Sst, Ini Kunci Hidup Kaya dan Makmur Sampai Tujuh Turunan



Ah, indahnya jadi kaya. Punya banyak uang, ada tempat tinggal yang layak, dan tak perlu pusing besok masih bisa makan atau tidak.

Siapa yang nggak kepengen coba?

Impian jadi kaya bisa terwujud kalau pandai memanfaatkan penghasilan yang didapatkan. Penulis buku Rich Dad Poor Dad, Robert T. Kiyosaki, menulis ada macam penghasilan, yaitu penghasilan biasa, pasif, dan portofolio. Kiyosaki juga menuliskan bahwa kepiawaian ini juga merupakan kunci mencapai kemakmuran.

Investor yang sejati, tulis dia, mengubah penghasilan yang didapatkan menjadi pasif dan portofolio, tulis dia.

Kalau kamu berhasil mempekerjakan uangmu, impian hidup kaya dan sejahtera bisa terwujud. Lalu, bagaimana caranya? Investasi.

Dikutip dari Popmama, investasi dilakukan untuk mengembangkan aset atau uang agar memberikan keuntungan pada masa depan. Kegiatan ini pun makin marak dilakukan oleh generasi muda, termasuk generasi milenial.

Investasi ini tidak hanya bisa membuat masa depan terjamin, tetapi juga memakmurkan keluarga. Membangun hidup bahagia dengan tenang bersama keluarga, tanpa memikirkan biaya hidup pada masa tua, serta tak mencemaskan biaya pendidikan anak cucu.

 

Sebelum Memutuskan Investasi

Dikutip dari Joinan, ada lima hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan investasi. Pertama, kamu harus menentukan tujuan investasi. Ini akan membantumu mengatur strategi yang terbaik.

Kedua, menghentikan gaya hidup yang tinggi. Kamu bisa mulai tidak membeli barang yang dibutuhkan. Meskipun tak ikut tren jaman now, kamu masih akan baik-baik saja. Tinggal atur saja gaya hidup sesuai dengan penghasilan.

Ketiga, mengatur pengeluaran. Pastikan kamu membuat anggaran untuk hiburan dan besarnya tak sampai 50 persen dari total pemghasilan. Atur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari dan dana darurat. Kamu juga bisa menghemat pengeluaran dengan bawa bekal sendiri dari rumah.

Keempat, lunasi utang. Sebisa mungkin lunasi utangmu terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Jika tidak dilunasi, keuanganmu bisa dalam bahaya.

Kelima, mengalokasikan dana. Untuk investasi, alokasikan paling tidak 10 persen dari pendapatan. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang sesuai risiko.

Tapi, kalau baru mulai berinvestasi dan ingin aman, kamu bisa memilih emas sebagai instrumennya.

 

Perhatikan Ini

Setelah memutuskan untuk investasi, selalu gunakan “uang dingin”. Penggunaan uang ini bertujuan agar tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari atau tabungan.

Kemudian, kamu bisa berinvestasi dengan modal yang sedikit. Penggunaan modal yang sedikit tidak akan mengganggu pos-pos anggaran yang lain. Selain itu, pos investasi pun bisa ditambah sedikit demi sedikit.

Saat mulai berinvestasi, jangan terlalu fokus kepada hasil. Memang ada pepatah “high risk, high return”, yaitu semakin besar risiko investasi, maka semakin pula besar hasilnya. Tapi, ini tidak berarti kamu langsung nyemplung ke investasi yang berisiko tinggi.

Kamu bisa memulainya di investasi yang berisiko rendah, seperti emas. Logam mulia ini sudah “punya nama” di masyarakat. Selain gampang dijual, harga emas bisa naik setiap tahun.  Misalnya, dikutip dari Kompas.com, pada 2011, kamu beli emas 10 gram seharga Rp5 juta, lalu dijual seharga Rp9 juta pada 2021. Ini berarti, kamu mendapatkan untung Rp4 juta dari penjualan emas.

Sobat Treasury pun bisa membeli emas secara fisik maupun online. Untuk pembelian secara online, misalnya, kamu bisa membelinya di aplikasi Treasury. Platform ini menawarkan emas dengan harga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Di platform ini pula, emas yang dibeli juga bisa dicetak sebagai emas batangan.

 

Ada banyak keuntungan yang kamu dapat dari investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!