Harga Emas Bullish Sepanjang Pekan, Tensi Panas Geopolitik Jadi Pemicunya



Harga emas dunia bergerak positif dalam sepekan terakhir. Harga emas terus mengalami penguatan seiring meningkatnya permintaan safe-haven di tengah konflik Timur Tengah. Namun rilis notula rapat The Fed yang mengindikasikan bahwa suku bunga kemungkinan masih akan bertahan lama untuk sementara waktu masih menjadi sentimen negatif bagi harga emas.

 

Pada perdagangan Rabu (21/2/2024) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,07% di posisi US$ 2024,99 per troy ons. Sementara hari ini, Kamis (22/2/2024) pukul 06:00 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 2.026,03/ons. Naik tipis 0,02% dari hari sebelumnya dan jadi yang tertinggi sejak 6 Februari atau lebih dari 2 pekan terakhir.

 

Setidaknya ada 2 sentimen yang tarik-menarik dalam menentukan harga emas. Pertama adalah rilis notula rapat bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve. Kedua, tensi geopolitik di Timur Tengah yang masih panas. 

 

Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran terus melakukan serangan terhadap jalur pelayaran di Laut Merah dan Selat Bab al-Mandab, dengan setidaknya empat kapal lagi terkena serangan drone dan rudal sejak Jumat. Emas batangan dianggap sebagai nilai lindung terhadap ketidakpastian ekonomi dan geopolitik, sementara suku bunga yang lebih tinggi mengurangi daya tarik untuk memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

 

Sementara itu di sisi lain, dalam rapat akhir bulan lalu, Gubernur Jerome ‘Jay’ Powell dan kolega sepakat untuk mempertahankan suku bunga acuan di 5,25-5%. Dalam notula rapat terungkap mayoritas pejabat The Fed tidak ingin terlalu cepat dalam menurunkan suku bunga acuan. The Fed ingin terlebih dulu memastikan bahwa laju inflasi memang benar-benar melambat secara konsisten dan berkelanjutan menuju target 2 persen. Ini menjadi prasyarat utama sebelum memangkas Federal Funds Rate.

 

The Fed kemungkinan akan menurunkan suku bunga dana federal pada Juni 2024, menurut mayoritas ekonom yang disurvei oleh Reuters. Emas kemungkinan akan tetap berada dalam kisarannya, pasar saat ini akan melihat pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) pada pekan depan dan kemudian data gaji serta kesaksian Jerome Powell di Kongres pada awal Maret.

 

Sementara indeks dolar melemah 0,07% di level 104, pada perdagangan Rabu (21/2/2024), menjadikan emas batangan yang dihargakan dalam greenback lebih menarik bagi pembeli luar negeri. 

 

Sedangkan yield obligasi treasury AS benchmark 10 tahun naik ke arah 4.3% sehingga membebani harga emas menjelang dikeluarkannya risalah pertemuan FOMC the Fed.

 

Kenaikan yield obligasi treasury AS disebabkan karena pasar berbalik berhati-hati dan lebih memilih untuk menunggu petunjuk yang lebih jelas mengenai penurunan tingkat bunga sebelum menempatkan taruhan yang baru yang lebih besar lagi.

 

Harga emas kemungkinan akan tetap berada dalam kisarannya; pasar sekarang akan melihat pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) minggu depan dan kemudian data gaji dan kesaksian Jerome Powell di Kongres pada awal Maret 


 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp 5.000an di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! 

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!