Pentingnya #PunyaSimpenan Emas untuk Dana Persalinan🤰



Salah satu hal penting yang harus disiapkan ketika kamu memutuskan untuk menikah adalah, dana persalinan. Walau mungkin ada beberapa pasangan yang menunda memiliki momongan, dana persalinan tetaplah harus disiapkan jauh-jauh hari, ingatlah kata pepatah menabung: “semakin dini dimulai, semakin kecil angka yang harus disisihkan” (Treasury, 2020).


Menyiapkan dana persalinan ini agak tricky, karena sedikit berbeda dari dana pendidikan yang mungkin nilainya bisa dihitung -dengan menambahkan inflasi 30% di tiap tahun. Ada banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi saat Kamu atau istrimu melahirkan. Sebelum menentukan jumlah dana persalinan yang harus disiapkan (goals Kamu), tentukan dulu RS/Klinik tempat melahirkan kelak. Cek biayanya, itulah goals Kamu.


Ketika mengecek biaya di RS, jangan hanya melihat angka terendah (kelahiran normal, kamar kelas 3), tapi coba ambil angka tertinggi (operasi, kamar VIP). Mengapa? Karena Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi saat proses persalinan berlangsung. Mungkin Kamu ingin melakukan persalinan normal, tapi ternyata ada kondisi yang mengharuskan operasi, atau mungkin bayi nanti harus dirawat sebentar.


Selain menyiapkan dana untuk proses persalinan, Kamu juga harus menyisihkan dana paling tidak 300rb - 700rb/bulan untuk cek kehamilan. Syukur-syukur, kondisi kehamilan baik-baik saja, jadi kontrol kehamilan bisa dilakukan per-trismester. Tapi, tetap,we have to be ready for the worst. Syukur-syukur juga kalau ternyata biaya cek kehamilan ini ditanggung oleh kantor, tapi tak ada salahnya untuk tetap menyisihkan dana, kalaupun tidak terpakai toh bisa dialihkan jadi simpenan lain.

Setelah ketemu angka yang tepat, mulailah atur rencana keuangan untuk menyisihkan uang tiap bulannya. Bisa buka tabungan sendiri yang berbeda dari tabungan kebutuhan harian. Atau bisa juga coba menyimpan uang dalam bentuk Emas. Mulai beli Emas sedikit demi sedikit, hingga goals Kamu tercapai. Karena nilai Emas yang selalu meninggi tiap saat, Kamu akan dapat keuntungan lebih dibanding hanya ditabung saja. Yang paling penting sih, menyiapkan dana persalinan itu harus dilakukan sedini mungkin, mungkin dari hari Kamu menikah.


Belum punya rencana menikah dalam waktu dekat karena masih jomblo? Nggak apa-apa, #PunyaSimpenan Emas itu akan selalu memberi manfaat kok! Untuk mempermudah kamu buat mempersiapkan dana persalinan, kamu bisa menggunakan fitur Rencana Emas. Yok, mulai sekarang yok 💪