Sst, Ini Rahasia Kalau Kamu Mau Jadi Kaya



Siapa, sih, yang nggak mau kaya? Kalau ditanya apakah ingin jadi kaya, banyak orang menjawab “ya”. Kalau punya banyak uang, setidaknya hidup bisa sedikit lebih tenang karena tak perlu lagi pusing-pusing memikirkan dana untuk menutup kebutuhannya.

Tapi, impian jadi orang kaya pun tak bisa terwujud kalau kita tidak punya tabungan serta punya gaya hidup yang boros. Padahal, punya tabungan dan gaya hidup hemat bisa membantu kita lebih cepat untuk menjadi orang kaya.

Sobat Treasury bisa menekan pengeluaran kalau bisa menabung dalam jumlah lebih banyak. Ini berarti aset kekayaan bisa bertahan lebih lama. Kalau misalnya kamu naik gaji, seharusnya menabungnya pun bisa lebih banyak. Tapi, pernahkah merasa pengeluaran malah makin naik saat naik gaji?

 

Kendalikan Pengeluaran dengan Kakeibo 

Contohnya, untuk bisa mengendalikan pengeluaran, kamu bisa menerapkan kakeibo. Dikutip dari Cermati, kakeibo ini merupakan cara mengatur keuangan ala Jepang. Teknik ini dipopulerkan oleh wartawan bernama Hani Makoto. Cara mengatur uang ini tak hanya dipraktikkan oleh masyarakat Jepang, tetapi juga dari negara lainnya. Meskipun terkenal etos kerja yang tinggi, masyarakat di sana juga senang berhemat. Mereka lebih senang menabung dan berinvestasi untuk masa depan.


Berikut ini adalah cara mengatur uang dengan kakeibo. 

Pertama, mencatat semua pemasukan secara rinci. Kalau punya sumber penghasilan dari kantor, catat seluruhnya. Misalnya, kamu punya penghasilan dari jualan online dan bisa memasukkan pendapatan di catatan keuangan. Dengan memasukkan penghasilan-penghasilan ini, Sobat Treasury bisa mengetahui pendapatan yang diperoleh. Cara ini bisa mencegah kamu dari sifat boros karena membuatmu tidak bisa seenaknya membelanjakan uang untuk kebutuhan yang tidak perlu.

Kedua, mencatat semua kebutuhan secara rinci. Kamu bisa mencatat secara rinci dan memastikan tidak ada yang terlewat. Kamu bisa mulai dari kebutuhan utama, seperti tagihan listrik, sewa rumah, dan biaya makan. Jangan lupa untuk mencatat kebutuhan masa depan, seperti tabungan dan investasi. Jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan finansial. Pengeluaran lainnya seperti beli baju atau hiburan pun tidak boleh terlupa untuk dicatat.

Ketiga, menyiapkan amplop. Amplop ini akan diisi oleh uang yang akan digunakan untuk membiayai pengeluaran. Sebaiknya masing-masing pos pengeluaran diberikan amplop yang berbeda dan terpisah, kemudian diberi nama di bagian luar. Selain mempermudah pengawasan anggaran, pemisahan amplop ini juga bisa menghindarkanmu dari boros.

Keempat, pengeluaran harian masuk ke dalam catatan. Dalam penerapannya, jangan lupa mencatat semua pengeluaran harian. Catatan pengeluaran harian ini bisa membantumu untuk mengetahui uang mengalir ke mana saja.

Kelima, mengecek rencana pengeluaran pada awal dengan realisasinya. Kamu bisa mengecek apakah pengeluaran sesuai dengan perencanaan. Cara ini bisa dilakukan pada akhir bulan. Periksa kembali pengeluaran yang sesuai dengan tidak. Kalau ada pemasukan tersisa, berarti kamu bisa sukses menerapkan kakeibo dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tentu Tidak Berhasil Kalau Tak Lakukan Ini... 

Tentu penerapan kakeibo ini tidak akan sukses kalau kamu tidak berkomitmen dan berdisiplin dalam menjalankannya. Penerapan gaya hidup hemat pun juga bisa membuatmu sukses menerapkan cara mengatur keuangan ala Jepang. 

Dilansir dari Kontan, Sobat Treasury juga bisa menerapkan gaya hidup hemat `next level`, yaitu frugal living. Berhemat dalam gaya hidup ini berarti menunda kesenangan untuk mempersiapkan masa depan. Gaya hidup ini diterapkan oleh sejumlah tokoh, seperti Warren Buffet, Mark Zuckerberg, dan Leonardo DiCaprio. 

Salah satu cara gaya hidup hemat yang bisa dilakukan adalah mengendalikan diri. Banyak orang tak bisa mengendalikan diri sehingga lapar mata. Lapar mata ini bisa memicu keinginan untuk belanja berlebihan. Sebaiknya, prioritaskan kebutuhan utama dibandingkan dengan keinginan. Dengan cara ini, kamu bisa hidup lebih hemat.

 

Cara Ini Juga Bisa Buat Kamu Jadi Kaya 

Investasi pun bisa membuatmu jadi kaya. Emas bisa menjadi pilihan untuk investasi yang minim risiko, tapi memberikan keuntungan yang menjanjikan, seperti harga bisa naik setiap tahun dan nilainya terjaga. Kamu bisa menjadikan Treasury sebagai platform untuk investasi emas. Di sini kamu bisa membeli emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu!

Ada banyak keuntungan yang kamu dapat dari investasi emas di Treasury. Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam. Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. 

Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!