Sobat, Kamu Sudah Merdeka Finansial?



Tak terasa dua hari lagi kita akan menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang nantinya berusia 77 tahun. Biasanya masyarakat merayakan kemerdekaan Indonesia dengan berbagai lomba, mengadakan upacara bendera, dan memasang bendera merah putih di depan rumah. Perayaan ini merupakan wujud hormat kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan negara. Berbicara tentang “kemerdekaan”, apakah kita sendiri sudah merdeka, termasuk secara finansial? Atau jangan-jangan justru isi dompet masih berjuang?

Apa itu mandiri finansial? Mandiri finansial alias financial freedom merupakan kondisi benar-benar terbebas dari masalah keuangan dan tak melulu harus kaya dan punya harta melimpah. Pakar finansial asal Amerika Serikat, Robert T. Kiyosaki, menilai mandiri finansial itu berarti bebas menjadi diri sendiri dan menyukai hal-hal yang disukai.

Tingkat kebebasan finansial tak hanya diukur dengan jumlah aset, tabungan, dan investasi, tetapi juga kebahagiaan dan rasa syukur terhadap pencapaian.Ada beberapa tanda yang dimiliki orang yang merdeka finansial. 

Pertama, memiliki dana darurat. Namanya juga dana darurat, tentu fungsinya untuk meng-cover kebutuhan darurat, seperti mobil yang tiba-tiba harus diservis atau perbaikan rumah karena kebanjiran. Keberadaan dana ini bisa membuat pos tabungan dan investasi aman. Idealnya, dana darurat ini sebanyak 6-12 kali pengeluaran.

Kedua, memiliki dana pensiun. Mempersiapkan dana pensiun sangat penting agar masa tua terjamin. Dengan dana pensiun, generasi sandwich bisa terputus. Sebaiknya masa pensiun mulai dipersiapkan, sejak dini agar tabungan pensiun bisa semakin besar.

Ketiga, ada dana pendidikan anak. Pendidikan merupakan hal yang penting bagi anak. Pendidikan yang baik bisa membantu sang anak agar hidup sukses dan kesejahteraannya bisa terjamin. Uang pendidikan ini sebisa mungkin disiapkan sejak dini karena biaya pendidikan bisa terus naik setiap tahun.

Keempat, tak khawatir dengan masa depan karena sudah berinvestasi. Investasi ini merupakan salah satu cara membantu dirimu bisa lebih cepat merdeka finansial. Dengan investasi, uangmu bisa ikut bertumbuh. Kalau bisa, pilihlah instrumen yang bisa cuan dan mengamankan asetmu dari inflasi. Sobat Treasury bisa memilih emas sebagai instrumen investasi yang bisa membantumu untuk mencapai kebebasan finansial.

 

Mengapa Emas?

Emas merupakan logam mulia yang lekat dengan masyarakat. Bahkan, instrumen ini bisa menjadi andalan bagi mereka yang tengah kepepet.

Logam kuning ini punya banyak kelebihan. Pertama, mudah dicairkan. Artinya, emas gampang untuk dijual kalah sedang butuh uang. Kamu bisa menjualnya langsung ke toko emas atau menggadaikannya ketika membutuhkan uang secara cepat. Emas berbeda dengan instrumen lainnya yang hanya bisa diklaim pada waktu tertentu dan prosedurnya rumit.

Kedua, melindungi nilai kekayaan. Ya, emas ini terkenal sebagai safe haven. Harganya cenderung naik dari tahun ke tahun. Selain itu, emas juga tahan dari gempuran inflasi. Investor lebih memilih emas sebagai aset safe haven ketika situasi perekonomian tidak menentu untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Ketiga, minim risiko. Logam mulia ini bisa disimpan dalam waktu yang lama dan bentuk fisiknya tidak akan berubah.

Keempat, harganya yang gampang dipantau. Pergerakan harga emas kini real time dan bisa dipantau secara online. Dengan pergerakan yang mudah dipantau, Sobat Treasury jadi bisa menentukan kapan harus beli dan jual emas.

Kelima, emas diakui dan diterima banyak orang, logam kuning itu sudah diakui dan diterima banyak orang di dunia. Emas yang punya sejarah panjang dan “punya nama” ini memang tak perlu diragukan. Hampir semua orang di dunia percaya dan sepakat dengan nilai yang dikandung logam tersebut.

Bagaimana? Tertarik dengan emas, Sobat Treasury? Sekarang kamu nggak perlu pergi ke toko untuk membeli emas. Sobat bisa membeli logam kuning ini melalui aplikasi emas digital seperti Treasury. Di aplikasi ini, harga emasnya terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!