Terlanjur Nikahi Generasi Sandwich? 5 Cara Ini Ampuh Lepas dari Jeratannya



Halo Sobat Treasury, fenomena sandwich generation atau generasi sandwich seperti mata rantai yang sulit diputus. Minimnya literasi keuangan menjadi salah satu pemicu utama seseorang terjebak dalam kondisi ini. Hingga akhirnya, banyak hal harus dikorbankan, tak hanya finansial namun juga emosional.

Seperti jebakan, menjadi bagian dari generasi sandwich rasanya sulit dilepas karena warisan dari dua generasi yang berbeda secara bersamaan yaitu orang tua hingga kakek-nenek yang tak punya persiapan keuangan sehingga membebani anaknya dan berimbas pada cucu dan cicitnya.  

Faktanya banyak orang terjebak dari generasi sandwich justru saat sudah menikahi pasangannya dan harus menanggung beban keluarga pasangan. Sehingga memberikan dampak negatif terhadap kondisi pernikahan, kesehatan, menimbulkan stres, kecemasan, dan kesedihan karena harus merawat orang tua dan mertua. 

Guna memutus mata rantai ini ada sejumlah cara yang harus kamu lakukan agar tak terjebak terlalu dalam menjadi Generasi Sandwich.

 

1. Jangan Malu dan Jujur soal Keuangan

Beberapa korban generasi sandwich mungkin memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan baik tentang masalah keuangan, baik karena bahasa yang digunakan, kurangnya keterampilan komunikasi, atau masalah kesehatan mental. Mereka mungkin merasa malu atau merasa kurang percaya diri untuk membahas masalah keuangan mereka karena ada stigma di sekitar topik ini atau karena mereka merasa dihakimi oleh anggota keluarga lainnya.

 

2. Atur Gaya Hidup

Gaya hidup seringkali menjadi akar dari segala permasalahan keuangan. Sebab, penghasilan akan dengan mudah habis dalam sekejap hanya demi mengikuti tuntutan dan tren sosial. Padahal biaya hidup itu sebenarnya tidak begitu mahal selama kebutuhan pokok bisa tercukupi. Sedangkan yang paling banyak menghabiskan uang adalah membeli gengsi. Itulah sebabnya, gaya hidup yang sehat dan hemat berperan krusial bagi para generasi sandwich.

 

3. Atur Ketat Anggaran 

Mulai atur keuanganmu dengan bijak dengan mencatat setiap pengeluaran dan pendapatan dengan hati-hati, kamu dapat mengelola keuangan dengan lebih efektif. Hal ini akan membantu kamu mengurangi pengeluaran yang tidak penting sehingga kamu dapat lebih fokus pada tabungan atau hanya mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang benar-benar penting. 

 

4. Jauhi Utang Sekuat Mungkin

Cara keluar dari sandwich generation selanjutnya adalah berhati-hati dengan utang konsumtif. Setelah mengelola keuangan dengan baik, hal yang perlu kamu lakukan adalah sebisa mungkin menghindari utang, terutama yang bersifat konsumtif. Utang merupakan salah satu akar utama yang menyebabkan terbentuknya generasi sandwich. Banyak anak yang hingga kini menanggung beban hutang orang tuanya di masa lalu.

Maka dari itu, selain mengelola uang yang dimiliki, kamu juga harus bisa mengatur pola konsumsi supaya tidak tergoda untuk berhutang. Ingat, keputusan untuk meminjam dan berhutang pada akhirnya bisa berdampak buruk pada keuangan jangka panjang.

 

5. Investasi dan Bangun Aset

Kamu perlu membangun aset. Utamanya saat tren suku bunga rendah yang mempengaruhi suku bunga tabungan dan deposito. Penting dipahami, investasi generasi sandwich yang cocok tergantung pada kondisi dan kemampuan keuangan keluarga yang bersangkutan. Agar menghindari tabungan kamu tergerus akibat fluktuasi suku bunga dan inflasi ada baiknya kamu memilih skema investasi yang justru menguntungkan saat ada gejolak suku bunga dan ancaman inflasi, salah satunya adalah investasi emas.

 

Nah, bicara soal investasi emas kamu bisa memulainya dengan mudah dan murah yaitu membeli emas mulai dari Rp 5.000an di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!