Tiga Tips Agar Siap Jika Ada Inflasi



Pandemi COVID-19 ini bukan hanya bikin khawatir di sektor kesehatan, tapi juga di sektor ekonomi. Sebulanan terakhir pasti sering banget dengar cerita teman, atau temannya teman yang terpaksa dirumahkan. Banyak usaha kecil dan menengah yang tutup, sampai-sampai ada yang mengerahkan ‘twitter do your magic’ demi bisa menyambung hidup.

Bukan hanya sektor ekonomi kecil yang goyah. Dilansir dari Merdeka.com, menurut Kepala Ekonom Bank Mandiri Tbk, Andry Asmoro, perekenomian Indonesia di kuartal II 2020 diprediksi turun sampai -3,4%. Hal ini terjadi karena COVID-19 juga memperlambat roda hidup masyarakat, dan berimbas pada pertumbuhan ekonomi. Meski ditengarai tidak separah negara lain, lambatnya roda ekonomi ini langsung memberi efek besar bagi masyarakat.

Hal ini membuat beberapa anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat meminta Bank Indonesia untuk mencetak uang lebih banyak, untuk dapat dikucurkan langsung ke masyarakat. Meski terdengar menggoda, pencetakan uang yang terlalu banyak itu bukan kunci untuk perekonomian yang stabil karena bisa memicu inflasi lebih cepat.

Biar masa depan tetap terjaga, berikut Treasury kasih tips untuk menghadapi inflasi (atau paling nggak, lebih siap)

Bikin Catatan Keuangan

Ini penting, agar kamu tahu berapa jumlah dana yang dibutuhkan tiap bulan. Supaya bisa bikin budgeting langsung, dan dihitung-hitung agar mencukupi sampai paling tidak 3 - 5 bulan ke depan. Ingat, kurangi jajan yang nggak penting. Hari masih panjang, guys!

Punya Simpenan yang Kuat Hadapi Inflasi

Ini juga penting, sebisa mungkin simpanlah dana darurat dalam bentuk yang paling kuat menghadapi inflasi. Seperti Emas misalnya, nilainya yang selalu bergerak naik, mampu mengimbangi inflasi sehingga masa depan keuangan kamu lebih terjaga. Belum punya? Cuss, segerakan punya simpenan Emas di Treasury dari sekarang.

Cari Tambahan Penghasilan

Coba cek, ada kah hobi yang bisa menghasilkan uang jajan tambahan? Bisa design, coba buka open commission gambarin muka orang. Bisa bikin kue lucu, coba jualin hampers deh. Usaha aja dulu, ingat… hasil tidak akan pernah mengingkari usaha yang sudah dilakukan. Intinya, jangan menyerah sama keadaan. Dan jangan lupa untuk terus berbagi sama sekitar ya!