Pemilu AS dan Data Tenaga Kerja AS Bakal Bikin Harga Emas Terbang Tinggi



Harga emas dunia semakin melejit seiring melemahnya Dolar Amerika Serikat (AS) menjelang rilis data non-farm payrolls AS. Menurut Dewan Emas Dunia, ketegangan geopolitik di tahun pemilu yang penting bersamaan dengan pembelian bank sentral dapat mendukung emas pada tahun 2024.

 

Harga emas di Apps Treasury hari ini naik 0.26% dengan harga beli emas, Jumat (12/08/2023) Rp1.047.970 per gram (pukul (08:59 WIB). Sedangkan harga emas di pasar spot pada perdagangan Kamis (7/12/2023) ditutup menguat 0,17% di posisi US$ 2.028,34 per troy ons. Pada perdagangan Rabu, harga emas juga menguat 0,27%.

 

Para pelaku pasar mengharapkan tanda-tanda pasar tenaga kerja yang lebih lemah untuk meningkatkan peluang penurunan suku bunga oleh The Federal Reserve (The Fed) pada awal bulan Maret 2024. Pada periode sebelumnya, non-farm payrolls AS meningkat sebesar 150.000 pada bulan Oktober. Jumlah tersebut merupakan penurunan tajam dari perolehan sebesar 297.000 pada bulan September.

 

"Emas yang bergerak tipis-tipis mengindikasikan pelaku pasar menanti rilis data pasar tenaga kerja AS termasuk non-farm payrolls (NFP) malam ini. Data tersebut merupakan salah satu acuan utama bank sentral AS (The Fed) dalam memutuskan suku bunga," kata Monex dalam riset harian, Jumat (8/12/2023).

 

Sebelum rilis tersebut, lanjut Monex, harga emas masih akan mendapat sentimen positif pada perdagangan sesi Asia hari ini. Senada, Presiden pasar dunia di EverBank Chris Gaffney mengatakan investor mengharapkan data tenaga kerja yang lebih lemah untuk meningkatkan peluang penurunan suku bunga oleh The Fed. “Pasar sudah menentukan ekspektasi suku bunga,” kata Gaffney, seraya menambahkan bahwa satu-satunya risiko terhadap harga logam tahun depan adalah jika The Fed harus mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama.

 

Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahun mendekati posisi terendah dalam tiga bulan, sementara dolar AS turun 0,6%, membuat harga emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

 

Pemicu harga emas bakal meroket lebih tinggi lagi karena AS bakal menggelar pemilihan umum. AS memang baru akan menggelar pemilu pada November 2024 tetapi panasnya suhu politik AS menjelang pemilu diperkirakan sudah terasa sejak awal tahun.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!