Harga Emas Dunia Jeda Sejenak untuk Terbang Lagi



Harga logam mulia melemah setelah mencapai level tertinggi dalam lebih dari tiga minggu sebelumnya. Kenaikan harga emas jeda sejenak lantaran dipengaruhi kenaikan dolar AS dan imbal hasil treasury yang melemahkan dukungan dari ekspektasi penurunan suku bunga The Fed pada awal tahun depan. Harga emas diproyeksikan akan lebih tinggi dalam 12 bulan ke depan karena inflasi yang lebih rendah di AS yang memaksa The Fed untuk menurunkan suku bunganya

 

Pada perdagangan Kamis (28/12/2023) harga emas di pasar spot ditutup melemah 0,59% di posisi US$ 2064,86 per troy ons. Sementara harga emas berjangka AS turun 0,8% menjadi USD 2.077,2. Sebagai catatan, pada perdagangan Rabu (27/12/2023) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,51% di posisi US$ 2077,16 per troy ons. Harga tersebut menjadi rekor baru dan menumbangkan catatan sebelumnya di harga US$ 2.070,9 pada 1 Desember lalu. Dengan demikian, harga emas sudah mencetak rekor dua kali bulan ini.

 

Indeks dolar naik 0,3% setelah mencapai level terendah dalam lima bulan. Imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun juga naik, turun dari level terendah sejak bulan Juli pada akhir perdagangan Kamis. Klaim pengangguran AS naik minggu lalu, mengindikasikan pasar tenaga kerja terus melemah pada kuartal keempat tahun ini. Investor bertaruh pada peluang 88% dari penurunan suku bunga The Fed pada bulan Maret, menurut alat CME FedWatch. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi opportunity cost untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

 

Presiden Pasar Dunia Everbank Chris Gaffney menilai saat ini tidak banyak volume perdagangan di pasar mana pun sehingga menyebabkan pergerakan yang lebih kecil, terutama ketika pasar mendekati angka besar seperti level tertinggi sepanjang masa. “Alasan harga kembali mendekati level tertinggi dan kembali menguat menjelang akhir tahun adalah karena ekspektasi suku bunga dan melemahnya dolar,” kata Gaffney, melansir Reuters. 

 

Analis UBS, Giovanni Staunovo menjelaskan pelemahan emas hanya sementara karena sang logam mulia masih bisa menguat ke depan. "Kami memperkirakan harga emas akan lebih tinggi dalam 12 bulan ke depan, dengan data ekonomi yang lebih lemah dan inflasi yang lebih rendah di AS akan memaksa The Fed untuk menurunkan suku bunganya," ujar Staunovo.

 

Indeks Harga PCE inti, pengukur inflasi pilihan Federal Reserve, turun ke kenaikan tahunan sebesar 3,2 persen di bulan November. Amerika Serikat telah mengalami ekspansi terbesar dari negara ekonomi besar mana pun, dan pengangguran mendekati level terendah dalam sejarah.

 

Para investor percaya bahwa The Fed telah selesai dengan siklus kenaikan suku bunganya dan akan memangkas suku bunga paling cepat pada bulan Maret tahun depan. Pada hari Kamis, Klaim Pengangguran Awal di Amerika Serikat meningkat menjadi 218.000 untuk pekan yang berakhir pada tanggal 23 Desember, di atas perkiraan pasar sebesar 210.000.

 

Para investor emas emas saat ini akan fokus pada Indeks Manajer Pembelian Chicago untuk bulan Desember, yang akan dirilis pada hari Jumat. Angka ini mungkin tidak akan memicu aksi karena para pedagang memasuki mode liburan menuju tahun 2024.

 

 Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!