Sebelum Investasi Emas, Kenali 5 Jenis dan Karakteristiknya



Sobat Treasury, sudah sejak lama emas dijadikan instrumen investasi turun-turun temurun karena terbukti tahan terhadap fluktuasi ekonomi dan nilainya yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai instrumen investasi yang mudah dijual alias likuid emas punya berbagai jenis dengan karakteristik di masing-masing jenisnya.  

Sebelum kamu investasi emas, ada baiknya kamu mengenal jenis dengan masing-masing sifat dan karakternya.  

 

1. Emas Batangan

Emas batangan umumnya memiliki kadar kemurnian mencapai 99,99%. Itu artinya emas tersebut merupakan emas murni tanpa campuran logam apa pun. Adapun emas perhiasan memiliki kadar kemurnian yang lebih rendah dari 70%. Campuran logam lain di sini diperlukan untuk meningkatkan ketahanan emas.

Aset logam mulia ini menjadi salah satu alternatif instrumen investasi yang ideal untuk jangka panjang. Investor akan memperoleh sertifikat emas batangan setiap pembelian yang menjelaskan deskripsi informasi ukuran, berat, dan kadar karat logam mulia. Selain itu, ada kode emas berupa nomor seri khusus yang terukir di setiap produk fisiknya. Kode atau cap tersebut menjadi salah satu ciri emas asli.

 

2. Emas Granule

Emas granule adalah jenis emas yang bentuknya seperti serbuk, dan bertekstur sangat halus. Anda akan kesulitan menemukan tipe ini di toko emas, karena tidak untuk diperjulbelikan. Umumnya, tipe emas granule akan lebih mudah ditemui pada pengerajin emas. Karakteristik emas ini harganya jauh lebih murah karena kandungan bahan campurannya cukup tinggi. Pengrajin emas biasanya akan meleburnya dan membuatnya dalam berbagai bentuk perhiasan. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual emas jenis ini di pasar tradisional. 

 

3. Emas Perhiasan

Sebagai logam mulia yang mudah di bentuk, emas biasa dibentuk sebagai perhiasan. Emas perhiasan dibentuk berbagai macam model desain, bentuk, warna, dan variasi ukuran seperti kalung, gelang, cincin, anting-anting dan bentuk lainnya yang dipakai di tubuh untuk berhias atau mempercantik estetika penampilan. 

Emas perhiasan dibentuk jadi cincin, kalung gelang dan lainnya, dengan menggunakan bahan campuran logam lain seperti perak dan tembaga agar bentuknya tidak mudah berubah. Karena itulah emas perhiasan memiliki kadar kemurnian emas yang berbeda-beda. Emas perhiasan dapat dijual kembali selama masih terdapat nota pembelian, dan akan dikenakan potongan ongkos pembuatan sebesar 10-25% dari nilai emas.

 

4. Emas Koin

Jenis emas koin salah satu instrumen emas yang juga menjadi pilihan banyak investor karena simpel dan harganya relatif stabil. Pemilik juga tidak harus membayar biaya pembuatan saat menjual emas dalam bentuk koin. Ini yang menjadikan investor bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan berinvestasi produk emas koin. 

Emas koin terbuat dari bahan emas murni. Karakteristik koin emas adalah harganya yang selalu naik setiap tahun sehingga bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang akan berinvestasi. Kamu dapat membelinya dengan aman karena setiap penjualan disertai dengan sertifikat yang membuktikan keasliannya.  

 

5. Emas digital

Dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, investasi emas tidak hanya secara fisik, tapi juga dalam bentuk digital. Emas digital adalah salah satu jenis emas 24 karat yang bisa disimpan secara digital. Harga jual emas online lebih murah dibandingkan harga emas antam karena tidak adanya ongkos cetak. Emas yang dibeli tidak langsung dicetak dalam bentuk emas.     

Berbeda dengan emas fisik, maka kamu harus melakukan pembelian produk tersebut dengan ukuran 0,01, 0,025, 0,1 gram, 0,5 gram, hingga 100 gram. Sementara itu, kamu bisa membeli emas digital mulai dari ukuran 0,01 gram atau dengan nominal terjangkau.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat Treasury, bagi kamu yang ingin mencoba investasi emas digital kamu bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp 5.000an di Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!