Skill Cari Uang VS Simpan Uang, Kamu Lebih Jago yang Mana?



Kestabilan finansial tak melulu berarti kaya. Kestabilan finansial ini berarti ketahanan finansial yang ditetapkan oleh setiap orang. Membangun kestabilan finansial pun tak cukup dengan mengumpulkan banyak uang, tetapi berbekal keterampilan untuk mengelola keuangan.

Dalam menjaga kestabilan keuangan, ada dua keahlian, yaitu mendapatkan uang dan menyimpan. Sobat Treasury bisa mendapatkan penghasilan asalkan punya sikap optimis, berani mengambil risiko, dan percaya diri.

Menyimpan uang pun diperlukan “keterampilan” yang berbeda dari menghasilkan uang. Menyimpan uang memerlukan sikap rendah hati dan takut kehilangan dari yang didapatkan.

 

Caranya?

1. Mengatur Anggaran

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menyimpan uang. Salah satunya adalah mengatur anggaran. Pengaturan anggaran ini bertujuan untuk memonitor pola pengeluaran dan mengelola perencanaan keuangan jangka panjang. Anggaran belanja ini bisa membuatmu untuk berbelanja lebih bijak, dikutip dari Chubb Life.

Misalnya, Sobat Treasury bisa menganggarkan 50 persen pendapatan bulanan untuk biaya sehari-hari, seperti makanan, cicilan KPR, dan tagihan-tagihan lainnya.

Kemudian, 30 persen anggaran dialokasikan ke tabungan dan dana darurat. Dana darurat ini bertujuan untuk meng-cover biaya tak terduga, seperti sakit, kecelakaan, dan ketidakpastian ekonomi. Idealnya, dana darurat ini senilai 6-12 bulan pengeluaran.

 

2. Berhemat

Selanjutnya, berhemat. Pola hidup hemat ini tak hanya bisa membuat keuangan stabil, tetapi juga hidup bahagia.

Mengutip Cermati, keuanganmu bisa lebih stabil jika kamu menerapkan pola hidup hemat. Artinya, kamu berhasil mengelola pendapatan dan pengeluaran dengan baik. Pengeluaran akan tetap terjaga dan sisa uang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya, misalnya untuk self award dan investasi.

Berhemat pun juga bisa membuat hidup lebih bahagia, lho. Kamu bisa jadi jarang stres karena punya lebih banyak uang untuk happy-happy. Saat orang lain pusing memikirkan hidup yang boros, kamu justru bisa lebih menikmati hidup.

 

3. Investasi

Yang ketiga, investasi. Cara ini juga bisa membuat uangmu bertahan lebih lama, malah bisa semakin bertambah.

Investasi berarti penanaman modal dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lainnya untuk memperoleh keuntungan, dikutip dari Popmama. Berbeda dengan menabung, investasi dilakukan untuk mengembangkan uang atau aset agar memberikan keuntungan pada masa datang untuk mencapai tujuan finansial. Ada beragam jenis instrumen investasi yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan finansial. 

Joinan memerinci ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum berinvestasi. Langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan profil risiko. Hal ini bertujuan agar instrumen investasi sesuai dengan kemampuanmu menanggung risiko suatu instrumen.

Selanjutnya, Sobat Treasury bisa menggunakan “uang dingin”—uang di luar kebutuhan sehari-hari dan dialokasikan untuk investasi—serta mulai investasi dengan modal yang minim. Perlu diingat, investasi tak hanya fokus pada return. Selain keuntungan, kamu juga sebaiknya bisa mengantisipasi risiko investasinya.

 

Sebelum berinvestasi, pilihlah sekuritas yang kredibel dan legal, serta mempelajari laporan dan kinerja perusahaan emiten. Jangan lupa untuk mendiversifikasi portofolio investasi dengan memilih instrumen yang risikonya berbeda. Yang terakhir, selalu update tren ekonomi untuk memprediksi kinerja instrumen investasi dan melihat peluangnya pada masa depan.

 

4. Rencanakan Masa Depan dengan Simpanan Emas

Untuk menciptakan kestabilan finansial, Sobat Treasury bisa melirik emas. Selain gampang dijual, emas juga bisa melindungi nilai uangmu dari inflasi.

Aplikasi Treasury juga bisa menjadi platform pilihan untuk merencanakan keuanganmu. Melalui fitur Rencana Emas, kamu bisa merencanakan tujuan finansial, seperti dana darurat. Di sini, kamu bisa membuat simulasi simpanan emas untuk membangun dana darurat. Kamu bisa mulai menabung emas melalui simpanan otomatis harian, mingguan, atau bulanan.

Selain itu, ada jaminan kepemilikan logam mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera) sesuai dengan garansi emas yang kamu punya di aplikasi Treasury. Kamu pun bisa mencetaknya menjadi logam mulia mulai dari 0,1 gram. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!