Harga Emas Merangkak Naik Setelah Data Inflasi AS Dirilis Melambat



Harga emas dunia naik setelah dirilisnya data inflasi AS yang ternyata lebih lemah dari perkiraan sehingga memicu spekulasi bahwa Bank Sentral AS atau Fed mungkin akan selesai berhenti menaikkan suku bunga lagi. Kondisi ini membuat dolar AS dan imbal hasil obligasi AS melemah sehingga membuat harga emas perlahan membaik.

 

Harga emas di Apps Treasury hari ini naik 0,36 persen atau ada kenaikan Rp3.622 (pukul 11:25 WIB) dengan harga beli emas RP1.013.851 per gram. Sedangkan harga emas di pasar spot diperdagakan Selasa (14/11/2023) ditutup melonjak 0,86% di posisi US$ 1.962,67 per troy ons. Kenaikan ini menjadi penguatan dua hari beruntun. Sementara, pada pukul 05.45 WIB Rabu (15/11/2023), harga emas di pasar spot dibuka menguat 0,01% di posisi US$ 1.962,79 per troy ons.

 

Data inflasi AS dilaporkan Departemen Tenaga Kerja AS lewat Costumer Price Index (CPI) periode Oktober tumbuh 3,2% year-on-year (YoY) lebih rendah dari bulan sebelumnya 3,7% YoY, dan forecast di Trading Central 3,3% YoY. Kemudian CPI inti yang tidak memasukkan sektor energi dan makanan dalam perhitungan tumbuh 4% YoY, sesuai dengan forecast Trading Central tetapi lebih rendah dari bulan sebelumnya 4,1% YoY.

 

Ini adalah kali pertama inflasi AS melandai dalam empat bulan terakhir. Secara bulanan, inflasi AS tercatat 0% atau stagnan. Melemahnya inflasi inti maka ada harapan The Fed melunak lebih cepat. Pelaku pasar bahkan sudah memperkirakan The Fed akan mulai memangkas suku bunga pada Mei 2024. 

 

Perangkat CME FedWatch tool menunjukkan kemungkinan 100% bahwa bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada Desember dibandingkan 86% sebelum laporan inflasi. Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan, laporan data inflasi ini memungkinkan bank sentral AS untuk tidak menaikkan suku bunga lagi dan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Mei.

 

Begitu data inflasi AS keluar, indeks dolar langsung juga melemah ke 104,08 pada perdagangan Selasa (14/11/2023), terendah sejak 31 Agustus 2023 atau lebih dari dua bulan. Imbal hasil US Treasury tenor 10 tahun langsung terjun ke 4,45% pada perdagangan Selasa kemarin, terendah sejak 22 September 2023 atau lebih dari sebulan terakhir.

 

Daniel Ghali ahli strategi komoditas TD Securities menyebut data CPI jauh lebih lemah dari perkiraan, akan cukup mendukung logam mulia.” Kami memperkirakan penurunan data yang signifikan selama kuartal keempat, yang akan melemahkan dolar dan mendukung emas. Selama enam bulan ke depan, kami memperkirakan harga emas akan naik menuju US$2.100 per ounce,”  kata Ghali. 

 

Meningkatkan daya tarik emas batangan, indeks dolar turun 1% sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun mencapai level terendah lebih dari satu bulan setelah data tersebut dirilis. Investor juga akan mengawasi data indeks harga produsen AS yang akan dirilis pada hari Rabu atau Kamis waktu Indonesia.

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an  

 

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  

 

Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. 

 

Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

 

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!