Pertama Kali Beli Perhiasan Emas? Yuk Baca Tips Ini Dulu



Selain logam batangan, perhiasan juga sering menjadi investasi oleh orang-orang. Di samping bentuknya yang beraneka ragam dan bisa mempercantik penampilan, harga perhiasan lebih terjangkau daripada logam mulia batangan. Tidak sedikit orang menyukai perhiasan yang berhias batu permata seperti berlian. Selain terbuat dari emas (tentunya), berlian memberikan kesan mewah dan anggun. Bahkan, bisa dijadikan sebagai investasi jika permata itu mengantongi sertifikat yang resmi.

Lalu, bagaimana caranya membeli perhiasan emas bagi seorang pemula?

 

Sebelum Membeli Perhiasan

Sebelum membeli perhiasan emas, pastikan kamu sudah mengetahui kadarnya. Perhiasan dengan kandungan emas tertinggi adalah 24 karat. Jika ingin beli gelang atau cincin, perhiasan dengan emas 10-12 karat sudah cukup bagus. Bagaimana dengan anting dan kalung? Kamu bisa memilih perhiasan dengan emas 14-18 karat.

Sobat Treasury bisa mengecek harga sebelum beli perhiasan. Kamu bisa membandingkannya antara satu toko dengan toko yang lain. Jangan lupa juga membelinya ketika harga emas sedang turun, ya.

Kamu juga sebaiknya memilih perhiasan yang mengkilap dan tidak ada goresan. Jangan sampai membeli barang yang tidak berkilau karena bisa berpengaruh terhadap harga jual. Pastikan juga membeli emas di tempat yang bereputasi baik.

Pastikan juga kamu mengetahui jenis emas yang akan dibeli, yaitu emas putih, emas kuning, dan rose gold. Emas putih merupakan emas yang dicampur dengan logam lainnya yang berwarna putih seperti perak dan paladium. Sementara itu, emas merah atau rose gold terbuat dari emas yang dicampur dengan logam berwarna kemerahan seperti tembaga.

Setelah membeli, jangan lupa untuk menyimpan nota pembelian, ya, Sobat Treasury. Nota ini berisi harga perhiasan, berat, dan kadar emas. Plus, ada gambar bentuk perhiasan. Nota ini jangan sampai hilang jika kamu ingin menjualnya kembali suatu saat. Kalau tidak ada nota ini, kamu bisa rugi banyak ketika menjualnya kembali.

 

Cara Cek Keaslian Berlian

Jika ingin perhiasan emas yang berhias berlian, kamu bisa memastikan apakah permata tersebut mengantongi sertifikat atau tidak. Misalnya, sertifikat dari Gemological Institute of America (GIA). Sertifikat ini menjamin keaslian dan kualitas berlian. Berlian yang sudah mengantongi sertifikat ini, punya harga yang lebih mahal dan harganya bisa naik.  

Lalu, bagaimana caranya mengecek kualitas permata itu? Ada skala D-Z untuk warna berlian. Warna tertinggi adalah berlian dengan skala D dan jejak warnanya paling sedikit. Sementara itu, skala warna Z ini punya warna terendah dan jejak terbanyak. Semakin jernih berlian dan tidak ada jejak, batu itu semakin langka dan mahal.

 

Perawatan

Sebaiknya kamu mencuci perhiasan emas setelah tiga bulan pemakaian. Perlu diingat, pencuciannya pun menyesuaikan seberapa sering perhiasan itu dipakai dan jenis aktivitasnya. Lalu, bagaimana jika perhiasan emas punya hiasan batu permata, seperti berlian? Kamu bisa mencucinya dengan air hangat yang sudah bercampur dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Selanjutnya, perhiasan direndam sekitar 5 menit. Lalu, keringkan dengan kain yang lembut.

Memang disarankan untuk tidak terlalu sering mencuci perhiasan agar bobotnya tidak cepat susut. Jangan gunakan air mendidih untuk mencuci perhiasan karena bisa merusak emas hingga membuat permata terlepas dari tempatnya. 

Kamu sebaiknya melepas perhiasan ketika mandi atau memakai makeup dan skincare agar tidak sering terpapar bahan- bahan kimia dan menjaganya agar tidak mudah kotor. Lebih baik menyimpan perhiasan di kotak perhiasan. Jangan ditumpuk ya karena bisa saling menempel, bahkan warnanya bisa memudar.

 

Kamu Bisa Beli Perhiasan Emas di Sini 

Mau beli perhiasan yang bertatah berlian? Kamu bisa melirik koleksi perhiasan serial Lumine dan edisinya terbatas. Lumine merupakan kolaborasi Treasury dengan FROM.Story. Perhiasan Lumine ini terbuat dari emas 18 karat dan berhias berlian 0,02-0,08 karat. Ada tiga perhiasan yang termasuk ke serial ini, yaitu kalung Vega serta anting-anting Andromeda dan Polaris.

Berlian yang digunakan sudah mengantongi sertifikat GIA, lho! Permata yang sudah mengantongi sertifikat GIA itu sudah terjamin keaslian dan kualitasnya sehingga perhiasan yang dimiliki bisa dijadikan investasi karena harganya bisa naik!

Vega

Vega

Kalung Emas 18 karat dengan berat 1 gr ini, terinspirasi dari terangnya bintang Vega yang merupakan salah satu bintang dengan sinar paling terang dalam konstelasi Lyra, atau kerap disebut sebagai bintang utara. 


Andro

Andromeda

Terinspirasi dari bintang terang Alpha Andromedae serta seorang putri cantik dari mitologi Yunani, Andromeda, anting Emas 18 karat dengan berat 2 gr ini akan menemani dan memberikan semangat dengan pancaran kemilau dari Berlian 0,08 ct yang menempel di tengahnya.


Polaris

Polaris

Anting Emas 18 karat dengan berat 2,1 gr yang terinspirasi dari rasi bintang Polaris yang kerap digunakan sebagai panduan arah oleh para pelaut. Cahaya Polaris makin gemilang, berkat batu Berlian 0,08 ct yang seolah akan menjadi cahaya penuntun arah dalam perjuangan meraih mimpi.

Kamu bisa membeli perhiasan Lumine di aplikasi Treasury. Yuk, cek fitur Perhiasan sekarang!