Selain Perhiasan, Kamu Bisa Pakai Koin Emas Jadi Mahar Nikah di Aceh



 

Aceh punya tradisi pernikahan yang unik. Masyarakat Aceh menggunakan mayam untuk menghitung mahar nikah. 

Apa itu mayam?

Mayam merupakan satuan emas di masyarakat Aceh. Dalam adat pernikahan Aceh, mayam punya makna yang filosofis, yaitu memperlihatkan kesungguhan hati pria untuk meminang wanita pujaannya biarpun sang lelaki bukanlah orang yang berada. Setelah menikah, dia diharapkan agar bisa memberikan nafkah yang layak bagi keluarganya.

Anjuran penggunaan emas berlaku sejak zaman Kerajaan Aceh Darussalam. Penggunaan mahar emas ini bertujuan untuk menilai keseriusan calon pengantin untuk berkeluarga.

Kalau ditakar dengan gram, satu mayam ini setara dengan 3,3 gram emas. Mahar nikah di Aceh biasanya sebanyak 3-30 mayam. Jika dikonversi dalam gram, emas yang diberikan sebagai mahar mencapai 9,99 gram-99,9 gram. Kalau satu gram emas seharga Rp900 ribu, uang yang harus dikeluarkan untuk membeli emas mencapai Rp8,99 juta-Rp89,91 juta.

Ini belum termasuk dengan biaya keperluan pesta. Sekadar informasi, jumlah mahar nikah pun bisa berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya di Aceh.

Mayam tidak hanya digunakan untuk menghitung mahar pernikahan, tetapi juga pertunangan. Di acara tunangan, mahar yang diberikan sedikit, yaitu 1-2 mayam—setara dengan 3,33 gram-6,66 gram emas.

 

Koin Emas Bisa Dijadikan Pilihan Lho  

Selain emas batangan dan perhiasan, Sobat Treasury bisa menggunakan koin emas sebagai mahar. Koin emas merupakan emas 24 karat yang dicetak menjadi uang logam.

Bentuk emas ini sudah ada dari zaman dahulu kala. Bagi para kolektor, koin emas ini sangat berharga dan punya nilai keindahan estetik. Keindahan ini juga bisa meningkatkan nilai dasar logam mulianya. Selain keindahan, pembeli koin emas menggunakan instrumen tersebut sebagai lindung nilai dari inflasi. Fungsi yang sama dengan emas batangan, bukan?

Tidak hanya itu, harga koin emas pun bisa saja naik setiap tahun layaknya emas batangan. Kamu pun juga bisa menjual koin emas ke toko emas jika sedang membutuhkan uang. Makanya, nggak sedikit orang yang melirik jenis emas ini sebagai investasi karena sifatnya yang likuid alias mudah dicairkan.

 

Koin Emas Ini Cocok Jadi Mahar

Sobat Treasury, agar pernikahanmu lebih unik, kamu bisa menggunakan mahar nikah berupa koin emas.

Nah, kamu bisa memilih koin emas Koin Nusantara. Koin ini bisa dipersembahkan Treasury bagi kamu yang tertarik dengan emas dengan nilai seni yang tinggi. Selain terbuat dari emas 24 karat, desainnya terinspirasi dari koin dinar dan budaya di Nusantara. 

Ada banyak koleksi Koin Nusantara. Salah satunya adalah Edisi ¼ Dinar Aceh. Ukurannya seberat 1,1 gram dan terbuat dari emas murni. Dengan ukuran ini, Sobat Treasury bisa lebih mudah membelinya untuk mahar. Misalnya, mahar pernikahanmu mencapai 3 mayam dan koin emas Edisi ¼ Dinar Aceh yang dibutuhkan sebanyak 3 keping.

Desain koin ini terinspirasi dari Masjid Baiturrahman dan kain tenun pucuk rebung. Sekadar informasi, Masjid Baiturrahman ini merupakan masjid terbesar di Aceh. Masjid tersebut punya tiga kubah di bagian atapnya.

Sementara itu, motif pucuk rebung ini mencerminkan filosofi harapan dan kekuatan, seperti bambu yang tidak mudah runtuh. Motif tersebut mencerminkan manusia yang berproses menjadi pribadi yang lebih bermanfaat. 

Mau beli Koin Nusantara ¼ Dinar Aceh? Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi Treasury. Tunggu apa lagi? Yuk beli sekarang di aplikasi Treasury!