Prediksi Harga Emas 2023 Makin Mantap, Ini Rinciannya



Harga emas memang telah melalui hari-hari sulit sepanjang tahun ini. Bagaimana prediksi harga emas 2023? Apakah sesuram 2022 atau justru malah makin cuan?

Sebelum membahas 2023, alangkah baiknya kita napak tilas sebentar tentang perjalanannya pada 2022. Tahun 2022 merupakan masa suram bagi logam kuning itu karena menghadapi dua tantangan yang signifikan.

Pertama, Federal Reserve menaikkan suku bunga sebanyak 425 basis poin untuk menekan inflasi. Sikap ini merupakan yang paling agresif selama 41 tahun. Kedua, suku bunga AS yang tinggi ini mengerek imbal hasil surat utang dan dolar AS ke level tertinggi selama 20 tahun. Namun, hambatan ini akan mereda setelah Fed Rate bertengger di atas 5 persen pada semester I 2023. Ibarat menemukan oase di tengah gurun, logam mulia ini langsung naik 11 persen pada kuartal IV 2022 dari level terendah selama dua tahun ke level US$1.800 per ons.

 

Begini Prediksi Harga Emas 2023

Sebagian besar analis relatif netral terhadap logam mulia. Menurut mereka, perkiraan harga emas 2023 ada di US$1.850 per ons. Para analis menilai semester I 2023 masih menjadi momok bagi emas karena suku bunga Fed akan terus naik. Suku bunga yang tinggi memang akan meningkatkan biaya peluang memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil itu. Kemudian, harga emas mulai pulih pada semester selanjutnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan harga emas naik. Misalnya, inflasi yang menurunkan suku bunga acuan Fed.

Memang, Fed telah membuat proyek dot plot. Di proyek ini, bank sentral AS menarget suku bunga acuannya tembus 5,1 persen pada 2023. Kemudian, suku bunga itu berangsur turun ke 4,1 persen pada 2024 dan 3,1 persen pada 2025 Di samping itu, ketegangan politik juga ikut menaikkan harga emas. Bank-bank sentral pun beramai-ramai memborong emas untuk meningkatkan cadangannya. Menurut penasihat senior untuk Canadian Securities Exchange, Mark Francis, harga emas 2023 bisa terkerek ke US$2.224 per ons.

 

Investor Ritel Yakin Harga Emas Bisa To The Moon

Investor ritel pun optimistis terhadap harga logam mulia. Menurut survei Kitco Metals, dari 1.213 responden, mayoritas mereka menyuarakan emas tembus hingga US$2.279 per ons. Sementara itu, hanya ada 111 responden yang melihat harga logam mulia itu akan melayang ke bawah US$1.800 per ons. Survei ini juga memperlihatkan investor ritel lebih bullish daripada analis dan lembaga keuangan Wall Street.

Bank of America merupakan yang paling bullish untuk harga emas. Analis membuat prediksi harga emas 2023 tembus US$2 ribu per ons. Ahli Strategi Komoditas Bank of America, Michael Widmer, mengatakan pasar emas yang bagus bisa muncul begitu Federal Reserve berhenti menaikkan suku bunganya.

 

Harga Emas 2023 Makin Kinclong Karena Banyak Dukungan

Selain penurunan suku bunga dan faktor lainnya, harga emas juga mendapatkan dukungan dari ancaman resesi. Menurut Daniel Hynes dari Australia dan Selandia Baru Banking Group (ANZ), reli emas akan datang ketika ekonomi global mentok. “Kebijakan moneter yang lebih ketat di tengah inflasi yang tinggi, memungkinkan ekonomi tumbuh melambat pada 2023. Latar belakang ini biasanya positif bagi emas,” kata Hynes.

 

Perkiraan harga emas 2023 makin mantap, ya, Sobat Treasury? Ini berarti peluang emas makin cuan pun semakin besar.

Jika ingin punya logam mulia, inilah kesempatan yang bagus. Pada akhir tahun biasanya ada windows dressing dan harga emas biasanya melemah. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Apalagi sekarang, membeli emas makin mudah. Tidak perlu repot pergi ke toko, Sobat Treasury bisa membelinya melalui aplikasi smartphone.

Kamu bisa memilih aplikasi emas digital seperti Treasury sebagai pilihan investasi. Harga emas Treasury sangat terjangkau, mulai dari Rp5 ribu. Sobat Treasury juga mendapatkan jaminan kepemilikan emas dari PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Kamu juga bisa mencetak emas digital menjadi logam mulia batangan melalui fitur Cetak Emas. Jika sedang butuh dana cepat, Sobat Treasury bisa menjual sementara emas digitalmu melalui fitur Jamimas. Merencanakan keuangan pun semakin mudah dengan Rencana Emas.

Kamu juga bisa membeli koin emas Koin Nusantara dan koleksi perhiasan dari UBS Lifestyle. Buruan download Treasury sekarang supaya tidak ketinggalan momen emas murah!