5 Tips #PunyaSimpenan Emas Untuk Pemula



Merasa belum mampu punya simpanan Emas karena terlanjur kena stigma ‘beli Emas itu mahal?’ Tenang guys, sekarang semua orang bisa lho membeli dan mulai #PunyaSimpenan Emas, karena di Treasury, Emas bisa dibeli mulai dari Rp5.000-an saja! Bayangin, lebih murah dari mie ayam kesayangan samping kantor kan?

Kemudahan membeli Emas ini jadi bikin banyak orang bisa mulai menyimpan Emas untuk masa depan. Nah, biar simpenan Emas makin menguntungkan, simak tips singkat berikut!

1. Bikin Goals/Rencana Keuangan Dulu

Tips yang satu ini penting banget, bukan hanya untuk menyimpan Emas tapi juga untuk investasi dan jadi alasan menabung yang oke. Saat kamu sudah tahu goals yang ingin dicapai, kamu bisa menghitung, berapa kira-kira yang harus disisihkan tiap bulan untuk disimpan.

Jadi, sebelum mulai punya simpenan Emas, baiknya kamu tentukan dulu, ingin digunakan jadi apakah dana yang bisa dikonversi dari pembelian Emas ini. Apakah untuk liburan, untuk dana darurat atau untuk menikah. Tentukan jumlahnya, dan coba konsisten menyimpan agar goal-nya lekas tercapai.

2. Cek Harga Emas Secara Berkala

Meski nilainya cenderung mengalami kenaikan, tiap hari nilai Emas itu naik turun lho. Jadi kalau memang tertarik untuk mulai menyimpan Emas, baiknya kamu selalu ngecek harga Emas di pasaran. Tips: waktu terbaik untuk membeli Emas itu ada di sekitar bulan April hingga Juni, karena harganya turun. Di akhir tahun (September - Desember), nilainya langsung meroket lagi dan biasanya cenderung bertahan -bahkan naik di tahun depan. Jadi, sering-sering cek harga Emas di aplikasi Treasury yang update-nya pakai Minute Pricing dan langsung beli saat harganya lagi turun ya!

3. Sesuaikan Sama Kantong

Memang, kita punya goals yang harus dicapai. Di Treasury pun, kamu bisa mulai membeli Emas mulai dari Rp5.000-an saja. Tapi pembelian Emas baiknya disesuaikan sama kondisi finansial saat ini. FYI, menyimpan Emas itu butuh dana lebih, jadi jangan sampai malah merusak cashflow harian ya!

4. Pilih Emas yang Sesuai

FYI lagi, Emas itu banyak jenisnya. Mulai dari logam mulia hingga yang berbentuk perhiasan. Semua tentunya punya nilai yang berbeda-beda. Untuk pemula, baiknya kamu menyimpan Emas dalam bentuk logam mulia, karena lebih menguntungkan dan lebih pas disimpan untuk masa depan, dibanding perhiasan yang nilainya pasti turun dan tidak akan setinggi Emas dalam bentuk logam mulia.

5. Cari Tempat Penyimpanan yang Oke

Terakhir, dan penting banget. Saat kamu memutuskan untuk mulai membeli dan menyimpan Emas, pastikan kamu sudah punya tempat untuk menyimpan hartamu yang satu ini. Jangan sampai Emasnya tercecer ya! Sekarang banyak kok tempat penyimpanan Emas yang bisa kamu gunakan. Seperti Treasury yang bisa ‘menyimpankan’ Emas hingga waktunya ingin kamu cetak atau dijual kembali, dan tidak ada biaya penyimpanannya. Nggak pakai pusing dan deg-degan takut nyelip lagi kan?

Jadi, yuk mulai #PunyaSimpenan Emas dari sekarang!