Tren Naik, Awal Tahun Jadi Titik Cerah bagi Pergerakan Harga Emas



Harga emas dunia mampu menutup 2023 di level US$2.064.34 per ons atau naik 13% selama setahun penuh. Logam mulia itu berpeluang bertahan di harga tinggi dalam waktu yang lama sehingga diharapkan dapat menjadi titik cerah bagi emas untuk melanjutkan tren kenaikan. Harga emas dunia masih akan didorong dari potensi pemangkasan suku bunga bank sentral The Fed akibat perlambatan ekonomi global.

  

Pada perdagangan terakhir tahun lalu Jumat (29/12/2023) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,11% di posisi US$ 2062,59 per troy ons. Sepanjang 2023 harga emas dunia telah meningkat sebesar 13,06% dengan harga berayun antara titik terendah mendekati US$1,800 dan mencapai rekor tertinggi US$2,135.40 per troy ons pada 4 Desember 2023. 

 

Menguatnya harga emas karena menebalnya ekspektasi pemangkasan suku bunga pada Maret semakin menguat setelah data inflasi PCE yang lemah. FedWatch tool dari CME Group menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen trader memperkirakan kemungkinan pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin pada Maret 2024. Goldman Sachs memproyeksikan bank sentral akan melakukan pemotongan pada bulan Maret, disusul oleh dua pemotongan lagi pada paruh pertama tahun 2024, serta dua penurunan suku bunga lagi di tahun depan.

 

Emas juga dapat diuntungkan dari memburuknya kondisi ekonomi global pada tahun mendatang, akibat dampak kebijakan moneter ketat yang dirasakan oleh negara-negara besar. Investor emas mengantisipasi rekor harga tertinggi tahun 2024, ketika fundamental dari perubahan suku bunga AS yang dovish, berlanjutnya risiko geopolitik, dan pembelian emas oleh bank sentral diperkirakan akan mendukung harga emas.

 

Indeks dolar jatuh 2,11% sepanjang tahun 2023 berada ditutup di level 101,33 pada akhir Desember 2023, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun melemah mendekati level terendah sejak bulan Juli dengan mendarat di level 3,86% pada akhir Desember 2023.

 

J.P. Morgan melihat kenaikan harga emas pada pertengahan tahun 2024, dengan target puncak US$2.300 per troy ons dengan dorongan perkiraan penurunan suku bunga. UBS memperkirakan rekor US$2,150 per troy ons pada akhir tahun 2024 jika pemotongan tersebut terjadi.

 

Dewan Emas Dunia dalam proyeksinya pada tahun 2024, memproyeksikan bahwa penurunan sekitar 40 hingga 50 basis poin pada imbal hasil dengan jangka waktu yang lebih lama, setelah penurunan suku bunga sebesar 75-100 basis poin, dapat menghasilkan kenaikan sebesar 4% pada harga emas. Keberlanjutan konflik di Timur Tengah, ketidakpastian akibat pemilu di negara-negara besar, dan pembelian emas oleh bank sentral yang dipimpin oleh China akan meningkatkan daya tarik emas sebagai aset safe haven pada tahun 2024. 

 

Harga emas dunia pekan ini akan dipengaruhi oleh data ekonomi Indeks Pembelian Manajer Manufaktur Jerman (PMI) bulan Desember dan Indeks Pembelian Manajer Manufaktur (PMI) Inggris bulan Desember serta data JOLTS Job Opening AS bulan November dan Laporan Indeks Pembelian Manajer Manufaktur (PMI) Institute of Supply Management (ISM) bulan Desember

 

Akhir pekan ini juga akan keluar Indeks Purchasing Managers’ (PMI) Jasa Eurozone bulan Desember, Indeks Harga Konsumen Jerman (CPI) Jerman bulan Desember, Indeks Harga Konsumen Jerman (CPI) Uni Eropa bulan Desember, S&P Global Services PMI bulan Desember dan Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP bulan Desember serta data Indeks Harga Konsumen (CPI) Uni Eropa bulan Desember dan yang paling ditunggu: Nonfarm Payrolls AS bulan Desember. 

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!