Investor Prediksi Data Inflasi AS Rendah, Harga Emas Perlahan Membaik



Harga emas perlahan membaik menjelang rilis data inflasi Amerika Serikat (AS) periode Oktober 2023 yang diprediksi bakal lebih rendah dibandingkan periode bulan sebelumnya. Tekanan terhadap emas menurun juga seiring pelemahan dolar AS serta tidak adanya eskalasi yang signifikan ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

 

Harga emas di Apps Treasury hari ini, Selasa (14/11/2023) naik 0,09% dengan harga beli emas saat ini Rp1.016.563 (pukul 08:01 WIB). Sedangkan harga emas di pasar spot pada pukul 06.00 WIB Selasa (14/11/2023), harga emas di pasar spot dibuka melonjak 0,21% di posisi US$ 1.950,05 per troy ons. Pada perdagangan Senin (13/11/2023) harga emas di pasar spot ditutup menguat 0,47% di posisi US$ 1.945,89 per troy ons.

 

Sebagian besar investor menantikan data inflasi utama AS yang akan dirilis minggu ini yang dapat memberikan petunjuk mengenai sikap suku bunga Federal Reserve. Menguatnya harga emas juga dipicu oleh ketidakpastian mengenai data inflasi dari Consumer Price Index (CPI) AS bulan Oktober yang akan keluar pada hari Selasa waktu AS. 

 

Diperkirakan, Laporan Indeks Harga Konsumen pada bulan Oktober 2023 akan menunjukkan berlanjutnya penurunan inflasi secara keseluruhan, yang sebagian besar disebabkan oleh moderasi harga energi. Inflasi diperkirakan mencapai 3,3% (year on year/yoy) pada Oktober 2023, turun dari 3,7% pada  September 2023. Sementara itu, CPI inti diperkirakan akan tetap pada level bulan September, dengan peningkatan sebesar 4,1% dari tahun lalu. 

 

Fokus pelaku pasar saat ini kepada data indeks harga produsen AS yang dirilis pada  Rabu besok. Jika data menunjukkan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan, harga emas kemungkinan akan turun karena hal itu akan meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga lagi. Sebaliknya, jika data inflasi sesuai perkiraan di 3,3% atau bahkan lebih rendah dari itu, emas akan terdorong naik karena akan mendinginkan sikap hawkish The Fed. Suku bunga yang lebih tinggi mengurangi daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.  

 

Ahli strategi pasar senior di RJO Futures, Bob Haberkorn menyatakan, jika data menunjukkan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan, harga emas kemungkinan akan turun karena hal itu akan meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga lagi. “Tetapi, jika datanya sesuai, harga emas dunia akan diperdagangkan di kisaran USD 1.950,” ujarnya.

 

Pasar memperkirakan kemungkinan sebesar 86% bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunganya tidak berubah pada bulan Desember. Emas batangan turun hampir 3% pada minggu lalu karena permintaan safe haven yang didorong oleh konflik di Timur Tengah mereda, sementara Ketua Fed Jerome Powell memberikan nada hawkish.

 

“Ke depannya, dalam jangka pendek, keinginan investor untuk menambah panjang akan bergantung pada tingkat eskalasi (geopolitik) namun (emas) akan menghadapi hambatan dari kenaikan suku bunga riil AS,” kata Goldman Sachs dalam sebuah catatan. “Secara taktis, kami akan melihat potensi aksi jual emas sebagai peluang pembelian karena kami melihat lingkungan dengan saluran risiko yang tinggi akan mempengaruhi kualitas lindung nilai emas.” 

 

Saatnya Investasi Emas, Mulai dari Rp5.000-an

  

Sobat Treasury, tren naik turunnya harga emas harian tak perlu dikhawatirkan karena secara akumulatif pasti ada tren kenaikan setiap tahunnya, karena idealnya harga emas memang investasi jangka menengah dan jangka panjang. Kini, Sobat bisa membeli emas dengan mudah dan murah, mulai dari Rp5 ribu di  Treasury!

 

Jangan khawatir dengan legalitas dan keamanan Treasury. Treasury, merupakan pedagang emas fisik digital pertama yang berlisensi BAPPEBTI.  Transaksi digital terjamin aman karena telah terdaftar di KOMINFO dan berpartner dengan ICH untuk menjamin keamanan transaksi pengguna. Treasury Merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka. Transaksinya pun aman karena merupakan anggota dari ICDX yang merupakan lembaga kliring serta bursa berjangka yang diawasi oleh BAPPEBTI. 

 

Fitur-fitur lainnya dari Treasury pun nggak kalah menarik. Kamu bisa punya tabungan emas berjangka dengan bunga  s.d 9% p.a di Panen Emas. Atau bisa juga menjual sementara emasmu di Jamimas dengan biaya rendah, pencairan dananya cepat lho! Beli perhiasan dan koin emas Koin Nusantara pun bisa kamu lakukan di sini!

Menarik banget, kan? Yuk investasi emas di Treasury sekarang!