Puas dengan Gajimu Sekarang? Coba Cara Lain dapat Income Tambahan



atau gaji bulanan? Tentu menjadi impian banyak orang yang ingin bebas finansial dengan mendapat pemasukan di luar gaji atau honor bulanan. Uang memang bukan segalanya, tapi semuanya perlu uang. Untuk itu kita harus paham dulu jenis-jenis sumber penghasilan selain gaji.

 

Sumber Pendapatan Aktif

Sumber penghasilan aktif atau kerap disebut sebagai active income adalah penghasilan yang diperoleh atas apa yang dikerjakan. Artinya uang yang kamu hasilkan berasal dari  keringat kamu sendiri. Contoh pendapatan ini adalah gaji, bonus, tunjangan, uang lembur.  

Namun kamu juga bisa berwirausaha. Kamu coba cari usaha yang sedang ramai dengan modal yang kira-kira kamu punya dan cocok tanpa menyita waktu kamu bekerja, atau bekerja di dua perusahaan yang berbeda. Berwirausaha menghasilkan pendapatan setiap bulannya begitu juga dengan bekerja di perusahaan yang berbeda.  

 

2. Pendapatan Pasif

Dan sebaliknya, sumber pemasukan apapun tanpa kamu harus aktif bekerja sepanjang waktu adalah pendapatan pasif seperti penghasilan dari rumah kontrakan, kos-kosan. Poinnya pemasukan kamu bahkan masuk ketika kamu sedang tidur. Namun biasanya pemasukan pasif ini butuh modal besar, seperti membeli kos-kosan atau kontrakan kecuali kamu dapat warisan. 

Namun ada beberapa yang bisa dilakukan di era digital yang hanya butuh modal kecil seperti menjual produk digital download bisnis online otomatis, affiliate marketing, royalti. Kamu dapat mengatur sistem agar bisnis online berjalan otomatis namun income tetap masuk.  

 

3. Pendapatan Portofolio

Jenis yang ketiga ini akan sedikit berbeda dengan yang jenis pendapatan aktif maupun pasif. Untuk jenis ini dihasilkan oleh produk-produk investasi yang memiliki keuntungan jangka panjang mengalami kenaikan terus menerus. Contohnya beli emas, reksadana, saham, kontrak berjangka (derivatif) dan lainnya.

Jenis sumber pemasukan ini sangat diminati mereka yang gemar berinvestasi. Uang kamu akan tetap bekerja, meskipun kamu sedang tidur. Uang dalam investasi sering kali memiliki efek bola salju atau efek majemuk karena dapat menghasilkan uang secara konsisten. Namun kamu harus perhatikan bahwa untuk memulai berinvestasi perlu memiliki “uang dingin” atau kelebihan uang yang tak terpakai. Kamu juga harus melakukan riset agar bisa berinvestasi secara tepat.  

Sobat Treasury, ada tips yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama?  

 

1. Manfaatkan internet Semaksimal Mungkin 

Kemudahan akses internet membuka lebar peluang bagi siapapun untuk dapat belajar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Hampir semua hal dapat kamu temukan di internet secara gratis, termasuk inspirasi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menyimak beberapa video tips dan trik singkat di YouTube, diskusi di forum-forum terpercaya. 

 

2. Manajemen waktu di luar jam kerja 

Manajemen waktu yang baik merupakan kunci utama untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya dengan memanfaatkan waktu luang untuk mengambil pekerjaan lain di luar pekerjaan utama. Hal ini penting agar kamu dapat fokus menjalani kedua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kamu. Misalnya, mengambil pekerjaan freelance saat weekend.

 

3. Carilah Investasi yang Cocok

Investasi merupakan salah satu cara yang praktis untuk mendapatkan passive income karena bisa dilakukan secara online melalui gadget saja. Kamu bisa memulainya dengan  beli emas secara digital misalnya. Investasi emas digital lebih menguntungkan karena nilai emas yang terus naik dan tak butuh modal yang besar.  

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

Sobat bahkan bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di  Treasury!

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!