Sederet Fakta Sinamot, Salah Satu Mahar Nikah Termahal di Indonesia



Indonesia punya beraneka ragam suku bangsa. Makanya tak heran tradisinya pun berbeda-beda, termasuk urusan pernikahan. Dalam tradisi pernikahan, ada satu hal yang tak bisa luput dari perhatian, yaitu mahar. Di samping sebagai syarat sah menikah, mahar menunjukkan kesungguhan hati dan perjuangan pria untuk menikahi pujaan hatinya.

Kali ini, kita akan membahas mahar di pernikahan tradisi Batak. Namanya sinamot. Pernah mendengarnya, Sobat Treasury?

Sebelum membahas sinamot, mari kita lihat dulu tradisi Suku Batak. Suku ini terkenal punya banyak acara adat, seperti dari pernikahan, kelahiran, dan kematian. Upacara adat ini bertujuan untuk menghindarkan seseorang dari marabahaya. Selain itu, upacara digelar agar seseorang bisa mendapatkan berkah dan keselamatan.

Salah satu tradisi yang meriah adalah pernikahan. Bagi suku ini, pernikahan adat menjadi suatu upacara yang sakral yang berbentuk pengorbanan. Maksudnya, keluarga wanita “mengorbankan” anak perempuannya untuk menjadi istri seorang lelaki dan keluarga calon pengantin wanita mengorbankan seekor hewan untuk menjadi makanan di pernikahan adat.

Pernikahan adat juga menjadi jembatan yang mempertemukan keluarga pengantin pria dan keluarga pengantin wanita. Tujuannya untuk menyatukan kedua keluarga besar secara adat. Pernikahan ini juga bertujuan untuk meneruskan marga pihak laki-laki.

 

Makin Tinggi Status Wanita, Makin Tinggi Pula Nilai Sinamot

Nah, ada satu hal yang paling kentara di pernikahan adat Batak: sinamot. Orang-orang Batak sangat memuliakan wanita. Selain disayangi dan dihormati, wanita juga perlu diperjuangkan, terutama yang ingin menikahinya. Sang pria ini menunjukkan kesungguhan hatinya melalui sinamot yang diberikan.

Ada fakta unik seputar sinamot. Menurut berbagai sumber, sinamot menjadi penyebab rata-rata pernikahan orang Batak itu bertahan lama. Mereka rela mengeluarkan uang banyak untuk mahar ini demi bisa meminang pujaan hatinya. Selain perjuangannya yang susah, melayangkan talak pun bisa mempengaruhi hubungan keluarga besar.

Sinamot ini ditentukan oleh keluarga pria dan wanita. Keluarga besar dari kedua belah pihak bertemu untuk membahas uang ini. Nah, mahar ini biasanya diberikan kepada keluarga wanita untuk kepentingan pesta. Sinamot punya standar harga yang menggunakan beragam parameter dari calon pengantin wanita. Misalnya, tingkat pendidikan, jabatan pekerjaan, posisinya di keluarga, sampai fisiknya.

Tingginya sinamot juga ditentukan oleh kedudukan keluarga di masyarakat. Kalau berasal dari kalangan terpandang, nilainya pun semakin mahal. Faktor masyarakat pun juga berpengaruh terhadap nilai sinamot. Semakin dikenal, harganya pun semakin mahal. Jarak rumah pengantin pria dan wanita pun turut mempengaruhi nilai uang sinamot.

Semakin tinggi parameternya, nilai sinamotnya pun semakin mahal. Memang tidak ada angka pasti untuk patokannya. Tapi, suatu penelitian di Kabupaten Labuhan Batu menunjukkan nilai sinamot untuk calon istri bisa mencapai Rp100 juta. Tak mengherankan kalau sinamot ini menjadi salah satu mahar pernikahan termahal di Indonesia.

Namun, nilai sinamot ini bisa dirundingkan. Ada kemungkinan jumlahnya tidak terlalu tinggi apabila melihat status finansial calon pengantin pria dan wanita.

Sobat Treasury, sinamot ini tidak melulu berupa uang, tetapi juga mobil, hewan, atau benda-benda berharga lainnya seperti emas. Jika kamu berencana menikah dengan adat Batak, tak ada salahnya melirik emas untuk dijadikan sinamot. Logam kuning ini punya sederet kelebihan, seperti tahan dari inflasi dan harganya bisa naik setiap tahun.

Kamu bisa menjadikan Koin Nusantara sebagai seserahannya. Koin emas itu dicetak oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) untuk Treasury. Ada dua edisi Koin Nusantara, yaitu Edisi 1 Dinar Padang yang berukuran 4,4 gram dan Edisi 0,5 Dinar Lombok berukuran 2,2 gram.

Desain Edisi 1 Dinar Padang ini terinspirasi dari Masjid Raya Sumatera Barat di Padang dan kain tenun pandai sikek. Lalu, Edisi 0,5 Dinar Lombok terinspirasi dari Masjid Islamic Center NTB dan motif kain subhanale—kain songket yang dibuat perempuan untuk pasangannya.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!