Pasangan Tak Jujur Soal Uang? Begini Cara Mengatasinya



Pasangan Tak Jujur Soal Uang? Begini Cara Mengatasinya

Jujur dan saling terbuka merupakan pondasi penting bagi kehidupan rumah tangga. Sayangnya, masih ada yang menutup-nutupi untuk urusan duit. Ditambah lagi, kebohongan itu bisa merusak rumah tangga mereka.

Pernah mendengar soal suami yang menyembunyikan uang dari istrinya? Di Thailand, ada kejadian di mana seorang suami menyembunyikan sebagian uang dari sang istri. Diketahui pria itu menyimpan uang senilai Rp19,3 juta di dekat mesin mobil yang terhubung di dashboard, dikutip dari Indozone. Meskipun tersembunyi di tempat yang tak diduga, istrinya masih bisa menemukan keberadaan uang itu. Ketika ditemukan, apesnya, ada tiga perempat bagian uang itu yang sudah dimakan tikus.

Kemudian, ada juga kejadian suami ketahuan menyimpan uang di botol bedak anaknya. Video yang sempat viral di TikTok ini memperlihatkan sebotol bayi yang berisi penuh dengan lembaran uang Rp100 ribu, dikutip dari Brilio.

Ada sebuah studi yang dilakukan oleh CreditCards.com terhadap 7,2 juta warga AS. Hasilnya menunjukkan bahwa 1 dari 5 orang AS menghabiskan uang sebanyak US$500 untuk membeli barang yang tidak diketahui oleh pasangannya, melansir Liputan6.com. Ada 26 persen suami yang melakukan pembelian rahasia ini, sedangkan istri hanya 14 persen.

Kemudian, ada 4,4 juta laki-laki dan 2,8 juta Wanita AS yang menyembunyikan rekening bank atau kartu kredit dari pasangannya.

Analis industri senior CreditCards.com, Matt Schulz, mengatakan ketidakjujuran ini merupakan masalah besar. Bahkan, sifat tidak terbuka ini bisa membawa rumah tangga ke ambang perceraian. Menurut studi Kansas State University pada 2013, ada 4.500 pasangan yang bercerai karena bertengkar soal uang.

“Setiap ada rahasia yang disembunyikan, ini akan berubah jadi persoalan pada masa depan,” kata Schulz.

 

Alasan Sembunyikan Uang dari Pasangan

Dilansir dari ruangmom, ada beberapa alasan uang disembunyikan—dalam hal ini suami—dari pasangannya.

Pertama, boros dan pelit. Ada orang yang menyembunyikan uang karena pasangannya terlalu boros dan tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Makanya, tak jarang suami malas jujur tentang penghasilannya.

Mereka juga menilai pasangannya itu kikir dan sangat perhitungan. Misalnya, istrinya melarang suami untuk membeli barang yang diidamkan, padahal uang yang akan digunakan itu merupakan hasil keringatnya sendiri.

Kedua, posesif. Suami menyembunyikan masalah uang karena merasa istrinya posesif dan curiga yang berlebihan. Ini yang membuat dirinya tidak jujur tentang gaji atau bonus yang didapatkannya.

Ketiga, punya tanggungan lain. Ada juga alasan menyembunyikan masalah uang karena punya tanggungan yang lain. Misalnya, harus membayar utang keluarga atau menghidupi orang tua.

 

Ciri-ciri Pasangan Bohong tentang Uang

 

1. Membuat Tabungan Rahasia

Sifat orang berbeda-beda dalam memperlakukan uang. Ada yang hemat dan suka menabung dan ada pula yang boros. Kalau dua orang yang bersifat yang bertolak belakang ini berada dalam pernikahan, yang ada hanya membuat stres. Untuk menghindari pasangannya membelanjakan uang, salah satu pihak ini membuat tabungan rahasia.

 

2. Menyembunyikan Jumlah Penghasilan

Melansir Koinwork, jujur dan terbuka dalam uang bisa menghindarkanmu dari salah paham pasangan. Orang yang tidak jujur soal uang akan menyembunyikan jumlah penghasilannya. Ini bisa membuat pasangannya salah paham dan menganggapmu berpenghasilan lebih besar daripada sebenarnya dan memintamu untuk melakukan pembelian besar, seperti rumah dan mobil.

 

3. Merahasiakan Hutang

Ibarat peribahasa, sebaik-baiknya menutup bangkai akhirnya tercium juga, hutang pun juga demikian. Pinjaman yang ditutupi dari pasangan akan terbuka secara perlahan, misalnya kamu ketahuan meminjam uang dari pinjaman online dan akhirnya pasanganmu tahu.

Jangan sampai masalah hutang ini bisa menurunkan daya beli dan kebutuhan pokok pun tidak terpenuhi dengan baik. Kamu bisa mengajak pasangan untuk menabung dan berinvestasi agar kebutuhan pada masa depan bisa terpenuhi dengan baik.

 

Tips Hadapi Pasangan yang Tak Jujur soal Uang

Lalu, bagaimana cara menghadapinya? Pertama, memahami penyebab pasangan bohong soal uang. Supaya tidak terjadi pertengkaran, kamu bisa menerapkan tips-tips ini.

 

Pertama, memahami penyebabnya. Sebelum berpikir buruk, kamu bisa memahami terlebih dahulu alasan pasangan tidak jujur terhadap keuangan. Perlu diingat bahwa komunikasi merupakan kunci hubungan yang harmonis. Sobat Treasury bisa mengajak pasangan untuk duduk tenang dan bicara jujur. Saat inilah, kendala-kendala dalam urusan finansial dibicarakan agar bisa diatasi bersama.

 

Kedua, gunakan bantuan orang ketiga. Sobat Treasury bisa meminta tolong orang ketiga sebagai penasihat. Sebaiknya pihak ketiga ini merupakan orang yang netral, seperti psikolog atau konsultan keuangan. Lebih baik menghindari penengah dari keluarga agar tidak terjadi pilih kasih.

 

Ketiga, jangan pelit atau boros. Mengatur keuangan memang gampang-gampang susah. Kalau diberikan kepercayaan sebagai pengelola keuangan rumah tangga, tunjukkanlah bahwa kamu bukanlah orang yang boros atau pelit.

 

Keempat, atur keuangan bersama-sama. Sobat Treasury dan pasangan bisa mengatur keuangan sesuai dengan hal-hal yang telah dibicarakan. Evaluasi keuangan setiap bulan tentang pemasukan dan pengeluaran secara transparan untuk mencegah pertengkaran.

 

Kalau masih ada sisa pendapatan, kamu dan pasangan bisa mengalokasikannya ke investasi. Emas bisa kalian jadikan instrumen untuk mengembangbiakkan harta yang dimiliki.

Kamu bisa memilih aplikasi Treasury untuk investasi emas. Platform emas digital ini menawarkan sejumlah kemudahan untuk membeli logam kuning ini. Salah satunya dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp5 ribu.

 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan investasi emas di Treasury.

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun dibutuhkan atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!