Tak Punya Penghasilan Tetap Bulanan? Simak Strategi Sukses agar Keuanganmu tak Kocar-kacir



Apakah kamu punya penghasilan tidak tetap dan bukan pegawai formal yang saban bulan gajian? Jangan takut dan khawatir. Banyak entrepreneur dan pengusaha sukses telah menjalani hal ini. Namun mereka tetap berpenghasilan rutin dan terukur. Syaratnya tentunya dengan pengaturan keuangan di tengah pendapatan yang naik turun namun tetap berpenghasilan cukup bahkan dapat menatap masa depan.

Sobat Treasury, banyak enterpreneur sukses meski diawali dalam hidup serba ketidakpastian. Kemampuan mereka mengatur keuangan dengan menyisihkan sebagian keuntungan membuat mereka serasa lebih kaya bahkan dari para pekerja formal sekalipun. Mereka bahkan mampu menyisihkan keuntungan mereka untuk kegiatan sosial, yang bahkan tak mampu dilakukan oleh pemilik gaji bulanan tetap. 

Para pekerja informal dengan gaji tak tetap biasanya punya kemampuan untuk  menyeimbangkan gaya hidup dan rencana di masa depan. Realisasinya memang sulit, tapi jangan salah ketika kamu bisa melewatinya, kamu bakal lebih lebih. Contohnya saja, adakah 10 orang terkaya di negeri ini yang mengawali kariernya sebagai pekerja kantoran? Mereka umumnya pengusaha yang sering menghadapi ketidakpastian pendapatan bulanan namun bisa menaklukannya dengan pengaturan keuangan yang baik.

Sobat Treasury, agar kamu tetap bisa mewujudkan impian keuangan di masa depan meski tak berpenghasilan tetap namun tetap sukses bahkan kaya raya.

 

1. Catat pemasukan dan pengeluaran detail dan rinci

Pembukuan dan pencatatatan pengeluaran sehari-hari adalah kunci penting agar kamu tetap berpenghasilan rutin meski bukan pekerja formal. Semua kebutuhan harian harus detail dicatat berapapun besarannya agar kamu bisa mengukur anggaran sesuai dengan rekam jejak pengeluaran dan pemasukan sebelumnya. 

Buatlah daftar anggaran kebutuhan agar bagi sukses dalam mengatur keuangan. Sebab, dengan memiliki daftar tersebut akan mempermudah untuk mengetahui kemana saja uang milikmu selama ini dikeluarkan.

Ingat, ya, kamu harus disiplin mematuhi anggaran yang sudah kamu buat agar siklus keuanganmu aman dan tak kocar-kacir, Salahsatunya adalah adalah hindari belanja di luar anggaran, apalagi untuk hal yang nggak penting-penting banget.

 

2. Jangan Punya Mindset Tanggal Muda dan Tua 

Mungkin sebagaian teman kamu bisa jalan-jalan dan belanja di tanggal muda, namun buat kamu yang  berpenghasilan tidak tetap tak perlu merasa minder karena mereka justru di tanggal tua banyak yang ngutang sana sini. 

Dengan penghasilan tak tetap kamu harus dapat mengatur pola pikir, baik ketika sedang untung besar dan punya uang banyak bukanlah waktu yang tepat untuk mudah puas apalagi berfoya-foya. Tapi jangan khawatir, kamu tetap dapat bersenang-senang dengan tetap mengukur penghasilan hingga bulan mendatang dan pintar-pintar menyisihkan dana darurat jika suatu saat penghasilan menurun. Dengan alokasi yang tepat maka kondisi finansial kamu akan tetap sehat dan stabil.

 

3. Kamu adalah bos sekaligus pegawai untuk diri sendiri

Meski penghasilanmu tidak tetap, bukan berarti kondisi keuangan kamu berantakan setiap bulan. Patut diingat, sebenarnya kamu adalah bos untuk dirimu sendiri. Karena itu, tidak ada salahnya untuk membuat sistem gaji bulanan untuk diri kamu sendiri.

Pantau pengeluaran kamu dengan ketat selama sebulan dan cari tahu pasti berapa nilai minimal yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dalam sebulan: biaya makanan, transportasi, tempat tinggal, pajak, dan kebutuhan ekstra. Tambahkan nominal realistis untuk pengeluaran mendadak. Nah, inilah nilai gaji yang akan kamu terima. Jika ada surplus di bulan tertentu, silahkan beri diri kamu bonus sebagai hadiah atas pencapaian tersebut.

 

4. Buatlah sejumlah Rekening Terpisah

Ada baiknya kamu juga memecah rekening milikmu jadi 3 yaitu rekening bisnis, kebutuhan pribadi, dan kebutuhan mendadak. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam membuat sistem gaji bulanan untuk dirimu sendiri seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya. 

Dari rekening bisnis ini, transfer lagi nominal yang dibutuhkan ke rekening pribadi dan kebutuhan mendadak, yaitu gaji kamu. Bila sudah memungkinkan, kamu bisa menciptakan satu lagi rekening untuk tabungan rencana masa depan, seperti membayar asuransi, melakukan investasi, dan lain-lainnya.

 

5. Punya alokasi tabungan dan investasi 

Meski penghasilan nggak tetap, kamu mesti mengalokasikan untuk tabungan. Terutama untuk dana darurat. Ini penting, supaya ketika ada hal yang tak diinginkan, kamu nggak mesti kerepotan cari pinjaman sana-sini.

Kamu juga harus pintar-pintar memilih investasi yang aman namun tetap menguntungkan. Contohnya dengan investasi pada emas. Logam mulia ini selain terhindar dari inflasi dan penurunan mata uang, keuntungan investasi emas mudah dicairkan jika sewaktu-waktu kamu butuh dana darurat ataupun kebutuhan mendesak lainnya.  

 

Yuk Panen emas di Treasury

Sobat Treasury, buat kamu yang tak punya penghasilan dan ihgin berinvestasi emas, di Treasury ada fitur baru yang tentunya bikin Sobat makin tambah semangat investasi emas! Sekarang Sobat bisa menumbuhkan asetmu di fitur Panen Emas.

Di fitur Panen Emas, Sobat bisa dapat tambahan penghasilan bonus Emas (gramasi) dengan cukup menyimpannya selama periode tertentu. Bonus emas yang didapatkan merupakan hasil dari pertumbuhan bunga setiap bulannya! Cukup simpan min. 14 hari, sudah bisa dapat bonus emas tiap bulannya! Sekarang ada kenaikkan bunga baru di fitur Panen Emas! Nikmati bunga s.d 9% p.a di fitur Panen Emas!

 

Gimana caranya? Mudah, Sobat Treasury!

Yang pertama kudu Kamu lakukan adalah menaruh saldo awal emas di fitur Panen Emas. Sobat bisa atur jumlah gramasi awal dan tenor waktunya sesuai dengan kenyamanan kamu. Setelah beres di proses awal, cukup kamu diamkan saja deh!

Voila…Setiap bulan Kamu akan dapat bonus emas yang akan di-update secara berkala melalui notifikasi apps dan juga status simpanan Panen Emasmu. Bonus tersebut akan otomatis masuk ke saldo Emas Sobat secara berkala setiap bulannya dengan pertumbuhan bunga yang kamu pilih. Lumayan kaaan buat tambahan penghasilan!😊

Panen-Emas-mobile-800-400-px

Nah, apalagi di Treasury lagi ada promo terbatas: Panen Emas WOW! Hanya berlangsung selama 1-5 Juli 2023, Sobat bisa mendapatkan bonus emas s.d 12% p.a (per tahun) dengan pemilihan tenor 14 / 30 hari!

Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Yuk mulai Panen Emas sekarang!