Dua Faktor Ini Jadi Pemicu Harga Emas Kembali Melejit



Harga emas kembali menguat ditopang oleh permintaan safe-haven yang tinggi saat konflik Timur Tengah kian memanas. Investor juga menantikan kejelasan lebih lanjut mengenai jalur suku bunga Federal Reserve (The Fed) AS di masa depan.

 

Pada penutupan perdagangan kemarin, Kamis (19/01/2024) harga emas ditutup naik 0,85% ke US$ 2.022,67/ons. Kenaikan yang terjadi usai harga jatuh 2 hari beruntun. Selama seminggu terakhir, harga emas masih turun 0,27% secara point-to-point. Dalam sebulan ke belakang, harga berkurang 0,86%.

 

Kebangkitan harga emas disebabkan dua pemicu yaitu gejolak di Timur Tengah masih tinggi dan pernyataan pejabat The Fed Raphael Bostic, Presiden The Fed Atlanta, menyatakan bahwa dirinya terbuka terhadap opsi menurunkan suku bunga acuan lebih cepat jika ada bukti kuat bahwa inflasi turun signifikan.

 

Gejolak geopolitik di Timur Tengah makin meluas setelah Amerika Serikat kembali melakukan serangan kelima terhadap sasaran Houthi di Yaman, bahkan Presiden AS Joe Biden mengakui bahwa pengeboman terhadap kelompok itu belum menghentikan serangan mereka terhadap kapal-kapal di Laut Merah. Pada Kamis (18/1/2024) malam, pesawat-pesawat tempur AS menargetkan rudal anti-kapal yang disiapkan ke Laut Merah.

 

Sementara itu Presiden The Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan bahwa ia terbuka untuk menurunkan suku bunga AS lebih cepat jika ada data-data beberapa bulan mendatang bahwa inflasi turun lebih cepat dari perkiraannya.

 

“Jika kita terus melihat data yang mengarah ke bawah, maka mungkin saja bagi saya untuk merekomendasikan normalisasi kebijakan sebelum kuartal III. Namun perlu bukti untuk meyakinkan itu,” tegas Bostic dalam sebuah acara yang diselenggarakan Atlanta Business Chronicle dilansir dari Bloomberg News.

 

Investor emas sedang menganalisis seberapa besar dampak negatif penundaan penurunan suku bunga terhadap harga, meskipun sejumlah data AS yang gagal dapat membantu harga emas.

 

Pada Kamis malam, Biro Ketenagakerjaan AS melaporkan penurunan klaim awal tunjangan pengangguran sebanyak 16.000 menjadi 187.000 untuk pekan yang berakhir 13 Januari 2024. Klaim pengangguran AS menandai posisi terendah sejak September 2022, meleset jauh dari perkiraan yang proyeksi naik ke 207.000, menurut penghimpun data Trading Economics.

 

Data tersebut semakin mencerminkan data pasar tenaga kerja AS yang masih cukup ketat, melengkapi data yang rilis sebelumnya seperti jumlah pekerjaan yang tercatat kecuali pertanian yang di luar dugaan naik menembus 216.000, ditambah tingkat pengangguran yang rendah di angka 3,7% pada Desember 2023. Klaim pengangguran yang lebih rendah mencerminkan pasar tenaga kerja AS yang masih panas sehingga The Fed bisa menahan suku bunga lebih lama.

 

Di tengah absennya indikator ekonomi terdepan, partisipan pasar diharapkan untuk mengganti fokus ke arah pertemuan kebijakan moneter the Fed yang pertama yang diskedulkan untuk tanggal 31 Januari besok. 


 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!