Dolar AS Anjlok di Zona Merah, Harga Emas Dunia Langsung Melejit



Harga emas naik ke level tertinggi dalam dua minggu pada perdagangan Selasa, didukung oleh pelemahan dolar dan penurunan imbal hasil Treasury, sementara fokus beralih ke pertemuan kebijakan The Fed untuk mengetahui seberapa cepat mereka akan memangkas suku bunga tahun ini.

 

Pada perdagangan Selasa (30/1/2024) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,21% di posisi US$ 2036,11 per troy ons. Harga tersebut adalah yang tertinggi dalam 10 hari perdagangan terakhir. Sedangkan kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 8,50 dollar AS atau 0,43 persen menjadi 2.044,60 dollar AS per troy ons. 

 

Harga emas menguat pada awal perdagangan kemarin. Harga emas berhasil mencapai puncaknya dalam dua minggu seiring fokus pasar beralih ke pertemuan The Fed. Indeks dolar turun 0,18% di level 103,42 pada perdagangan Selasa (30/1/2024). Hal ini membuat emas lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya. Sementara patokan imbal hasil Treasury AS 10 tahun mencapai titik terendah dalam dua minggu di level 4,03% pada perdagangan kemarin.

 

“Faktor utama penggerak harga emas adalah pelemahan dolar Amerika Serikat (AS). Pasar juga antusias dalam mengantisipasi rapat penentuan suku bunga acuan,” kata Daniel Pavilonis, Senior Market Strategist di RJO Futures, seperti diberitakan Bloomberg News.

 

Keputusan kebijakan The Fed akan dirilis pada hari Rabu waktu AS atau Kamis dini hari waktu Indonesia, setelah membuat perubahan dovish pada pertemuan Desember. Pasar secara luas memperkirakan bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada akhir pertemuan dua hari tersebut.

 

Gubernur Jerome Powell dan kolega diperkirakan tetap mempertahankan suku bunga acuan di 5,25-5.5%, Berdasarkan CME FedWatch, peluangnya mencapai 98,4%. Federal Reserve diperkirakan menurunkan suku bunga acuan pada rapat Mei. Bahkan penurunannya bisa langsung 50-75 basis poin Dalam sepekan terakhir, harga emas naik 0,37% secara point-to-point. Namun selama sebulan ke belakang, harga masih turun 1,11%.

 

Data minggu lalu menunjukkan pertumbuhan moderat pada harga-harga minyak AS pada  Desember 2023, menjaga inflasi tahunan di bawah 3% selama tiga bulan berturut-turut dan berpotensi memungkinkan The Fed untuk mulai memangkas suku bunga tahun ini.

 

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!