Resolusi 2023: Persiapan Dana Pensiun? Siapa Takut!



Menyambut tahun baru, banyak orang membuat resolusi keuangan 2023. Ada banyak jenis pernyataan yang akan dilakukan, misalnya mempersiapkan dana pensiun. 

Sebentar, dana pensiun? Apa itu dana pensiun? 

Dana pensiun merupakan uang yang akan dipersiapkan untuk menutup kebutuhan setelah masa pensiun tiba. Orang-orang harus siap secara finansial agar masa pensiun tidak menjadi beban. Caranya dengan mempersiapkan dana pensiun.

 Mengapa kita harus menyiapkan uang ini? Ada beberapa alasan dana pensiun ini penting untuk dipersiapkan, yaitu lansia rentan terserang penyakit kritis, biaya berobat semakin mahal, kebutuhan hidup meningkat, serta orang berusia lanjut rentan jadi orang terlantar.

Tentu saja kita harus memperhitungkan pengeluaran berdasarkan jumlah kebutuhan setiap bulan secara terperinci. Mulai dari biaya makan, tagihan listrik dan air, internet, perawatan rumah, sewa rumah kalau ngontrak, tanggungan, sampai kesehatan. Jangan lupa untuk menghitung berapa banyak pengeluaran untuk gaya hidup dan rekreasi.

 

Begini Cara Hitung Dana Pensiun

Jumlah menghitung uang pensiun ini berbeda kalau kamu memutuskan untuk pensiun dini atau tidak. Kamu bisa memperkirakan dana pensiun yang harus dikumpulkan dengan rumus ini:

 

Dana pensiun = 12 x biaya pengeluaran per bulan x (usia harapan hidup - pensiun) 

Selisih umur di sini adalah jarak usia pensiun dengan harapan hidup. Di Indonesia rata-rata usia harapan hidup mencapai 75 tahun. Lalu, usia pensiun biasa biasanya ada di usia 60-65 tahun serta pensiun dini 45-50 tahun. 

Lalu, kamu bisa menggunakan rumus ini untuk mempersiapkan tabungan pensiun.

Tabungan dana pensiun = jumlah dana pensiun : (usia pensiun -  usia sekarang) : 12

Mari kita menghitung perkiraan biaya pensiun yang dibutuhkan jika Sobat Treasury berusia 30 tahun dan pengeluaran per bulannya mencapai Rp5 juta. Maka, begini perkiraan dana pensiun yang harus dipersiapkan dan jumlah tabungan yang dibutuhkan setiap bulan.

1. Dana pensiun = 12 x Rp5 juta x 45 = Rp2,7 miliar.

2. Tabungan dana pensiun

Pensiun dini usia 45 tahun = Rp2,7 miliar : (45-30) : 12 = Rp15 juta

Pensiun dini usia 50 tahun = Rp2,7 miliar : (50-30) :12 = Rp11,25 juta 

Pensiun biasa usia 60 tahun = Rp2,7 miliar : (60-30) : 12 = Rp7,5 juta

Pensiun biasa usia 65 tahun = Rp2,7 miliar : (65-30) : 12 = Rp6,43 juta

Dari sini bisa terlihat bahwa Sobat Treasury sebaiknya menabung Rp11,25 juta-Rp15 juta per bulan untuk dana pensiun jika memutuskan pensiun dini.

Untuk pensiun biasa, kamu sebaiknya menabung Rp6,43 juta-Rp7,5 juta per bulan.

 

Coba Emas Deh, Harganya Naik Tiap Tahun, Lho 

Untuk dana pensiun, kamu bisa memilih emas sebagai tempat menabung. Mengapa? Selain tahan karat dan nilainya tidak tergerus inflasi, harga emas cenderung stabil ketika perekonomian sedang memburuk. Walaupun cenderung stabil, harganya juga naik setiap tahun, lho!

Nggak percaya? Nih, ada buktinya. Kita lihat harga emas Treasury saat ini ada di Rp971.585 per gram. Lima tahun yang lalu, harga emas berada di Rp519.054. Selama periode ini, harganya naik 87,18 persen!

Lalu, jika dibandingkan pada 2013, harganya melesat 84,13 persen. Saat itu, harganya ada di Rp411.985 per gram.

 

Beli Emas dengan Sekali Klik

Ada juga kelebihan emas lainnya di samping tahan karat, tahan inflasi, yaitu mudah dijual. Kamu bisa menjual logam mulia ini kapan pun saat butuh uang. Makanya, banyak orang menjadikan emas sebagai dana darurat.  Apalagi, sekarang logam mulia ini juga bisa dibeli secara online melalui smartphone.

Aplikasi emas digital seperti Treasury bisa dijadikan pilihan. Kamu bisa membeli emas digital mulai dari Rp5 ribu. Lebih murah daripada semangkok mi kocok bandung, kan?

Selain harga yang terjangkau, Treasury juga menyediakan banyak keuntungan yang bisa dicoba. Contohnya, fitur Rencana Emas yang mempermudah kamu untuk merencanakan keuangan. Sedang butuh uang? Kamu bisa menjual aset digitalmu menjadi uang tunai. Atau, menjaminkannya melalui fitur Jamimas. Kamu juga akan mendapatkan jaminan kepemilikan emas di PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) sesuai dengan gramasi. Keamanan dan legalitas aplikasi ini terjamin karena sudah terdaftar di otoritas terkait.

Tak hanya emas digital, Sobat Treasury bisa membeli logam mulia batangan, koin emas Koin Nusantara, serta koleksi perhiasan dari UBS Lifestyle. Kamu pun juga bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan mulai dari 0,1 gram. Menarik, ya? Makanya investasi emas di Treasury sekarang!