Cara Hemat & Tepat Buat Belanja Lebaran!



Sobat Treasury, apakah kamu sudah belanja kebutuhan Lebaran?

Memang, momen perayaan Idul Fitri ini mendatangkan beragam kebutuhan yang harus kita penuhi, seperti hidangan khas Lebaran, baju baru, sampai pulang kampung dan bagi-bagi THR. Untuk urusan belanja, misalnya, tidak jarang harga barang—terutama barang pokok—naik selama Ramadhan. Tentu saja kita harus memutar strategi agar tidak mengeluarkan terlalu banyak uang untuk belanja Lebaran. Waktu yang tepat untuk berbelanja Idul Fitri adalah sebelum Ramadhan dan awal bulan Puasa. Mengapa?

Sebelum Ramadhan, biasanya harga barang belum begitu naik. Koleksi busana Idul Fitri pun masih banyak dan lengkap. Kamu tidak akan kesulitan mencari pakaian Lebaran.

Plus, tidak sedikit pusat perbelanjaan dan department store yang mulai menawarkan beragam diskon dan promo. Kondisinya pun tidak seramai menjelang Lebaran. Kamu juga bisa berbelanja dengan lebih nyaman dan nggak perlu antre panjang.

 

Minggu Ini Jadi Saat yang Tepat untuk Belanja Kebutuhan Ramadan 

Kalau tidak sempat sebelum dan awal Ramadan, kamu bisa shopping minggu ini, apalagi kalau belanja melalui marketplace, seperti beli baju, kue-kue kering, biskuit, dan amplop THR. 

Pada minggu ini, pengiriman barang-barang yang kamu beli untuk Idul Fitri masih bisa terkejar karena ekspedisi belum begitu sibuk. Jangan mepet karena perusahaan ekspedisi sudah libur dan kemungkinan barang pesananmu akan telat dikirim. Kalau belanja di toko offline, ini tidak masalah. Kamu masih bisa berbelanja mepet sebelum Lebaran. Pusat-pusat perbelanjaan biasanya menggelar midnight sale selama Ramadhan. Nah, ini bisa kamu manfaatkan untuk membeli barang kebutuhan Lebaran.

 

Mengapa kita disarankan belanja jauh-jauh hari?

Sobat Treasury, jika berbelanja mendekati Idul Fitri, ada beberapa hal yang akan kita hadapai, yaitu tempat belanja seperti supermarket dan department store akan sangat ramai dan antrean bisa mengular. Buat kamu yang pergi belanja dengan kendaraan pribadi, ada kemungkinan susah mencari tempat parkir karena saking ramainya.

 

Mau Belanja Lebaran yang Hemat? 

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk belanja, saatnya kita atur strategi agar berhemat. Pertama, membuat daftar belanja. Agar mempermudah kamu membeli barang dan terhindar dari pemborosan, langkah pertama yang dilakukan adalah membuat daftar belanja.Pastikan barang-barang itu benar-benar kamu butuhkan untuk keperluan Lebaran. Misalnya, bumbu instan rendang, baju Muslim, peralatan ibadah, atau biskuit dan sirup.

Kedua, membuat anggaran. Setelah membuat daftar belanja, tentukanlah anggaran. Budget belanja ini akan mencegahmu kalap membeli barang. Ketika berbelanja secara offline, pastikan membawa uang secukupnya, ya! 

Ketiga, memanfaatkan promo. Kamu bisa menggunakan promo-promo yang bertebaran di platform e-commerce untuk membeli barang-barang kebutuhan Idul Fitri.

Keempat, membandingkan harga barang. Nah, Sobat Treasury bisa membandingkan harga barang dari satu tempat ke tempat. Kamu bisa memilih lokasi yang menawarkan barang dengan harga yang lebih murah. Dengan cara ini, Sobat bisa menghemat belanja Lebaran. Kalau ada sisa, kan, lumayan bisa ditabung. Biar bisa makin cuan, kamu bisa melirik emas sebagai tempat menabung. 

Logam mulia ini terkenal tahan karat dan aman dari inflasi, jadi nilainya nggak berkurang. Harganya juga cenderung stabil dan naik setiap tahun.

 

Kamu mau investasi emas?

Kini, Sobat Treasury bisa membelinya dengan cukup mudah. Kamu bisa membelinya secara online melalui aplikasi smartphone.

Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas. Harga logam mulia yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Ada banyak keuntungan yang ditawarkan Treasury, seperti jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi yang dimiliki dan sudah terdaftar di otoritas terkait sehingga legalitas dan keamanannya terjamin. Di samping itu, kamu bisa menjual emas digital kapan pun sedang butuh. Sobat juga mencetaknya menjadi logam mulia batangan. 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!