Saatnya Rebut Kesuksesan FInansial, 5 Tips Jitu Investasi Emas 2024



Sobat Treasury, memasuki tahun 2024, lanskap perekonomian terus berkembang. Buktinya, saat ini kita berada di tengah lingkungan suku bunga tinggi, namun inflasi telah melambat  dan Federal Reserve (The Fed) kemungkinan akan menurunkan suku bunga acuannya pada tahun depan. Namun, hal itu bisa berubah jika inflasi mulai meningkat kembali dalam waktu dekat. 

 

Ketidakpastian ekonomi seperti ini, pada gilirannya, akan berdampak besar terhadap arah perekonomian, serta apa yang terjadi pada pasar saham dan jenis investasi lainnya. Dan, mengingat banyaknya hal yang belum diketahui, banyak investor mencari aset yang stabil dan tangguh untuk membantu memitigasi risiko dari investasi yang lain. 

 

Dari pilihan investasi yang lebih stabil, emas telah teruji oleh waktu selama berabad-abad sebagai penyimpan nilai yang andal dan lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi . Hal ini dapat menjadi daya tarik besar bagi investor, begitu pula manfaat lain dari berinvestasi emas. Jika kamu sedang mempertimbangkan investasi emas pada tahun 2024. 

 

Jika  kamu berencana menginvestasikan sejumlah uang untuk investasi emas di tahun baru, berikut beberapa tip untuk membantu kamu menavigasi lanskap dengan sebaik-baiknya: Berikut adalah 5 tips untuk membantu kamu menavigasi jalur investasi emas menuju kesuksesan finansial.

 

1. Terus Pantau Tren Ekonomi Global

 

Harga emas sangat terkait dengan kondisi ekonomi global, artinya tren ekonomi seperti ini dapat berdampak besar pada nilai emas . Jadi, jika kamu berencana berinvestasi emas pada tahun 2024, perhatikan baik-baik peristiwa geopolitik, tingkat inflasi, dan pergerakan mata uang, karena faktor-faktor ini sangat memengaruhi permintaan emas . 

 

Dan, di saat perekonomian sedang tidak menentu, investor sering kali berbondong-bondong memilih emas sebagai aset safe haven, sehingga menaikkan nilainya. Jadi, perbarui diri Anda secara rutin pada berita internasional dan indikator ekonomi untuk membuat keputusan yang tepat tentang kapan harus membeli atau akhirnya menjual emas.


 

2. Cari Berbagai Bentuk Investasi Emas yang Bikin Kamu Nyaman

Emas menawarkan berbagai jalur investasi, yang masing-masing memiliki kelebihan dan risiko tersendiri. Bentuk investasi emas yang umum termasuk emas fisik. batangan dan koin, dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF), emas berjangka dan emas digital . Untuk menentukan mana yang masuk akal bagi kamu, evaluasi setiap opsi berdasarkan toleransi risiko  dan tujuan investasi 

 

Misalnya, saham atau kontrak emas berjangka bisa jauh lebih berisiko dibandingkan berinvestasi pada emas fisik, jadi jika kamu menghindari risiko, masuk akal untuk menghindari aset emas tersebut sebagai pengganti opsi yang lebih kecil risikonya. Atau kamu bisa investasi mencoba dengan investasi emas digital yang cenderung mudah dan murah karena menawarkan gramasi rendah.

 

3. Pertimbangkan Perspektif Jangka Panjang

 

Berinvestasi dalam emas fisik secara langsung maupun lewat digital umumnya membutuhkan kesabaran dan perspektif jangka panjang . Meskipun fluktuasi harga jangka pendek adalah hal biasa, emas secara historis terbukti menjadi investasi yang stabil dan bertahan lama selama bertahun-tahun. 

 

Pada gilirannya, sangat masuk akal untuk mempertimbangkan emas sebagai bagian strategis dari rencana investasi jangka panjang kamu sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan. Pendekatan ini dapat membantu kamu mengatasi volatilitas pasar dan mendapatkan keuntungan dari potensi apresiasi emas seiring berjalannya waktu.

 

4. Pastikan untuk Mendiversifikasi Portofolio.

 

Meskipun emas adalah aset yang dapat diandalkan, penting untuk tidak menaruh semua telurmu dalam satu keranjang. Diversifikasi tetap menjadi prinsip dasar investasi yang sehat. Pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian portofolio investasi kamu ke emas untuk memitigasi risiko yang terkait dengan fluktuasi kelas aset lainnya. 

 

Dengan menyebarkan investasi Anda ke berbagai sektor, Anda dapat menciptakan portofolio yang lebih tangguh dan seimbang. Dan, dengan mendiversifikasi investasi emas Anda ke berbagai bentuk, strategi ini dapat memberi kamu fleksibilitas dan eksposur terhadap berbagai aspek pasar emas.

 

5. Tinjau opsi penyimpanan dan keamanan

 

Jika kamu memilih emas fisik dan emas digital, pertimbangkan logistik penyimpanan dan pengamanan investasi kamu. Apakah kamu memilih untuk menyimpan emas di rumah, menggunakan brankas bank, atau menyimpannya di penyedia emas digital yang memiliki reputasi baik, utamakan keamanan dan aksesibilitas. 

 

Pastikan juga untuk mengeksplorasi keamanan terutama jika ingin investasi digital.   

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Sobat bahkan bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!