Harga Emas Bikin Kejutan, Melejit Tertinggi Sepanjang Bulan Ini



Harga emas dunia melejit naik tinggi pada perdagangan kemarin. Rilis data ketenagakerjaan terbaru di Amerika Serikat (AS) serta melemahnya dolar AS menopang kenaikan harga sang logam mulia. Harga emas naik jadi yang tertinggi sepanjang bulan ini di tengah kegamangan The Fed menurunkan suku bunga,

 

Pada perdagangan Kamis (01/02/2024) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,87% di posisi US$ 2054,89 per troy ons. Kenaikan ini menjadi penguatan selama empat hari beruntun dalam pekan ini. Harga tersebut juga menjadi yang tertinggi sejak 2 Januari 2024 atau sebulan terakhir. 

 

Harga emas sedang menjalani tren positif. Dalam sepekan terakhir, harga nail 1,79% secara point-to-point. Pada Jumat (2/2/2024) pukul 06:27 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 2.056,07/ons. Naik 0,93% dibandingkan hari sebelumnya.

 

Kenaikan harga emas didorong oleh pengumuman data ketenagakerjaan AS. Pada pekan yang berakhir 27 Januari, klaim tunjangan pengangguran tercatat 224.000. Naik dari pekan sebelumnya yang sebanyak 215.000 sekaligus menjadi yang tertinggi sejak pertengahan November.

 

Angka itu juga lebih tinggi dibandingkan konsensus pasar yang dengan perkiraan 212.000. Data ini makin menegaskan bahwa ekonomi AS mulai ‘mendingin’. Oleh karena itu, penurunan suku bunga acuan adalah sebuah keniscayaan, meski belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

 

Kondisi membuat dolar AS melemah yang tentunya menguntungkan bagi emas. Indeks melemah ke 103,048 atau level terendahnya sejak 15 Januari 2024. Dolar yang melemah membuat emas semakin menarik karena lebih terjangkau untuk dibeli.

 

Menguatnya emas di tengah masih galaknya The Fed bukanlah hal yang umum. Emas biasanya langsung layu begitu The Fed menunjukkan sikap hawkishnya. Seperti diketahui, The Fed kembali menahan suku bunga acuan di level 5,25-5,50%. The Fed juga mengisyaratkan belum akan memangkas suku bunga acuan pada Maret mendatang.

 

Keputusan The Fed menahan suku bunga ini merupakan yang keempat kalinya dalam empat pertemuan terakhir. Keputusan juga sejalan dengan ekspektasi pasar. The Fed mengerek suku bunga sebesar 525 bps sejak Maret 2022 hingga Juli tahun ini sebelum menahannya pada September, November, Desember 2023, dan Januari. The Fed dalam pernyataan resminya mengatakan pemangkasan suku bunga tidak layak dilakukan selama mereka belum yakin jika inflasi bergerak ke arah 2%.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!