang apa saja yang menjadi tanggung jawab kamu setiap bulan dan apa yang menjadi kebutuhan kamu selama sebulan ya.

Catatan ini juga berguna untuk mengelola dan memilah apa yang kamu inginkan dan butuhkan. Supaya tidak terjebak dalam keinginan semu yang membutakan sekaligus menipiskan rekening, kamu harus lakukan cara ini ya! Biar tidak menyesal di akhir bulan lho.

 

2. Belajar Berhemat Sebisa Mungkin

Belajar berhermat bukan berarti harus pelit yah. Kamu bisa memakai jatah pulsa dan internet bulanan kamu seperlunya saja. Atau kamu bisa menyiasati dengan membawa bekal makanan sendiri ke kantor adalah tips mudah yang dapat kamu jalankan ketika tanggal tua tiba. Memasak atau menyiapkan bekal makanan sendiri dapat memangkas biaya makan siang kamu dapat menghemat Rp 30 ribu hingga 50 ribu per harinya jika tidak membeli makanan dari luar.  

 

3. Berburu DIskon dan Promo 

Tips selanjutnya untuk menyiasati “kekeringan” di tanggal tua adalah dengan memanfaatkan promo untuk membeli keperluan membeli makanan atau transportasi. Biasanya, banyak merchant atau e-commerce yang memberikan diskon promo di tanggal tua. Dengan memanfaatkan diskon tersebut, Kamu dapat menghemat kurang lebih 20% - 30% dari pengeluaran harian Kamu. Untuk mendapatkan promo, Kamu harus rajin untuk mencari informasi tersebut ya!

 

4. Jangan Bergantung pada Satu Jenis Pemasukan

Ada baiknya jika kamu tidak hanya mengandalkan gaji sebagai pemasukan utama, tetapi juga memiliki bisnis atau pemasukan sampingan. Jika kamu memiliki keahlian atau hobi, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai pekerjaan sampingan, contohnya pengajar, barista, desain, fotografi, menjajal bisnis thrift shop, penulis lepas dan lain sebagainya.

 

5. Mulai Menabung dan Berinvestasi

Penting untuk memiliki uang tabungan. Idealnya adalah kamu menabung segera setelah menerima pendapatan, bukan setelah selesai membayarkan semua biaya. Ketika kamu memiliki kebiasaan menabung di awal menerima uang, kamu akan terbiasa mengeluarkan biaya sesuai yang tersisa.

Cara ini juga menjadi langkah yang efektif dalam menekan pengeluaran. Ketika kamu sadar tidak ada lagi uang yang bisa kamu pakai, maka kebiasaan nongkrong dan membeli makanan akan berkurang.

 

Selain itu, jika kamu sudah melakukan kelima tips di atas ada baiknya kamu juga menjajal investasi. Kamu bisa melakukan investasi mulai dari nominal yang kecil.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an

Treasury menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Legalitas dan keamanannya nggak perlu kamu ragukan. Kamu bisa membelinya secara online melalui aplikasi smartphone. Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas! Apalagi di Treasury kamu bisa beli emasi mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu atau bahkan semangkuk mie ayam!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. 

Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!