#RekomendasiGoldy: Analisa Harga Emas 19 Februari 2021



Okay, kali ini Goldy akan melanjutkan #RekomendasiGoldy Analisa Harga Emas series ketiga ya. Seperti yang kita ketahui, salah satu yang mempengaruhi pergerakan harga Emas adalah USD/IDR. Apa tuh artinya? USD/IDR itu berarti posisi nilai tukar USD terhadap IDR. Contohnya gini, jika beberapa hari lalu 1 US$ setara dengan Rp 14.500 dan hari ini 14.000an. Artinya USD melemah dan IDR menguat.


Seperti yang kita ketahui perdagangan global cenderung menggunakan mata uang USD sebagai alat tukar utama, salah satunya adalah harga Emas dunia. Goldy analisa beberapa hari lalu di minggu ini, USD/IDR mengalami penurunan -0.96%, ini menjadi salah satu faktor penurunan harga Emas Treasury di minggu ini. Jadi saat USD melemah terhadap rupiah, maka harga emas menjadi lebih murah saat dikonversikan dalam rupiah yang mengakibatkan harga Emas Treasury mengalami penurunan di beberapa hari di minggu ini.


Di sisi lain, harga Emas dunia sendiri mengalami penurunan sebesar -2.24% yang diikuti oleh harga Emas Treasury sebesar -3.20%. Hal Ini mungkin efek dari kondisi geopolitik & ekonomi di Amerika Serikat, Para pelaku pasar lebih memilih instrumen investasi lainnya dibanding emas untuk saat ini. Terbukti dari naiknya yield obligasi Amerika Serikat hingga ke level tertinggi sejak Februari 2020. Survey yang dilakukan oleh Kitco terhadap analis Wall Street menyebutkan bahwa 10 dari 14 analis memperkirakan harga emas masih akan tertekan di minggu ini jika melihat trend wait and see yang terjadi. Para pelaku pasar sedang menunggu cairnya stimulus fiskal Amerika Serikat yang akhirnya nanti akan mempengaruhi volatilitas pasar dan harga Emas ke depannya.


Selain itu, isu vaksin Covid 19 juga turut mempengaruhi pergerakan harga Emas. Baru - baru ini WHO sudah memberikan izin penggunaan darurat vaksin AstraZeneca besutan Universitas Oxford, sehingga memperluas akses dunia terhadap vaksin. Distribusi vaksin untuk global  kemungkinan akan turut mempengaruhi pergerakan harga Emas kedepannya.


Nah, bagaiman analisa pergerakan harga Emas di minggu ini? Memang membaca dan memprediksi situasi pasar bukanlah hal yang mudah. Tetapi kalian harus ingat, bahwa #PunyaSimpenan Emas lebih menguntungkan sebagai investasi masa depan dibandingkan dalam waktu dekat. Tetap semangat untuk menyisihkan dana dan rutin terus tambah saldo Emas kalian untuk raih #MasaKeEmasan!