😏Pola Pikir yang Harus Dihindari Biar Keuangan Makmur



Setiap orang pasti ingin keuangannya makmur. Ini bukan hanya soal gaji besar dan old money alias sudah kaya dari sananya. Keuangan makmur itu berasal dari mindset yang juga makmur, yang bikin kamu jadi berusaha lebih untuk hidup lebih baik. Nah, berikut Goldy kasih beberapa mindset yang harus dihindari biar kamu cuan terus!

1. “Uang bisa datang sendiri, santai aja”

Walau Goldy percaya 100% sama kalimat, “rezeki udah diatur”, tapi jangan jadi pembenaran untuk terlalu santai dannggak mau usaha ya. Tidak mau berusaha tapi kok cita-citanya kaya? Ingat guys,ada ikhtiar sebelum berserah: jadi memang kamu harus berusaha dulu biar rezekinya datang. Setelah itu, pinter-pinter diatur, biar nggak kekurangan. Gitu ya!

2. “Duh, males ah nyimpen recehan”

Coba cek, seberapa sering kamu ngomong gini. Memang sih, secara nominal, uang recehan seperti Rp 100, Rp 500 bahkan seribuan tuh nilainya kecil banget, tapi jangan pernah meremehkan ‘the power of recehan!’ Tahu nggak, kalau dikumpulkan, recehan ini bakal bernilai tinggi. Coba deh, kumpulin sehari seribu rupiah, dalam lima hari, kamu sudah bisa tuh jajan Emas di Treasury. Kalau rutin dilakukan, dalam sebulan, kamu bisa jajan Emas Rp 30ribu! Lumayan kan? Jadi sekarang, kalau ada kembalian recehan, jangan disia-sia ya. Disimpan aja, biar #PunyaSimpenan Emas.

3. “Investasi sih buat orang tua!”

Ini salah satu stigma yang nempel banget di kepala. Tapi untungnya, seiring dengan meningkatnya tren berinvestasi, mulai banyak anak muda yang memilih untuk menginvestasikan uang mereka dengan berbagai cara. Saran Goldy, pilih yang sesuai sama kebutuhan dan nyaman kamu lakukan. Cari-cari dulu informasinya di internet atau bertanya pada teman yang sudah lebih paham soal investasi ini.

4. “Hidup kan cuma sekali”

Salah satu mantra yang kerap terucap jadi pembenaran untuk banyak jajan. Kamu gini juga kah? Tren YOLO alias You Only Live Once ini, kalau disalah artikan memang jadi bikin hidup seolah nggak bertanggung jawab ya. Berpikir gini boleh, untuk hal-hal yang positif, jadi motivasi untuk berani mencoba. Tapi jangan digunakan saat kamu mau belanja ya!