Harga Emas Dunia Pulih Sejenak di Tengah Ekspektasi The Fed Pertahankan Suku Bunga



Harga emas pulih sejenak setelah merosot ke posisi terendah dalam satu minggu pada perdagangan kemarin karena investor menunggu serangkaian pertemuan bank sentral pada minggu ini. investor telah berekspektasi bahwa The Fed akan kembali mempertahankan suku bunga pada pertemuan pekan ini sehingga membuat harga emas menguat.

 

Pada perdagangan Senin (18/3/2024) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,21% di posisi US$2.159,98 per troy ons. Penguatan tersebut sekaligus mengakhiri pelemahan yang terjadi dalam dua hari perdagangan sebelumnya. Sebelumnya, harga emas sempat turun 2 hari berturut-turut. Dalam sepekan terakhir, harga terpangkas 0,99% secara point-to-point. Meski demikian, harga emas masih mencatatkan kenaikan 7,1% selama sebulan terakhir.

 

Dot plot The Fed akan dirilis Rabu (20/3) waktu setempat. Pandangan The Fed ini akan mengungkapkan apakah data ekonomi yang masih kuat menjadi alasan pejabat The Fed untuk menunda rencana penurunan suku bunganya.

 

Keputusan The Fed akan berdampak besar ke emas karena mempengaruhi pergerakan dolar AS dan imbal hasil surat utang pemerintah AS. suku bunga yang lebih rendah akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury melemah, sehingga dapat menurunkan opportunity cost memegang emas. Sehingga emas menjadi lebih menarik untuk dikoleksi. Begitupun sebaliknya.

 

Namun angka inflasi AS yang masih panas membuat bank sentral The Fed sepertinya sulit untuk bisa menurunkan suku bunga acuan dalam waktu dekat.Inflasi di level produsen pada Februari tercatat 0,6% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Ini menjadi laju tercepat dalam 6 bulan terakhir. Sementara dibandingkan Februari 2023 (year-on-year/yoy), inflasi level produsen berada di 1,6%. Tertinggi sejak September tahun lalu.

 

Outlook the Fed yang hawkish akan mendukung naiknya yield obligasi treasury AS dan bisa menjadi petaka bagi harga emas yang bakal merosot. Tapi narasi jangka panjang untuk logam emas diperkirakan tetap bullish karena The Fed pada akhirnya akan berbalik arah ke penurunan suku bunga. Sementara permintaan emas terus didukung oleh pembelian bank sentral dan meningkatnya ketegangan geopolitik.

 

Investor juga mencermati terkait kapan waktu eksekusi Jepang untuk keluar dari suku bunga negatif. Bank of Japan (BoJ) diperkirakan akan mengakhiri kebijakan moneter ultra-dovishnya pada pertemuan dua hari yang berakhir pada hari ini.  Sementara, Bank of England (BoE) akan mengadakan pertemuannya pada Kamis dan diperkirakan akan tetap mempertahankan suku bunganya.   

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!