Sebelum Nikah, Yuk Persiapkan Mahar Pernikahan



Sobat Treasury, apakah kamu sedang mempersiapkan pernikahan? 

Bicara soal persiapan pernikahan, ada satu unsur yang tidak boleh kamu lewatkan. Namanya, mahar pernikahan. Ada beragam mahar pernikahan. Yang paling umum adalah emas dan perhiasan emas. Tidak hanya logam mulia, ada juga peralatan ibadah dan uang tunai yang menjadi mahar pernikahan.

Mahar pernikahan ini merupakan modal awal pernikahan. Dalam hukum Islam, mahar pernikahan mutlak menjadi hak istri dan dia bisa menggunakannya tanpa paksaan. Sang istri pun tidak perlu meminta izin dari suami untuk menggunakan mahar, menurut Syekh Kamil Muhammad Uwaidah dalam kitab Fiqih Wanita.

Kalau berupa benda lainnya seperti rumah, kendaraan, dan hewan ternak, istri berhak untuk mempertahankan atau menjualnya. Jika berbentuk perhiasan, sang suami diperkenankan untuk meminta istrinya memakai perhiasan ketika berada di dekat suami.

 

Siapin Dulu Mahar Nikahnya

Sobat Treasury, mahar pernikahan ini biasanya ditetapkan oleh calon pengantin. Jika tidak ada kesepakatan tentang mahar, ini bisa menghalangi kelangsungan pernikahan. Jika tidak ada ketidaksepakatan, mahar mitsil bisa digunakan. Mahar mitsil ini merupakan mahar yang tidak disebutkan besar kadarnya sebelum atau sesudah akad. 

Menentukan mahar itu berdasarkan nilai yang disesuaikan dengan kepantasan sesuai dengan pihak keluarga calon istri. Contohnya, diukur sepadan dengan mahar yang pernah diterima oleh keluarga terdekat, atau bisa juga dengan memperhatikan status sosial, kecantikan, dan tingkat pendidikannya.

Saat merencanakan mahar, tentu yang pertama kali kita lakukan adalah menyiapkan uangnya. Sobat Treasury bisa membuat perkiraan uang yang dibutuhkan untuk membeli mahar. 

Misalnya, kamu ingin menikah pada tanggal 6 Juni 2023. Mahar pernikahan yang kalian tentukan adalah uang tunai sesuai dengan tanggal pernikahan, emas 5 gram, dan seperangkat alat ibadah. Lalu, berapa uang yang harus kalian persiapkan?

Harga emas Treasury ada di kisaran Rp988 ribu per gram. Kalau ingin memberikan emas batangan 5 gram, anggaran yang dipersiapkan kurang lebih Rp5 jutaan.  

 

Mau Mahar Pernikahan yang Unik? 

Bicara soal mahar, koin emas Koin Nusantara edisi Dinar jadi pilihan yang tepat bagi kamu. Jenis emas ini bisa membuat pernikahanmu semakin berkesan. 

Koin Nusantara itu merupakan produk eksklusif PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) untuk Treasury. Nggak hanya terbuat dari emas murni 24 karat, desain Dinar terinspirasi dari keunikan masjid yang menjadi ciri lokal setiap daerah. Motif kain Nusantara pun memberikan sentuhan seni di Koin Nusantara. 

Mobile-Banner-all-konus

Ada lima jenis Koin Nusantara edisi Dinar yang bisa kamu pilih. Yaitu, Edisi 1 Dinar Padang (4,4 gram), ½ Dinar Lombok (2,2 gram), ¼ Dinar Aceh (1,1 gram), 1/8 Dinar makassar (0,55 gram), dan 1/16 Dinar Surabaya (0,275 gram).

Koin Nusantara Edisi Dinar ini bisa kamu dapatkan melalui aplikasi Treasury. Yuk download aplikasinya sekarang supaya kamu bisa segera membelinya!