Perusak Masa Depan Itu Bernama Lifestyle Creep, Waspada Terjangkit Penyakit Ini!



Fenomena Lifestyle Creep menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Kondisi ini dimana gaji mengalami kenaikan tetapi jumlah tabungan stagnan. Malah tagihan untuk gaya hidup yang semakin membebani. Meningkatnya pengeluaran untuk standar gaya hidup karena adanya pendapatan yang bertambah membuat banyak orang terjebak di dalamnya sehingga menghancurkan pondasi finansial mereka.  

Ciri dari gaya hidup ini adalah perubahan dalam pemikiran dan perilaku dalam memandang pengeluaran. Pengeluaran lebih ditujukan pada barang-barang yang bersifat keinginan sementara dan tidak penting. Bukan berdasarkan untuk memenuhi keperluan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Alih-alih digunakan untuk menabung, kenaikan pendapatan malah digunakan untuk meningkatkan standar gaya hidup.

Kondisi bisa menjadi menjadi sangat parah dan merusak masa depan ketika gaya hidup lifestyle creep ini tak kunjung sembuh namun pendapatanmu sudah menurun seperti karena kehilangan pekerjaan atau memasuki masa pensiun sehingga pada akhirnya menguras semua tabungan dan aset yang ada.  

 

Ciri-ciri Kamu Terjangkit Lifestyle Creep

Saat mengalami peningkatan pendapatan, seringkali orang suka lupa daratan. Mendadak punya gaya hidup tanpa kontrol menyesuaikan antara kebutuhan dan gaya hidup.  

Salah satu tanda seseorang terjangkit gaya hidup Creep dengan cara sederhana salah satunya   kamu sering gonta-ganti gadget terbaru dan langganan tv kabel berbayar yang sebenarnya tidak diperlukan. Cara konsumsi makanan dan berpakaian kamu juga sudah menguras banyak budget bulanan. Sehingga pada akhirnya di lemari pakaian kamu ternyata banyak pakaian berharga mahal yang jarang terpakai.   

Kondisi ini akhirnya merembet pada anggaran keuangan kamu yang amburadul tanpa tujuan yang pasti untuk masa depan.  

 

Cara Menghindari Lifestyle Creep

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghindari gaya hidup ini adalah kembali menuliskan tujuan dan prioritas hidup kamu sambil perlahan-lahan kembali belajar berhemat dan menyisihkan uang untuk menabung.  

Putuskan berapa banyak uang yang ingin kamu hemat dari setiap pendapatan dan jadikan itu sebagai kebiasaan. Sehingga ketika  hal ini sudah menjadi mekanisme otomatis dalam dirimu, cobalah untuk meningkatkan jumlah uang yang kamu simpan. Soal urusan beli barang dan liburan tentunya kamu bisa memilih barang yang cenderung kamu butuhkan dan liburan di tempat-tempat menyenangkan namun dengan budget murah. Hal yang perlu diingat adalah bagaimana cara kita menghargai diri sendiri dengan bijaksana.

 Ada baiknya saat mengalami peningkatan pendapatan, lakukan perubahan gaya hidup secara bertahap. Kamu juga tetap bisa punya hobi yang murah seperti bersepeda atau berkumpul bersama teman untuk memainkan aneka permainan papan, maka teruskan hobi tersebut.

Kamu juga berhak merayakan prestasi dan menikmati kesuksesan diri sendiri, namun tetap terukur, disiplin finansial, mempelajari cara berhemat dan mempertahankan gaya hidup sederhana akan membantu meraih tujuan hidup yang sudah kamu idamkan sejak lama.

 

Mulailah Belajar Berinvestasi

Salah satu cara agar kamu bisa mengalokasikan dengan bijak pendapatanmu yang meningkat ada baiknya kamu sudah memulai belajar berinvestasi. Usahakan kamu memulainya dengan investasi menguntungkan dengan modal yang terjangkau dan murah terlebih dahulu.

Kabar baiknya, kamu bahkan bisa memulai investasi dengan nominal kecil di Treasury! 

Kamu bisa membelinya secara online melalui aplikasi smartphone. Treasury menjadi platform yang tepat bagimu untuk investasi emas! Apalagi di Treasury kamu bisa beli emasi mulai dari Rp5.000, lebih murah dari harga segelas es kopi susu atau bahkan semangkuk mie ayam!

 Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. 

Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa menumbuhkan asetmu s.d 9% p.a di fitur Panen Emas atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah. Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Bagaimana? Menarik, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!