Silahkan Berlomba-lomba, tapi Kamu Harus Merdeka Punya Definisi Sukses Versi Kamu Sendiri



Sobat Treasury, tentu kamu sering bertanya dalam diri sendiri apakah saat ini kamu merasa udah sukses? Lalu apa arti sukses menurutmu? Apakah kamu mengartikan sukses dengan tenar dan kuasa, mampu memengaruhi orang lain, dan dihormati oleh banyak orang?Atau kamu merasa udah sukses karena bisa melakukan hal-hal yang kamu suka dalam hidup?

Banyak cerita orang kaya dan terkenal namun faktanya juga tak bahagia, bahkan depresi. Seakan memang tak ada standar untuk mengukur kesuksesan seseorang, karena masing-masing kepala punya definisi sendiri untuk sukses. 

Pertanyan besarnya, bagaimana cara kamu untuk mengukur bahwa ini hidupnya sudah sukses?

Tentu sulit untuk menjawab pertanyaan ini, namun setidaknya jawaban itu sejatinya ada pada diri kamu sendiri.  Kamu tidak bisa menyamaratakannya begitu saja karena definisi sukses setiap orang pastilah berbeda. Dan berikut alasan buat kamu bisa sukses menurut definisi kamu sendiri.

 

1. Definisikan Arti Sukses Menurut Diri Kamu Sendiri

Ukuran sukses berbeda bagi setiap orang. Oleh karena itu, ciptakan arti sukses menurut diri sendiri sehingga kamu paham bagaimana cara mengukur sukses dalam hidupmu. Buatlah standar suksesmu sendiri. Tentukan apa saja yang peling penting di hidupmu; hubungan yang bahagia, karier yang bagus, kesehatan fisik dan mental, dan sebagainya.

Punya ukuran sukses untuk diri sendiri ini punya arti penting agar kamu tak mudah terpengaruh oleh arti sukses menurut standar kesuksesan orang lain. Pasalnya hal ini akan membuatmu merasa tak bahagia karena merasa tak berhasil mencapai standar orang lain.

Makna kesuksesan bagi setiap orang tentulah berbeda-beda. Mungkin kita menganggap bahwa diri kita belum sukses, tapi bisa jadi ada orang yang memandang bahwa kita telah sukses menurut definisi mereka.

 

2. Mengukur Sukses Mulai dari Mindset

Mindset atau pola pikir sangat berpengaruh dalam kesuksesan setiap orang. Pasalnya, pola pikir selalu menentukan untuk meraih kesuksesan. Tony Robby, penulis sukses asal AS menyatakan bahwa kesuksesan ditentukan oleh 20 persen bakat dan kecerdasan, serta 80 persen psikologis. Maksudnya, mindset sangat penting dalam meraih kesuksesan bukanlah sebuah omong kosong.

Secara umum, mindset terbagi menjadi dua bagian yaitu growth mindset dan fixed mindset. Perbedaan fixed mindset dan growth mindset terletak pada bagaimana mereka memandang dunia dengan segala tantangannya. Seseorang dengan fixed mindset lebih kaku dan tidak berani keluar dari zona nyaman. Sementara, orang dengan growth mindset lebih terbuka dengan tantangan dan mau belajar hal baru.

Bagi pemilik growth mindset biasa tidak percaya bahwa orang sudah pintar sudah terlahir dari awal, atau orang sudah ada yang terlahir berbakat. Pemilik paham ini berpikir bahwa semua orang akan bisa memiliki suatu keterampilan selama berusaha dan memiliki motivasi bekerja keras.

Sedangkan untuk fixed mindset bisa didefinisikan sebagai pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan atau bakat yang dimiliki sifatnya akan tetap dan tidak akan berubah. Pemilik fixed mindset selalu percaya bahwa mereka adalah orang yang sudah terlahir pintar dari awal sehingga tak perlu terlalu ngoyo mengasah kemampuan. Kira-kira Sobat Treasury setuju dengan kategori yang mana? Silahkan tanya pada diri kamu sendiri.

3. Merdeka Menentukan Pilihan, Jangan Terpengaruh Penilaian Orang

Kita punya hak untuk memilih jalan hidup kita sendiri. Mengikuti tuntutan standar kesuksesan orang lain bukanlah suatu jaminan bahwa kita akan menjadi sukses seperti orang tersebut. Kita hanya akan kelelahan sendiri terus-menerus menuruti beban tuntutan yang ada.

Orang lain tak bakal tahu seberapa sulit jalan kamu lalui untuk meraih apa yang kamu inginkan. Mereka belum tentu  paham seberapa beratnya perjuangan kamu untuk meraih impianmu. Mereka hanya melihat ketika kamu berhasil mendapatkan sesuatu. 

Persepsi orang lain merupakan salah satu penghambat dari kesuksesan. Ketika mengambil sebuah keputusan bukan benar-benar berasal dari diri kita melainkan karena opini orang lain. Pada titik inilah kita berjalan dalam sebuah penjara persepsi orang lain, sedangkan masalah terbesar kita sulit memahami mana yang benar-benar keinginan kita dan mana yang merupakan pengaruh persepsi dari orang lain.  

 

4. Setiap Orang Punya Kekurangan dan Kelebihannya masing-masing

Setiap orang terlahir dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sehingga, hal tersebut menjadi suatu pembeda yang membedakan satu orang dengan orang lainnya. Tentu dengan begitu potensi diri yang dimiliki setiap orang pastilah berbeda. Setiap orang akan memiliki caranya sendiri untuk mengembangkan potensi yang dimiliki tersebut sebagai jembatan menuju kesuksesan.

 

Kita bebas memilih cara apa yang cocok kita gunakan untuk mengembangkan potensi diri kita. Ada orang yang memulai kesuksesannya dari sebuah hobi, ada pula yang memulainya dari mengembangkan bakat yang dimilikinya. Oleh karena itu, lebih baik tidak usah mengikuti standar orang lain dan mulailah mengembangkan potensi yang kamu miliki dengan cara kamu sendiri.

 

5. Kita lebih tahu apa yang terbaik untuk diri kita sendiri

Pada dasarnya, memang kitalah yang seharusnya lebih mengerti tentang diri kita sendiri. Kita lebih paham dan tahu apa hal terbaik yang harus kita lakukan untuk membawa kita menuju kesuksesan. Orang lain hanya akan melihat sisi luar kita tanpa tahu diri kita yang sebenarnya, karena mungkin mereka tidak terlalu mengerti potensi dari diri kita.

Mungkin orang lain akan mengarahkan kita untuk melakukan suatu hal agar kita bisa sukses menurut mereka. Memang, mereka pasti berpikir arahan tersebut pastilah yang terbaik untuk kita. Namun, kita tidak perlu selalu mengiyakan arahan tersebut karena kita pasti lebih tahu apa yang terbaik untuk kita.

Tidak usah terlalu peduli dan mengkuti standar kesuksesan orang lain karena definisi sukses setiap orang pastilah berbeda-beda. Tidak mengikuti standar orang lain bukan berarti kamu tidak sukses. Sukseslah dengan cara dan versi kamu sendiri.  

 

Investasi Emas Mulai 5000-an 

Untuk investasi, tentu kamu tahu dong mana yang terbaik untuk financial goals kamu? Dan pasti kamu tahu kan bahwa emas adalah instrumen investasi yang tepat; harganya selalu naik dan bebas dari gerusan inflasi?

Sobat Treasury bisa membeli emas dengan cukup mudah dan murah lho!. Kamu juga bisa membelinya secara online melalui aplikasi smartphone. Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas. Harga logam mulia yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini! Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!