Waspadai Boros yang Mengatasnamakan Self-reward!🤪



Seiring dengan makin tingginya awareness untuk mencintai diri sendiri alias love yourself, istilah self-reward juga semakin sering terdengar. Sebuah kegiatan di mana kita membeli sesuatu (biasanya sih, barang berharga) sebagai bentuk apresiasi untuk diri yang telah bekerja keras selama ini. Pentingkah? Penting banget, karena apresiasi itu bisa membuat kita lebih semangat melakukan sesuatu. Jadi wajar kok jika sesekali kita memberi self-reward.

Sayangnya, kadang kita lupa, self-reward itu memng baik tapi baiknya ya jangan sering-sering. Selain secara psikologis, bisa membuat self-reward ini jadi berkurang rasa spesialnya, juga bikin kantong menipis. Apalagi kalau barang yang dibeli cenderung mahal. Nah, biar tidak terjebak dalam gaya hidup boros berkedok self-reward, coba yuk cek lagi makna self-reward dan perbedaannya dengan ke-BM-an yang berhasil Treasury lansir dari berbagai sumber!

Definisinya

Secara harfiah, self-reward berarti apresiasi untuk diri sendiri setelah berhasil melewati atau melakukan sesuatu yang cukup melelahkan. Sebagai bentuk menghargai diri sendiri dan usaha yang dilakukan. Sayangnya, kadang  part, “melewati atau melakukan sesuatu yang cukup melelahkan” jadi bias. Harus selelah apakah untuk bisa mengapresiasi diri dengan self-reward?

Pertanyaan ini tentunya tergantung dari Sobat Treasury, alias jawabannya bisa beda-beda. Tapi secara general, definisi “lelah” ini harusnya ketika kamu beneran butuh dipuk-puk karena sudah melewati badai. Nah, bentuk puk-puk inilah yang akhirnya bisa dianggap sebagai self-reward. 

Speaking of badai (tapi bukan Kerispatih), Treasury paham banget kok, beberapa tahun belakangan ini hidup itu terasa banget beratnya. Pandemi menyerang, banyak di antara kita yang terpaksa kehilangan mata pencahariaan atau sebaliknya, jadi harus kerja ekstra keras lagi untuk meraih omzet yang normal. Wajar banget kalau pada akhirnya mereka-mereka ini mengapresiasi dirinya dengan self-reward. Kamu salah satunya?

Sayangnya, ada banyak oknum yang lantas menjadikan self-reward ini sebagai pembenaran atas segala ke-BM-an berujung pemborosan sia-sia. Dikit-dikit self-reward, padahal hanya mau check out-in keranjang belanja di e-Commerce!

Nah, biar nggak kebablasan, berikut Goldy akan kasih paham, bedanya self-reward sama gaya hidup boros. Monggo disimak yorobun!

  1. Self-Reward, Ganjaran Kerja Keras. Boros, BM Aja!

Seperti sudah Goldy sebutkan di atas, self-reward ini merupakan apresiasi untuk diri sendiri setelah berhasil bertahan dan melakukan yang terbaik untuk melewati badai kehidupan dan pekerjaan (serta cinta). Biar mood baik lagi, penting banget untuk memberi hadiah ke diri sendiri. Meanwhile, ketika hidup gini-gini aja, terus tiba-tiba pengen beli self-reward, hati-hati… bisa jadi itu hanya BM. Coba direm ya!

  1. Hindari Utang

Sejatinya. Utang itu akan membuat hidup ribet di kemudian hari. Jadi sebisa mungkin hindari, terutama utang-utang konsumtif alias yang dikeluarkan untuk hal-hal kurang bermanfaat. Jika pada akhirnya kamu jadi harus berutang demi self-reward, bisa jadi ada yang harus kamu benahi dalam perencanaan keuanganmu alias, “tolong lah… jangan boros-boros amat!”

  1. Self-Reward Aslinya Tidak Selalu Menghabiskan Uang. Boros Sebaliknya.

Ini betul sekali yorobun. Karena bentuknya apresiasi, sebenarnya self-reward bisa kamu lakukan dalam bentuk selain belanja. Misalnya, tidur seharian atau rebahan sambil teleparty sama teman-teman. Pokoknya hal-hal yang bikin kamu merasa lebaih baik deh. Nah, jika ujungnya belanja lagi - belanja lagi, coba cek… jangan-jangan kamu hanya boros aja tuh! 

Beli Emas Sekarang

Banyak keuntungan yang Kamu dapatkan investasi emas di Treasury. 

Jaminan kepemilikan Logam Mulia di UBS (PT. Untung Bersama Sejahtera), sesuai dengan gramasi emas yang Kamu miliki di aplikasi Treasury. Kamu bisa mencetaknya menjadi Logam Mulia (emas fisik) mulai dari 0,1 gram, kapanpun Kamu membutuhkan, atau mencairkannya menjadi uang tunai hanya dalam 2x24 jam.

Lebih dari itu, Kamu juga bisa mewariskan investasi emas, membuat rencana masa dengan fitur Rencana Emas, transfer emas, serta membeli berbagai koleksi perhiasan terbaru dari UBS Lifestyle. Makanya, download aplikasi Treasury sekarang!