Sedia Payung Sebelum Hujan, Sedia Emas Sebelum Gaji Kandas



Berhubung sudah masuk musim hujan, Treasury jadi ingat nih, satu pepatah penting yang relatable banget sama cuaca belakangan: ‘sedia payung sebelum hujan’.

Meski secara harfiah, maknanya bisa langsung dikaitkan sama musim penghujan, makna sebenarnya juga bisa dikaitkan sama kondisi finansial Kamu, lho! ‘Sedia payung sebelum hujan’ ini berarti, Kamu harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, agar saat ‘musibah’ terjadi kamu sudah siap. Tuh, relate juga kan sama kondisi keuangan sehari-hari?

Sebentar lagi, banyak dari Kamu yang akan menerima gaji. Treasury paham, godaan untuk menghabiskan gaji atas nama ‘self reward’ itu memang tidak tertahankan, tapi ingat lah… Kamu hidup bukan hanya untuk hari ini saja. Ada masa depan yang menanti. Itu sebabnya, Kamu harus menyiapkan masa depan agar kelak bisa hidup lebih tenang.

Seperti peribahasa yang tadi kita bahas di atas, Kamu juga harus menyediakan ‘pelindung - penyelamat’ yang bisa menjagamu dari ‘badai kekerean’ yang bisa saja terjadi. Apa saja pelindung itu? Utamanya sih, tabungan. Baru setelah itu, bisa mulai berinvestasi. Ok, Treasury tahu, kadang berat banget untuk bisa menabung. Coba deh, ubah sedikit mindset Kamu, jika biasanya Kamu menabung setelah jajan-jajan -kali ini, coba menabung sebelum uangnya digunakan untuk membeli keperluan harian.

Terapkan Formula 40-30-20

Formula universal yang bisa digunakan di segala range gaji ini bisa dijadikan pegangan, di kisaran berapa Kamu sebaiknya menabung:

40% dari gaji, dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari. Ini termasuk duit bensin atau pembelian token listrik dan kebutuhan rumah lain.

30% dari gaji, dialokasikan untuk membayar cicilan. Ingat, sebelum mengambil kredit, baiknya hitung dulu, jangan sampai cicilannya lebih dari 30% gajimu ya!

20% dari gaji, dialokasikan untuk menabung. Nah, ini penting banget. Jika diprosentasikan, angkanya sebenarnya tidak terlalu besar, tapi memang terasa besar ketika sepertiga gaji sudah dipakai untuk foya-foya!

Agar menabung tidak terasa berat, cobalah untuk langsung mengalokasikan 20% dari gaji masuk ke tabungan yang tidak bisa diganggu gugat. Sebisa mungkin, jangan diambil di tengah bulan ya.

Nah, simpenan Emas bisa tuh jadi salah satu pilihan untukmu menyimpan uang. Nilai Emas cenderung bergerak naik akan membuat masa depanmu lebih aman. Tak perlu repot-repot, sekarang #PunyaSimpenan Emas bisa dilakukan langsung dari HP-mu. Tinggal unduh app Treasury, lalu buka simpenan Emas. Sisihkan gaji, sedikit demi sedikit agar kelak simpenan Emasmu bernilai tinggi dan Kamu bisa hidup lebih nyaman.

 

Kalau sudah punya simpenan Emas, kamu pasti bakal lebih siap menghadapi masa depan. Yuk siapin payungnya dari sekarang!